(Day 1) Tuban - Surabaya - Bangkok

DianRuZZ
DianRuZZ, pada 9 Des. 2011, 16.39

Beberapa hari sebelum keberangkatan, kami sempat melakukan briefing di Jazzy untuk memastikan apa saja yang dibawa serta persiapan-persiapannya mulai dari mengeprint peta Rika Inn dan juga budget serta menentukan jam keberangkatan.

Penerbangan dari Juanda ke Bangkok hanya ada satu kali sehari. Berdasarkan keterangan yang tertera di tiket, kami akan terbang pukul 15.25 WIB. Karena itu, kami sepakat untuk berangkat jam 9 pagi dari Tuban dan ketemu langsung di alun-alun.

Berhubung urusan tukar menukar uang rupiah ke dollar belum beres dan mba Endah juga mau mengisi pulsa, akhirnya kami baru berangkat pukul 10.00 WIB dengan bis dari arah Semarang - Surabaya.

Kami sampai di Surabaya pukul 12.30 WIB dan mampir ke Bungurasi sebentar kemudian melanjutkan perjalanan ke bandara dengan bus DAMRI. Sesampai di bandara, kami mencari musholla dan kemudian makan siang di bandara.

Penerbangan Juanda - Swarnabhumi memakan waktu kurang lebih 3 jam dan alhamdulillah penerbangan berjalan lancar tanpa gangguan cuaca.

Kami mendarat di Swarnabhumi pukul 19.25 WIB (tidak ada perbedaan waktu antara WIB dan Bangkok).
Setelah mengurus administrasi dan berfoto2 nista di sepanjang Swarnabhumi, akhirnya kami memutuskan untuk langsung ke Khaosan Road.

Ingin hati sih menggunakan Airport Rail Link City Line yang dilanjut dengan taxi ke Khaosan Road, namun batal. Selain kondisi fisik kami yang sudah terlanjur lelah karena berangkat pagi dari Tuban, juga karena ini pertama kalinya kami menginjakkan kaki ke Kota Bangkok. Agak mikir juga kalo malam2 dengan kondisi lelah, barang bawaan yang beraaatt harus nyasar. Akhirnya kami memutuskan menggunakan taxi meuju ke Khaosan Road dengan membayar 450 baht. *criiiing*

Begitu sampai di Khaosan Road, kami tidak langsung menemukan lokasi penginapan. Bertanya kesana kemari, berjalan kesana kemari sampai memutar ke Rambutti Road, akhirnya dengan bantuan beberapa orang Thailand disana kami bisa menemukan Rika Inn. Khop khun kaa ^_^

Ternyata Rika Inn berada di ujung jalan tempat kami turun tadi. Sampai di Rika Inn pukul 21.30 WIB, langsung membereskan pembayaran serta mengambil kunci kamar. Proses ini berjalan cepat karena kami sudah mem-booking jauh hari dari Indonesia.
Untuk menginap selama 4 malam disana kami membayar 5000 baht (yang ditanggung berdua) dan juga membayar deposit sebanyak 1000 baht yang akan dikembalikan ketika kami check out. *criiing*

Setelah membereskan barang bawaan serta mandi dan dandan *eh?*, kami memutuskan untuk berjalan - jalan di sepanjang Khaosan Road sekalian mencari makan malam. Bingung mau membeli makan malam apa, akhirnya kami memutuskan untuk membeli Pad Thai + telur (yang inshaallah halal).
Pad Thai adalah campuran dari 3 macam mie yang dioseng dengan taoge & orak arik telur. Untuk seprosinya kami membayar 30 baht. *criiiing*

Berhubung penjual Pad Thai tidak menyediakan kursi, akhirnya kami memutuskan untuk makan malam di lobi hotel sekalian online ^_^

Setelah browsing, mengecek timeline, mengecek email, dan chatting, akhirnya saya kembali ke kamar pukul 00.10. Dan disempatkan briefing sebentar dengan mb Endah untuk memutuskan rute esok hari.

Rincian pengeluaran untuk hari pertama:

Bus Tuban - Sby : Rp 15.000,-
Bus Damri - Bandara : Rp 15.000,-
Makan Siang : Rp 40.000,-
Airport Tax : Rp 150.000,-
Taxi Khaosan Road : Baht 225 (450 baht dibagi berdua)