BACKPACKING KE BALIKPAPAN

riqiecumi
riqiecumi, pada 21 Nov. 2011, 1.53

Hay teman-teman Backpacker Indonesia... salam backpacker!! (pembukaan).
aku mau sedikit berbagi cerita tentang perjalanan ku kemarin ke salah satu kota indah di Kalimantan timur, Balikpapan. sebenarnya ini bukan pengalaman backpacking ku yang pertama, sebelumnya aku juga sudah pernah backpacking ke beberapa tempat di daerahku kalimantan selatan. tapi karena ini pengalaman yang baru baru saja kujalani(masih anget... hheee) jadi ini saja yang kutulis.
Awal perjalanku kumulai dari kota dimana aku bekerja sekarang, Tanjung. sebuah kota di kalimantan selatan. aku berencana ke balikpapan selama 2 hari melalui jalan darat, menuju balikpapan aku menggunakan jasa travel dgn mobil Inova. biaya nya Rp.125.000,- perorang. aku berangkat malam hari karena aku dapat saran dari temanku agar berangkat malam hari agar aku lebih tenang di jalan (awal nya aku tidak paham apa maksud nya..tapi nanti teman teman jg akan paham kok). perjalanan darat dari Tanjung ke Panajam selama 6 jam,dan di Panajam kita harus naik kapal ferry lagi untuk menyebrang ke Balikpapan,tp tidak usah khawatir karena itu adalah urusan sopir travel. kita tinggal duduk manis dalam mobil.
di dalam kapal ferry kita bisa menikmati pemandangan laut dan pelabuhan yang sangat indah. sekitar 20 menit kita akan sampai di pelabuhan Kariangau Balikpapan,disana aku di antarkan sopir travel itu ke hotel yang murah(biar hemaaat...) seharga 140 permalam. setelah sampai di hotel pukul 9 pagi aku istirahat dan tidur. siang hari nya aku jalan-jalan ke Plaza terbesar di Balikpapan (kelihatan nya plaza nya masih baru.. karena ada bagian yang masih di sempurnakan). setelah puas berkeliling Plaza/mall. sorenya aku langsung menuju tempat tukuan utamaku, Pantai KEmala (kata orang balikpapan menyebutnya Balinya balikpapan). dan ternyata benar.. tiba disana, seperti berada di Bali dalam skala kecil. Pantai nya indah dan jernih, banyak pohon kelapa, ada resto dipinggir pantai, dan hiasan-hiasan khas bali. disana juga ada Banana boat dan Jet sky yang bisa disewa dan dimainkan. aku disana bermain air dan berenang sambil menunggu sunset, karena sunset dsana sangat indah (kata temanku). dan benar saja, senja datang dan aku bisa melihat sunset indah dsana (apalagi jika ditemani kekasih... wahhh.ajiib. sayang aku sendirian).
puas berada di pantai kemala, aku pulang ke hotel untuk mandi dan ganti baju (hotel ku dekat dengan pantai... soalnya rata-rata banyak hotel di balikpapan dekat dengan pantai), Malam hari nya pukul 9 mlm.. aku kembali menuju salah satu tempat asik d balikpapan.. Pantai melawai. disana kita bisa minum minuman hangat sambil duduk di tepi laut. menikmati angin laut dimalam hari sambil memandang lampu lampu dari kapal nelayan di kejauhan, banyak sekali anak muda balikpapan disan pda malam hari. ada yang pacaran,ada yang nongkrong dengan genk nya,berkomunitas,dll. di Pantai melawai ini banyak sekali pedagang kaki lima yang menawarkan makanan dan minuman,jadi jangan khawatir tentang kuliner malam hari.
sampai tengah malam aku pulang ke hotel dengan angkot (di balikpapan banyak sekali angkot sampai tengah malam... cuma 3 ribu rupiah).info yg kutanya saei pedagang disana, kota balikpapan baru akan sepi pada jam 3 pagi. wah wah wah....
aku putuskan istirahat. dan besok pagi nya aku pun harus pulang ke Tanjung lagi. saat pulang itulah aku memilih cara perjalanan yang sedikit berbeda, aku naik ojek dari hotel ke pelabuhan speedboat. disana aku naik speedboat dgn biaya Rp.15ribu saja. sungguh pengalaman menantang naik speedboat dengan kecepatan tinggi membelah laut. sekitar 8 menitan aku sudah sampai lagi di Panajam.
di Panajam aku naik taksi antar daerah (orang orang menyebutnya Mobil Col)... dgn biaya Rp.80.000,-. disana aku paham kenapa temanku memberi ku saran agar ke balikpapan pada malam dari. karena jalan darat dari atau menuju balikapapan sangat menakutkan, kiri kanan kita hanya asa jurang dan tebing. belum lagi tanjakan dan turunan yang sangat curam.. aku pun hanya bisa berpasrah diri pada Tuhan. hahaaa. (kalau sopir nya ridak berpengalamn... mending gak usah deh. ngantar nyawa!!).
tapi tentu saja ada alternatif lain buat teman-teman yang mau ke balikpapan, yaitu naik pesawat. karena di Balikpapan ada bandara besar yaitu Sepinggan airport yang berada di kota. kotq Balikpapan itu unik, semua wisata nya ada di sekitaran kota saja.. apalagi kota nya bersih dan indah. padahal si kota Balikpapan masih banyak lagi wisata lainya, seperti Penangkaran buaya, kuliner kepiting kenari, pantai manggar, dll. tapi karena waktu ku kemaein terbatas.. gak semua bisa kudatangi. okeee... itu saja laporan ku dari Kota minyak Balikpapan. Thankz....

cacing
cacing Newbie
pd. 14 Feb. 2012, 14.06

mau tanya penginapan dekat pantai disana yg murah apa ya? tx infonya