Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Trip to thailand (jalur darat via singapore dan malaysia) 13-20 Maret 2012

ticha_choey
ticha_choey, pada 2 April 2013, 14.57
di Blog

Perjalanan ke Bangkok 13 Maret 2012 – 20 maret 2012
Keluar negri kali ini Serasa gimana gitu, karna ini merupakan pengalaman pertama kali saya sebagai backpacker ke luar negri. saya bersama 1 teman saya ibu marsina merencanakan perjalan ini hanya dalam waktu 2 minggu, mulai dari itenary dll…

BATAM - SINGAPORE
13 Maret 2012
Persiapan dan segala sesuatunya sudah beres, termasuk persiapan mental…
Perjalanan kami di mulai dari batam secara kami tinggal di batam heheh,,,
Ferry Penguin Pukul 07.20 PM dan sampai Singapore Pukul. 09.25 (1 jam perjalanan, waktu di Singapore lebih cepat 1 jam) .

Sesampai di harbour front (ferry terminal Singapore) kami langsung menuju kearah pintu keluar, di sebelah kiri ada jalan untuk menuju ke MRT naik MRT Arah punggol (PURPLE LINE) stop outram park, turun dan change Green Line, selanjutnya naik MRT arah Pasir Ris stop Tanah merah Change to Changi airport.
Perjalanan dari HF ke airport kurang lebih 30 menit, sesampai di airport kami langsung menuju budget terminal. alasan kami berangkat malam ke Singapore karena kami mengambil flight dengan menggunakan maskapai Tiger Air dengan schedule Singapore – KL Pukul 10.10 Pagi. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan kami memutuskan untuk bermalam di Singapore…. Tepatnya di Singapore changi airport tanpa budget tentunya :D

Karna ini adalah pengalaman pertama kalinya kami menjadi backpacker, awalnya kami merasa risih karena tidak tau harus tidur di mana, padahal mata sudah tinggal 5 watt namun sebisa mungkin kami menahan mata agar tidak tertutup.. hehhe….

Malampun semakin larut, dan mata kami sudah tidak bisa kompromi sama sekali, akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke bagian samping terminal dan mencoba tidur memanjangkan kaki di kursi2 yang kosong. selain kami ada beberapa perempuan juga yang tidur di sana, sepertinya mereka orang Vietnam…
saking tidak terbiasanya dengan kondisi tidur seperti itu, hasilnya adalah gelisah gerak sana, gerak sini… karna posisi kursi yang kurang seimbang. Akhirnya kami memutuskan untuk mencoba tidur di lantai :D (ini karena kami melihat ada juga bule yang tidur… makanya ikut2an *lagi* hehehhe). Semua rasa sudah bercampur, antara Malu (pengalaman pertama), nangis (ngebyangin kasur di kamar), cuek, lucu (sambil ketawa cengingisan, ngak nyangka!)
Awalnya tidur di lantai cukup nyaman… daripada harus tidur di kursi yang bikin body sakit… Namun lama kelamaan rasa dingin mulai menyerang… karena kami tidak di lengkapi perlengkapan yang memadai. Akhirnya kami merasa kurang cocok juga tidur di lantai tersebut, kami memutuskan untuk keliling dan mencari tempat yang kira2 bisa di jadikan peristirahatan sementara kami.
setelah beberapa saat keliling dan memantau situasi di dalam terminal, mata kami tertuju pada 1 pemandangan di bagian sudut dekat pintu masuk terminal, yaitu playgroud :D… ada bapak – bapak yang tidur di sana dan kelihatan nyaman sekali, berbekal harapan untuk bisa tidur enak melewati malam sebelum ke KL kami memutuskan untuk pindah ke tempat tersebut...
Ternyata di tempat tersebut di tuliskan larangan untuk tidak di tiduri.. jadi kami tidak berani masuk, sekalipun bapak itu sudah di dalam...hufttt,,, padahal tempat tersebut kelihatan cukup empuk (walalupun sebenarnya tidak) untuk mata yang mengantuk, Jadi akhirnya kami memutuskan untuk tidur di samping tempat tersebut, sempat ada perasaan takut nantinya di tegur petugas karna tidak boleh tidur dan ada sedikit rasa malu diliatin orang2 yang lewat, tapi dalam pikiranku..ah bodoh ahh.. toh bukan hanya saya yang tidur di lantai…ada banyak orang kok!!

malam semakin larut dan saya tidak bisa tidur nyenyak sesaatpun… saat saya bangun, saya melihat ada orang lain juga yang sudah melewati batas antara lantai dan playground dan tidak ada siapapun yang melarangnya dari petugas airport sekalipun, wah,,, saya pikiri ini adalah kesempatan saya untuk masuk… dan sayapun memberanikan diri masuk ke dalam area playground tersebut… wahhh enaknya… berbekalkan kertas peta sebagai seprei hehhee dan Akhirnya walalupun sedikit saya bisa tertidur nyenyak… dan pada saat saya bangun pagi ternyata manusia yang masuk kedalam playground tersebut semakin bertambah hahha… dan yang lebih menggelikan ternyata ada seorang bapak yang tidur di atas dalam rumah playground tersebut.

SINGAPORE - KUALA LUMPUR
14 Maret 2012
pagi pun tlah tiba , kami mempersiapkan segala sesuatunya… cuci muka, sikat gigi dll.. setelah itu kami check in.. dan tinggal menunggu panggilan naik ke pesawat… hummm akhirnyaaa……
pada saat kami mendengar panggilan, kami langsung bergegas naik ke dalam pesawat tiger air dan mencari seat kami… di dalam pesawat kami foto2 kayak orang baru pertama kali naik pesawat dan hasilnya kami di marahin oleh pramugara yang rada2 bencong wkwkwk…

pesawat dengan tiger air dari changi Singapore pukul 10.10 pagi dan tiba di Kuala Lumpur sekitar pukul 11.25.
sesampai di airport kami langsung menuju immigrasi… selanjutnya setelah selesai segala urusan imigrasi kami mencari bus untuk ke KL, kami berjalan ke arah sebelah kiri paling ujung, di sana ada bus2 untuk tujuan ke KL, perjalanan ke KL kurang lebih memakan waktu 30 menit lamanya, bus akhirnya berhenti di bukit bintang tempat tujuan terakhir.

Sesampai di kuala lumpur kami langsung menuju ke Twin tower untuk foto2… dan selanjutnya melanjutkan perjalan ke daerah lain seperti bukit bintang china town dengan menggunakan MYRapit transit, dengan modal MYR 9, kami mendapatkan koin berwarna hijau sebagai syarat masuk dan keluar terminal :D… kalo menurut saya sih kelihatan lucu karena sudah terbiasa dengan Singapore yang memakai card, dan kondisi monorail yang menakutkan kecilnya,, seperti hendak terbalik hehhe…

MALAYSIA - HADYAI - PHUKET
14 & 15 Maret 2013
Setelah puas2 berjalan akhirnya sorenya kami ke terminal PUDURAYA terminal di mana akses kami untuk memasuki wilayah Thailand. Setelah melihat – lihat sekitar loket akhirnya kamu memutuskan menggunakan BUS Express kesatuan untuk menuju Hadyai schedule keberangkatan bus adalah pukul 09.05 malam, karena ini akan jadi perjalanan jauh, jadi kami lebih memilih jadwal malam agar bisa tidur skaligus menghemat biaya menginap :D.

sambil menunggu kami nongkrong di sekitar puduraya berbelanja dan memantau kondisi di sana yang begitu semrawut, tidak bedanya dengan Indonesia.
Jam keberangkatan bus sudah tiba dan kami bergegas menuju ke lantai bawah bus, kami memilih tempat duduk tepat di belakang supir, dan yang benar saja… kira2 hanya lewat beberapa menit bus berjalan, saya sudah ketiduran dan kembali terbagun saat kami mampir di sebuah tempat perhentian untuk CMK.. dan sebagainya… kami di sana break sekitar 15 menit sebelum melanjutkan perjalanan kami kembali menuju hadyai.

Pada pukul 5 pagi saya terbagun dengan melihat pemandangan yang di penuhi dengan kelapa sawit… tepat pukul 5.45 semua penumpang turun untuk Cap keluar Imigrasi Malaysia, setelah itu kami naik ke bus lagi, dan selang perjalanan 3 menit bus kembali berhenti dan ternyata untuk Cap masuk ke Thailand… yeayy… dengan senangnya kami langsung ke bagian depan dan mengabadikan gambar welcome to Thailand. Setelah beberapa menit menunggu akhirnya proses imigrasi selesai, kami melanjutnya perjalanan ke terminal yang di tuju, berbekal info dari supir, mengenai di mana terminal untuk ke phuket,, kami di turunkan di depan lorong jalan selanjutnya kami jalan ke dalam terminal untuk ke menuju phuket… perjalanan dari Puduraya ke hadyai kira2 memakan waktu sekitar 7 jam .

Saat memasuki terminal begitu banyak calo yang menghampiri kami, tetapi kami abaikan dengan berkata “NO” saja :D.. setelah melihat – lihat schedule akhirnya kami mengambil schedule pukul 08.00 AM. Lama perjalanan adalah kurang lebih sekitar 7 jam juga dari hadyai menuju phuket, dengan bus berfasilitas standart… hikzz…. Beda banget dengan bus dari KL padahal dengan harga yang sama.

Sepanjang perjalanan saya tidak mau tidur karena ingin menikmati pemandangan dari kota –kota ataupun desa yang akan saya lewati, karena itulah tujuan saya memakai jalur darat :D.
dalam perjalanan kami mampir di tempat bernama phan nga, hanya beberapa menit bus langsung melanjutkan perjalanan ke phuket… akhirnya.. kami tiba di phuket pada pukul 03.00PM.

Kesan pertama melihat phuket adalah kabel aliran listriknya yang menurut saya semrawut di bagian luar dan serammmmm…..
Oh ya di dalam perjalanan bus menuju phuket kami mendapat teman baru (namanya lupa) perempuan dia juga tujuan ke phuket kerja di sebuah resort di phuket, kami menanyakan beberapa hal kepadanya, dan dia selalu menjawab dengan senang hati, akhirnya karna tujuan kami sama pe Phatong beach… jadi ikut dia aja deh… dari terminal kami berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai di sebuah bundaran tempat bus phatong mangkal, bus di sana cukup unik karena terbuka, perjalanan dari kota kathu ke phatong beach sekitar 10 – 15 menit… yeahh… dan kamipun sampai di phatong beach…!!! enaknya berada di dekat pantai!!! Karena belum booking hotel sama sekali akhirnya kami mencari2 kesana kemari…. Di setiap gang pasti ada penginapan ataupun backpacker hostel… sangat mudah … akhirnya kami menemukan hotel SEA BEACH IIN kami booking hotel untuk 2 malam sebesar 800bth atau sebesar 252.000 / per orang. setelah checkin dan meletakkan barang – barang di dalam kamar, kamipun langsung melancong sekitar phatong Makan di sebuah mall (lupa namanya ) makan chicken curry… omaigadd enaknyaaa…… setelah itu kami berjalan – jalan membeli pakaian dengan tradisi tawar menawar terntunya.
Setelah puas berbelanja kami mencari – cari travel ke KOh Phi – Phi, karena tujuan kami memang kesana.. akhirnya kami menemukan travel yang bisa membawa kami ke koh phi2, kamipun ahirnya memutuskan untuk mengambil paket tour tersebut dengan harga 800 bth sekitar 252.000 sudah termasuk makan siang, snorkeling dll...nama tournya PHUKET ANGEL TOUR 2, kamipun memberikan nama hotel dan nomor kamar agak bisa di jemput besok paginya pukul 07.20 sesuai dengan shedule….

PHUKET – KOH PHI PHI
16 mar 2013
Akhirnya datang juga hari ini, the real holidayyy…… walaupun masih agak ngantuk karna kecapean namun kami semangat, bergegas mandi dan kedepan sambil menunggu di jemput, sebelum itu kami pergi mencari sarapan dan bertemu dengan bule2 mabuk dan memberikan kentang goreng hahhaha…
tidak mau ketinggalan kamipun kepantau yang tepat berada di sebrang jalan sambil foto2 dikit…
Dengan risau kami menunggu bus yang kami pikir tidak akan datang, akhirnya bus tersebut datang juga, kami langsung naik dan menuju ke pelabuhan SEA ANGEL PIER, dan ternyata kami bertemu dengan 2 orang Indonesia. Sebelum naik ke kapal kami di berikan stempel berwarna hijau yang artinya kami tidak masuk dalam paket ke james bond island . Perjalanan ke koh phi2 memakan waktu kurang lebih 1.30 menit. Setelah menikmati semuanya, kami kembali ke hotel tepat pukul 4 sore. Tidak mau menyia2 kan waktu, kami mengambil kesempatan ini untuk jalan2 keliling phatong di malam hari,,, di sekitar jalan tersebut terdapat banyak sekali hiburan, pub dll… dan tidak ketinggalan juga kami melewati bangla road, katanya sih belum ke phatong kalo belum ke bangla heheh…
Setelah puas berrjalan dan berbelanja aksesories, kamipun balik ke hotel dengan berjalan kaki, karena ternyata Cuma muter2 di situ.. hehhehe… mengingat masih ada besok,,,,, Pattaya….

17 Maret 2012
Saatnya kami check out dari hotel, kami check out sekitar pukul 12.00 selanjutnya dengan rencana kepattaya… yihaaa…. Kami menuju phuket town dengan menggunakan akomodasi umum… dan setelah sampai di terminal bus phuket, ternyata Bus untuk ke pattaya adanya pada pukul 6 sore … akhirnya dengan bekal nenteng barang banyak kami kembali ke pusat kota untuk melihat2 pernak pernik sambil menghabiskan waktu daripada bengong di terminal sampai jam 6 hehe…
Tepat pukul 06.00 sore bus berangkat kami duduk di lantai atas bus dengan nyaman dan selimut yang harum, harga tiket bus sebesar BATH 848 Rp. 268.
Pukul. 12.45 kami mampir di perhentian untuk makan(makannya gratis tapi menu bubur) di sana juga menjual berbagai aksesories dan makanan untuk oleh2.
Dan pagi pun tidak kami sampai di Pattaya sekitar pukul 08.00, lumayan perjalanan kali ini sangat nyenyak.. karena busnya memang yahud…. Perjalanannya sendiri memakan waktu sekitar 14 jam.. woww

PATTAYA
18 Maret 2013
Sesampai di terminal kami bingung harus pergi kemana dan naik apa, karena perjalanan kami kali ini memang GAMBLING hanya berbekal baca2 internet… hehehe….setelah bertanya akhirnya kami diberi tahu untuk ke daerah pattaya beach harus naik bus mini…. Dan kamipun akhirnya mendapatkan bus arah tujuan kesana dengan biaya BATH 40 atau sekitar Rp. 12.600 (hum agak mahal juga), sesampainya di pattaya beach ternyata tempatnya masih sepi belum ada yang buka karena kami sampai di sana 8.30, kamipun keliling kesana kemari masuk dari gang ke gang untuk mencari tempat penginapan, dan akhirnya kami mendapatkan sebuah hotel tepat di depan pantai …
Setelah check in dari hotel kami membereskan segala sesuatunya dan lets go….
Kami langsung berjalan kesana kemari sambil mencari2 tahu apa aja yang ada di sana.. dari pantai kami berjalan ke kiri trus menerus dan menemukan tulisan pattaya tepat di pelabuhan penyebrangan. Di pelabuhan tersebut merupakan akses ke KOh Larn, sebuah pulau dengan beberapa pantai yang indah….. setelah review brosur, kamipun memutuskan kesana, kami kesana dengan menggunakan kapal kayu… huhhh agak2 serem gitu sih.
Sesampai di sana kami mampir untuk makan karena sudah lapar, dan lagi – lagi saya memesan chicken curry ( abis enak sihhh…). Selesai makan kami melanjutkan perjalanan ke pantai dengan menggunakan jasa ojek…. Di sana ada beberapa pantai yang indah… dan pulang dengan menggunakan bus. Setelah agak sorean dan puas kamipun balik ke pattaya…..
Sesampai di pattaya kami berjalan2 di sekitar sana dan dunia gemerlap malam sudah mulai kelihatan di PATTAYA WALKING STREET, discotique sudah mulai di buka dan lampu, TV lcd jalanpun sudah mulai menyala. Setelah puas jalan2 kesana kemari dan mencicipi makanan ringan yang di jual di tepi jalan, Kami balik ke hotel untuk beristirahat dan selanjutnya besok akan ke Bangkok.

Pattaya - BANGKOK - SINGAPORE
19-20 Maret 2012
Pagi tlah tiba dan kamipun menyiapkan diri untuk berangkat ke Bangkok… check out dari hotel sekitar pukul 08.00 dan mencari taxi untuk ke Pattaya bus terminal. Sesampai di sana kami melihat schedule dan kamipun memilih berangkat menuju terminal EKAMAI, karena di sana ada beberapa pilihan terminal, berangkat pukul 9.40. kami duduk sambil menunggu keberangkatan bus, tetapi sebelum itu kami mencoba makanan mie instant tom yam heheh….

Perjalanan dari patayya menuju Bangkok kurang lebih 1 jam..
Sesampai kami di Bangkok terminal bus ekamai, kami berhenti sejenak.. nge BLANK lagi hahha…. Dengan niat dan modal nekat kamu memutuskan untuk berjalan sekitar sana, dan yang benar saja kami menemukan excalator menuju ke MRT,,kami naik MRT sampai ke MBK dan jalan2 di sana terlebih dahulu setelah itu dari MBK kami naik taxi ke khaosand road, sesampai di sana kami berkeliling mencari tempat penginapan kesana kemari, akhirnya kami menemukan penginapan di rambuttri road, sebrang khao sand road… LAMPU HOUSE…
Dan mulailah perjalanan kami menyusuri Bangkok, grand palace, wat pho dan beberapa kuil (lupa namanya), jalan – jalan menggunakan Tuk – Tuk… kami sempat di bawa ke tempat perhiasan,,,, hal ini sudah kami antisipasi terlebih dahulu, karena kami sudah membaca kalau di Bangkok banyak scammer yang menggunakan jasa tuk tuk…..
Hari pertama dan kedua kami puaskan untuk jalan – jalan dan shopping kesana kemari… hikzz kecapean…. Sampai ngak sempat tulis nama- nama tempat yang kami tuju, paling yang diingat Cuma yang besar2 aja… pokoknya serasa menggembel di Bangkok… wkwkwkwk… kesana kemari nenteng belanjaan buat oleh2 yang ngak ada habisnyaaa…abis murah sih….. kalo di pikir2 banyakan ngeluarin buat shopping daripada akomodasi kami.. heheh tapi namnya juga cwe itu wajarlah…. Itulah sebabbya kami memilih rute Bangkok terakhir… karna pertimbangan shopping… hehhehe jadi walalupun banyak barang.. toch ujung2nya langsung ke airport… dan pulang lagi lewat singapore...

Ini adalah pengalaman pertama saya backpakeran… dan sepertinya saya ketagihan melakukan hal ini lagi,.,,,, heheh dan di perjalanan yang ke dua harus bisa lebih saving cost…… dan menutup mata untuk hal yang namanya "shopping"sh

total yang saya habiskan semuanya kurang lebih 5jt rupiah sudah termasuk dengan shopping
semoga tulisan saya kali ini memberikan manfaat buat teman2...


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com