Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Jalur Pendakian Gunung Di Indonesia Bukan Jalur Utama

iqbal_
iqbal_, pada 10 Des. 2015, 14.18
di Blog

Kenyataannya adalah bahwa jalur pendakian gunung di Indonesia yang selama ini dilewati oleh para pendaki umum bukanlah jalur utama. Jalur tersebut merupakan jalur kedua. Sebab peta jalur utama yang dirahasiakan untuk umum adalah milik angkatan darat. Hal ini diceritakan oleh salah seorang sepuh pendiri Wanadri dan juga purnawirawan anggota Kopassus.

Hampir seluruh pembukaan jalur pertama dan pemetaan gunung di Indonesia dilakukan oleh dua organisasi besar, yaitu Wanadri dan Mapala UI. Ketika dilakukan pembukaan jalur pertama dan pemetaan atas gunung di Indonesia oleh kedua organisasi tersebut, peta atas jalur pertama tersebut kemudian diserahkan kepada angkatan darat. Peta jalur utama tersebut dirahasiakan untuk umum dan digunakan dengan tujuan operasi militer. Sedangkan untuk pendakian umum, dilakukan pembukaan jalur dan pemetaan kedua.

Jalur utama yang kini dimiliki angkatan darat merupakan jalur pendakian terpendek dibandingkan dengan jalur untuk umum yang cenderung panjang dan beberapa mungkin sedikit memutar. Namun demikian jalur utama tersebut tentunya memiliki medan yang mungkin lebih berat dan cenderung berbahaya dibandingkan jalur untuk umum.

Sedikit cerita, Wanadri atau Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri, adalah sebuah organisasi kegiatan alam bebas yang berkedudukan di Bandung, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1964 dengan tujuan untuk turut membangun Tanah Air, Bangsa, dan Negara Republik Indonesia melalui pendidikan pemuda-pemudi dengan menggunakan media alam bebas sebagai sarana pendidikan. Sedangkan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia atau biasa dikenal sebagai Mapala UI adalah pionir organisasi pecinta alam di tingkat Perguruan Tinggi yang memiliki kegiatan berkisar di alam terbuka dan menyangkut lingkungan hidup. Kedua organisasi tersebutlah yang mempelopori eksplorasi hampir seluruh gunung di Indonesia.

Bagaimanapun, kebenaran akan hal ini mungkin hanya dimiliki oleh angkatan darat dan dua organisasi kegiatan alam bebas Wanadri dan Mapala UI.

-cited from: libertyofminds.wordpress.com by mochammad iqbal


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com