Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Yuk, Berwisata ke Komplek Percandian Muaro Jambi!

Lya
Lya, pada 29 Okt. 2011, 7.29
di Blog

Tak hanya jalur darat yang dapat ditempuh untuk mencapai komplek percandian Muaro Jambi. Tapi juga bisa melalui jalur sungai dengan menyewa ketek atau speed boat.
Melalui jalur sungai, pengunjung dapat mengitari sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatra. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat kegiatan sehari-hari penduduk Jambi yang tinggal di sepanjang pinggiran sungai Batanghari.
Komplek percandian Muaro Jambi ini merupakan obyek wisata favorit masyarakat Jambi. Tapi tidak masyarakat Jambi saja yang banyak berkunjung ke sini. Ada juga pengunjung yang datang dari luar daerah Jambi bahkan ada yang dari luar negeri.
Komplek percandian ini mempunyai luas 12 km persegi, panjang lebih dari 7 kilometer serta luas sebesar 260 hektar yang membentang searah dengan jalur sungai. Oleh sebab itu, komplek percandian Muaro Jambi merupakan komplek percandian terluas di Indonesia.
Di komplek percandian ini berisi lebih dari 80 candi yang sebagian besar masih berupa gundukan tanah atau menapo yang belum dipugar. Baru dua belas candi yang telah dan sedang dipugar diantaranya Candi Kotomahligai, Kedaton, Gedong Satu, Gedong Dua, Gumpung, Tinggi, Kembar Batu, dan Candi Astano. Selain itu juga terdapat gedung koleksi benda kepurbakalaan yang tersimpan dengan baik.
Karena luasnya areal komplek percandian Muaro Jambi ini pengunjung bisa menyewa sepeda untuk mengelilinginya. Tarifnya cukup terjangkau, hanya Rp.5000 per jam pengunjung sudah bisa berkeliling komplek percandian. Tapi kalo tidak mau merogoh kocek, pengunjung bisa berjalan kaki untuk mengelilinginya.
Selain belajar tentang sejarah peninggalan dari abad ke 9-12 M pengunjung juga bisa berpiknik. Karena areal komplek percandian ini menawarkan suasana yang asri dan teduh. Terhampar luasnya rumput dan banyaknya pepohonan yang tumbuh memanjakan mata para pengunjung. Pemerintah telah mencanangkan komplek percandian Muaro Jambi sebagai warisan dunia. Mari kita turut menjaga serta memperkenalkannya pada dunia.

Penulis : Auliyawati
Photo : Rosa Andriani
Sumber : www.tourismjambi.com, http://id.wikipedia.org/wiki/Kompleks_Candi_Muaro_Jambi


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com