Trending

DianRuZZ
DianRuZZ, pada 9 Des. 2011, 17.07
di Blog

Target utama untuk ke Museum Lilin Madame Tussauds dan wisata kuil sudah terpenuhi, dan di hari ke-4 kami memutuskan untuk menunaikan "ibadah" sebagai wanita, yaitu berbelanjaaaaaa *halah* ...

Semenjak dari Indonesia, kami memang sudah menargetkan hari Sabtu untuk mengunjungi Chatuchak Weekend Market yang memang hanya dibuka hari Sabtu dan Minggu.

Chatuchak weekend market merupakan pasar murah yang ada di Bangkok. Pasar ini sangat luas dan terdiri dari kurang lebih 15.000 kios yang dikelompokkan sesuai dengan produknya, yaitu barang antik, kerajinan, pakaian dan asesoris, dekorasi rumah, buku, makanan minuman, tanaman dan binatang. Untuk lebih memudahkan kita dalam berbelanja, sebaiknya kita ke pusat informasi untuk mengambil peta pasar chatuchak. Ketika berbelanja, jangan khawatir kehabisan baht (asalkan masih menyimpan US$), karena di sekitar pasar Chatuchak ini banyak ditemui money changer.

Untuk mencapai Chatuchak weekend market ini dari Khaosan Road, ada beberapa pilihan moda transportasi :
1. Taxi (sekitar 100 baht)
2. Bus Umum (kami tidak menggunakan bus, namun berdasarkan informasi, kita bisa menggunakan bus No. 4 dengan membayar 17 baht)
3. Tuk-tuk (kita bisa menawar sampai 100 baht)
4. MRT dari Hua Lamphong Station.

Kami (sebenernya sih saya yang lebih ingin) menggunakan MRT. Walaupun menggunakan bus atau bahkan taxi sekalipun kami akan memperoleh harga yang lebih murah, tetapi karena ingin (membeli pengalaman) mencoba MRT di Bangkok akhirnya kami memutuskan untuk naik MRT saja menuju ke Weekend Market Chatuchak.

Dari Khaoasan Road kami naik tuk-tuk ke Hua Lamphong station dengan membayar 100 baht (dibagi berdua). Sampai di Hua Lamphong kami langsung menuju ke stasiun bawah tanahnya (catatan: dsini ada dua stasiun). Kami membeli tiket MRT dengan biaya sebesar 40 baht. Tiket MRT ini berupa koin logam hitam.
Dasar anak dari desa, saya kesenengan bisa naik MRT ^_^

Setelah beberapa menit perjalanan, kami turun di Kamphaeng Phet Station yang berada tepat disamping weekend market chatuchak. Pintu keluar Kamphaeng Phet station ini jadi satu dengan mall sehingga sebelum berpanas-panas di chatuchak kita bisa ngadem dulu di mall ini *kurang kerjaan, hehhee*

Berada di stasiun ini kita tidak akan bingung, karena stasiun ini memiliki petunjuk arah yang jelas (walaupun saya juga sempat bertanya kepada satpam yang sedang bertugas)

Begitu sampai di Chatuchak, pasar sudah mulai ramai.
Dari informasi yang kami dapat, sebaiknya berhati-hati dengan dompet dan uang yang ada di tas karena disini pun banyak pencopet. Jadi agar lebih tenang dalam berbelanja, dokumen2 penting dan beberapa CC serta KTP saya masukkan kedalam kantong kaos.

Agar tidak khilaf (hihihihi) dari hotel saya sudah mempersiapkan catatan apa saja yang akan dibeli berikut jumlahnya serta dana maksimal yang harus dikeluarkan.

Seperti di pasar-pasar di Indonesia, di Chatuchak pun kita boleh menawar sampai harga terendah. Saya yang tidak pandai menawar ini sudah mempersiapkan diri dengan browsing-browsing rentang harga tawar agak tidak terlalu tinggi memberikan harga tawar. Namun ada beberapa kios yang memberikan harga pas untuk barang yang dijualnya dengan catatan kita membeli lebih dari 1 item.

Berbelanja disini berasa seperti berbelanja di Indonesia. Kenapa? karena sambil berbelanja, kami mendengar lagunya Joshua - diobok2, hihihihihiiii.

Berdasarkan pengalaman kemarin, harga barang di Chatuchak weekend market lebih murah daripada di MBK. Jadi sebisa mungkin, jangan melewatkan pengalaman berbelanja di Chatuchak.

Untuk info rentang harga barang (pengalaman menawar kami) :
1. Kaos
Untuk kaos, kita bisa memilih produk kaos dari rentang harga 50 baht sampai 250 baht, tergantung bahan & desain serta distro yang menjual. Untuk kaos bertuliskan "I Lova Thailand" kami berhasil mendapat harga 90 baht/item.
Untuk kaos anak-anak, kami mendapat harga 70 baht/item dengan bahan kaos yang adem & desain lucu.
2. Tas
Tas yang dijual disini juga beragam. Karena kami dari Indonesia, maka kami mencari tas yang khas Thailand dari kain kanvas. Untuk tas yang kecil kami berhasil mendapatkan harga 50 baht, dan untuk yang ukuran sedang kami berhasil menawar hingga harga 80 baht/tas. Sedangkan untuk yang semi resmi, saya berhasil mendapat harga 150 baht.
3. Dompet
Dompet lucu yang berhiaskan gambar gajah juga bisa kita dapatkan disini. Desain dan ukurannya juga beragam. Standar harga yang ditawarkan yaitu 100 baht untuk 4 dompet lucu (1 set). Dan belakangan sebelum pulang ke Khaosan, saya menemukan toko yang menjual dompet ini secara eceran hanya 10 baht/item *nangiiiiisssss* ...
Jadi menurut perhitungan saya, kita masih bisa menawar dompet2 tersebut sampai 50 baht/set.
4. Gelang
Bagi pecinta aksesoris gelang, cincin, dan kalung, pasti akan senang disini karena banyak kios yang menyediakan berbagai jenis aksesoris dengan harga terjangkau dan bisa ditawar pula ^_^ Rentang harga tergantung bahan dan desain, Sisini kita bisa memperoleh gelang lucu hanya dengan 100 baht/ 3 item.
5. Gantungan Kunci
Sepertinya gantungan kunci tidak boleh terlewatkan oleh kita, minimal bisa dipakai untuk buah tangan. Rentang harga tawar masing-masing kios bervariasi tetapi kita bisa menawar sampai 100 baht / set (1 set = 6 gantungan kunci)
6. Makanan
Kami agak kesulitan mencari makanan ringan ataupun manisan untuk dijadikan buah tangan. Tetapi kami menjumpai beberapa kios yang menjual manisan asam seharga 150 baht/bungkus. Namun karena cukup berat, takut tidak dapat jatah di bagasi, akhirnya kami mengurungkan niat membeli manisan ini.

Setelah lelah berbelanja, kami istirahat sebentar sambil menikmati es krim kelapa ini

Hanya dengan 30 baht kita bisa menikmati es krim kelapa muda yang disajikan dengan wadah batok kelapa plus serutan kelapa muda & mutiara merah.

Disini saya berhasil menahan diri untuk tidak khilaf, dan pulang dengan masih menyimpan 700 baht *yaayyyy*

Karena masih ada beberapa item yang tidak berhasil kami temukan di Chatuchak, akhirnya kami memutuskan pulang lebih awal karena akan melanjutkan perjalanan kembali ke MBK.

Dengan belanjaan yang 1 tas penuh, akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke Khaosan naik tuk-tuk saja dengan membayar 100 baht.

Setelah beristirahat di hotel, kami langsung menuju MBK tentunya dengan menggunakan bus. Sesampai di MBK, kami langsung mencari food court di lantai 6 karena sepanjang siang belum makan, hix ...
Selesai makan, kami berkeliling MBK dan menuju ke lantai dasar untuk berbelanja manisan & makanan untuk buah tangan.

Disinilah tragedi paspor terjadi!!

Saat tengah berbelanja makanan dan hendak membayar, saya baru sadar kalau sepaket dokumen (paspor, CC, ATM, KTP,bukti deposit hotel) tertinggal di kamar hotel! Tentu saja saya sangat panik karena hotel pun tidak menjamin jika ada barang penting yang hilang didalam kamar hotel.

Tidak sabar menunggu bus, demi alasan keselamatan dokumen penting tadi, akhirnya kami memutuskan pulang naik tuk-tuk dengan membayar 150 baht. Sangking paniknya saya sampai lupa menawar harga ...

Sampai di hotel, saya menemukan sepaket dokumen tersebut tergeletak begitu saja diatas kasur. Alhamdulillaaaaahh ...

Untuk rincian pengeluaran selama hari ke-4 sebagai berikut:
Sarapan : 39 baht (ketahuan menu sarapan saya selalu sama setiap harinya, hihihihiii)
Tuk-tuk menuju ke Hua Lamphong : 50 baht

Tips untuk berbelanja di Chatuchak Weekend Market :
1. Datanglah lebih pagi agar tidak terlalu berdesakan
2. Menggunakan busana yang nyaman (menyerap keringat) karena disana cukup panas
3. Sebisa mungkin gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan memutari Chatuchak yang sangat luas itu
4. Jangan lupa mengambil peta di bagian informasi untuk mempermudah belanja kita
5. Bawalah tas kosong agar mudah membawa semua belanjaan kita
6. Membawa uang tunai (ya iyaa lah)
7. Mengamankan dokumen (kalau saya, menaruh dokumen di kaus yang berkantung)
8. Menawar dengan senyum, dan menawar harganya jangan terlalu sadis ^_^

Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar