Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Tips Menyusun Itinerary

Abenx Sagara
Abenx Sagara, pada 4 Feb. 2012, 20.53
di Blog

Rencana perjalanan atau disebut juga itinerary merupakan satu hal yang penting dalam traveling. Bayangkan saja jika kamu bepergian tanpa ada rencana yang jelas, bisa-bisa waktu anda terbuang percuma hany untuk ubek-ubek kebingungan memikirkan hendak kemana, dan mau apa. Walaupun terkadang itinerary itu tidak begitu penting bagi para backpacker extrim. Diwajibkan bagi para pemula untuk membuat itinerary-nya sendiri. Informasi tentang daerah tujuan juga dapat diperoleh dari portal-portal wisata yang tersebar luas di seantero penjuru internet, tinggal surfing saja. Berikut ada beberapa tips dalam menyusun itinerary :

1. Pastikan dulu berapa lama kamu akan bepergian. Kapan berangkat dan kapan harus pulang. Dengan kepastian lamanya perjalanan, maka akan memudahkan dalam perencanaan selanjutnya.

2. Apa tujuan kamu dalam melakukan perjalanan tersebut, di tempat tersebut. Tujuan bisa bermacam-macam, seperti hanya berwisata, kunjungan kerja, study tour, mengamati kehidupan masyarakat setempat, menikmati alam, mengamati budaya, dll. Dari tujuan kamu, maka nantinya dapat diprioritaskan objek-objek utama yang akan kamu kunjungi.

3. Pastikan dahulu dimana akan tinggal. Akan tinggal di hostel, tempat teman, atau bahkan menggelandang. Tempat kita tinggal untuk sementara menjadi acuan penting dalam penentuan jam-jam kunjungan anda. Dengan pastinya akomodasi kita, kita dapat menyesuaikan kapan waktu istirahat, ataupun jika mau nggelandang jadi bisa ditentukan dimana-dimana saja kita akan berteduh.

4. Cari tahu segala informasi mengenai tujuan kamu.Yang paling utama adalah informasi mengenai fasilitas publik, transportasi, destinasi, dan akomodasi.

5. Perlu diingat, bahwa ada objek wisata yang hanya bisa dinikmati pada waktu-waktu tertentu, pagi, siang, sore, atau malam. Biasanya masing-masing objek akan memunculkan pesonanya pada waktu-waktu tertentu. Contohnya, sunset, sunrise, tempat nongkrong, jam kerja masyarakat (untuk pengamatak kegiatan masyarakat). Hal ini harus selalu diingat, terutama bagi backpacker dengan tujuan hunting travel photography.. Jadi cek lagi apakah susunannya sudah benar.

6. Usahakan jadwal kunjungan kamu dilakukan secara sambung-menyambung antara satu objek dengan objek lainnya dengan orientasi jarak.

7. terakhir adalah, itinerary yang baik yaitu yang tepat atau pas, dengan sudah memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan terkecil (biasanya kemungkinan buruk) yang siap menghadang ditengah-tengah kunjungan kamu. Jadi siapkanlah Plan B. Karena mungkin saja cuaca tak mendukung, anda kehilangan sesuatu, tertinggal kereta, dll. Dengan adanya Plan B, maka anda masih mempunyai cadangan rencana yang sudah diperkirakan sebelumnya.

Sekarang, buatlah rencana perjalananmu, namun jangan terlalu terpaku kepada rencana perjalanan. Biarkanlah petualanganmu mengalir secara fleksibel. Rencana perjalanan hanya sebagai fokus saja. Selamat mengeksplor! (sumber : http://idiotraveler.blogspot.com/ )


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Abenx Sagara
Abenx Sagara
Abenx Sagara Newbie
pd. 19 Feb. 2012, 3.57

Yahhh... ga harus banget sih ngebuat itin, paling ngga kita ada pandangan lah mau ngapain disono, apalagi backpackernya buat rame2. Kalau sendirian si terserah apa yang kita mau aja. hahaha

Suka 0
Ageng martinu
Ageng martinu
Ageng martinu Sr.
pd. 16 Feb. 2012, 10.47

waaah ternyata buat itin penting ya, tp slama ini kalau saya backpacker sendirian gak pernah buat itin, malez, tp harus tetap ad tujuanny. Tp saya kok malah suka yg seperti itu y, rasanya itu perjalanan lebih terasa nikmat aja... :)

Suka 0
smoke
smoke
smoke Jr.
pd. 14 Feb. 2012, 1.16

nice info gan...

Suka 0

© backpackerindonesia.com