Selamat datang di forum BACKPACKER INDONESIA

Selamat datang di backpackerindonesia.com, Sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.

Klik di sini untuk mendaftar!

KELANJUTAN PENIPUAN PROMO TIKET PESAWAT [part 3]

4 posts / 0 new
Last post
deli.r's picture
deli.r
Offline
Newbie
Joined: 2016-04-13
KELANJUTAN PENIPUAN PROMO TIKET PESAWAT [part 3]

Dear Direktorat Reserse Kriminal khusus Metro Jaya,

Selamat malam, saya Restu Deliana ingin melaporkan kejahatan melalui "BBM" dengan iming-iming tiket pesawat promo. pada tanggal 12 April saya membantu sahabat saya untuk membeli tiket untuk 14 Karyawannya dari Pekanbaru-Bandung untuk tanggal 14 April 2016. Dan pada saat itu juga setelah sahabat saya transfer ke saya, saya bantu transfer ke rekening PT. MEGA CEMERLANG INDONESIA. Saya merasa aman karna "tersangka" memberikan no.rek bank mandiri atas nama PT. akhirnya saya kirim uang saya sejumlah Rp 7.500.000,-.

singkat cerita, si pemilik pin BBM 5BA44111 ini bilang; "akan kami kirim email-nya paling lambat besok pagi ya ka" oke karna pada saat itu sudah pukul 23:15 akhirnya saya tidur,

pada tanggal 13 April 2016 pukul 08:00 wib, saya menghubungi "tersangka" tersebut dan menanyakan tiket saya, jawabnya: "sebentar ya saya lagi on the way kantor" dan saya percaya dan akhirnya saya terus-terusan menghubungi "tersangka tidak dibaca terus, dan akhirnya pada pukul 11:20 ketika saya buka BBM pin saya sudah di delete dan saya kehilangan kontaknya.

karna saya panik, saya langsung mengubungi call center Bank Mandiri agar memblokir no. rekening PT MEGA CEMERLANG INDONESIA, karena saya harus membawa berkas dari kepolisian, saya langsung ke POLRESTABES BANDUNG (jl. Jawa) dan saya melaporkan kasus penipuan, dan saya ditanya beberapa pertanyaan di BAP. hampir 1.5 jam saya di wawancara. akhirnya saya melaporkan ke Pihak Bank Mandiri untuk segera di blokir no.rekening tersebut.

Dan pihak Bank memberi tahu saya bahwa: "ibu, transaksi ibu benar ada, dan benar berhasil, bersyukurnya dana yang ibu transfer masih ada di rekening tersebut, dan sudah kami bantu blokir". disitu saya mulai tenang, namun rasa penasaran saya tidak berhenti sampai situ, saya bertanya kepada teman saya yg bekerja di bank mandiri juga untuk memastikan bahwa rekening tersebut sudah di blokir. dan ujar teman saya: "dana yang kamu transfer memang sudah di blokir, tapi no rekening tersebut tidak di blokir, karna GIRO"

dan sesampai saya di kantor, saya mencoba me-add pin BBM 5BA44111 tersebut dan di respon baik, dan singkat cerita "tersangka" ini memberikan no.rekening yg berbeda dengan nama pemilik rekening "SANDY MEMANASTY" saya langsung browsing di internet dan saya menemukan instagramnya dan saya menanyakan id line untuk berbincang. Tak lama dari situ saya bertanya ada hubungan apa antara Sandi dengan "tersangka". dan akhirnya sandi ini memberi tahu saya bahwa "tersangka" membeli jam tangan kepada sandi seharga Rp 3.100.000 namun "tersangka" bilang: "ka saya transfernya lebih ya, sisanya Rp 500.000 selipin aja di paketnya, kirim pake gojek sekarang ya ke Untar saya lg di untar" tak lama sandy di beritahu: "ka ke kantor saya aja ya di JL. Gedug Hijau 2 NO.22, Pondok Indah, Jakarta Selatan"

setelah saya ceritakan ke sandy, sandy tidak jadi mengirimkan jam tangannya, karna dia takut yang transfer ke sandy bukan dia namun orang lain. jadi sandi cek mutasi di rekeningnya. dan dia langsung menghubungi "korban" yang telah mentranfer ke sandi untuk tiket pesawat. singkat cerita, akhirnya sarah (Korban) dan sandy (pemilik rekening), berencana untuk menjebak "penipu" ini untuk dilaporkan, namun mereka kebingungan karena takut hanya ber-2.

Apakah Bapak/Ibu dari Metro jaya dapat embatu kasus saya, dan saya yakin banyak sekali yang sedang tertipu disana oleh pemilik BBM tersebut. Dan yang ke-2, saya butuh no telepon PT. MEGA CEMERLANG INDONESIA untuk tidak melanjutkan apa yang sudah di beli oleh "penipu" karna bisa di cek dari hasil transfer, dan bisa ketahuan alamat si penipu dan bisa dilacak dari BBMnya.

saya Mohon bantuan dari kepolisian Metro Jaya untuk dapat membantu saya dan korban lainnya untuk menangkap jaringan ini. dan berikut saya lampirkan hasil capture dari rekan korban.

Atas perhatiannya saya ucapkan Terimakasih.

**
itu adalah sedikit reka cerita dari saya, dan saya berhasil menghubungi PT mega Cemerlang Indonesia, atas bantuan Mas Sandy, atas bantuannya saya menanyakan bagai mana kronologisnya, dan sayangnya dia membeli kamera fuji dan barang sudah dikirim by Gojek pada tanggal 13 April 2016. dan Korban atas nama Sarah yg berhasil transfer ke Mas sandy juga sudah berhubungan dan akan ketemu untuk mengembalikan uangnya. sekarang saya gabisa berbuat apa-apa karena teman saya di Jakarta tidak bisa bantu saya untuk menjebak.

AliaS's picture
AliaS
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2014-04-29
hati2

Awal baca ceritanya ga ngerti, tp setalah dibaca berulang2 baru ngerti deh inti persoalannya..

jadi ngeri juga ya amit2 deh kl bsk ketemu org ini..

Teman2,
Hati2 ini mode penipuan terbaru, harus lebih jeli dalam menjual dan membeli secara online skrg

Reach me at 08118008432 or 548B3120

candy3kadj's picture
candy3kadj
Offline
Newbie
Joined: 2015-12-02
hawatir juga karna sumber

hawatir juga karna sumber rejeki saya dari broadcast BBM, bahkan tidak sedikit yang menuduh mencoba melakukan penipuan, padahal saya memang ada travel agent sendiri.
saran sih lebih baik sebelum transaksi ditanya dulu apakah dia org travel atau bagaimana, tanya yang jelas agar tidak terulang dan orang seperti saya akhirnya tidak menjadi korban ketakutan customer yang beli melalui broadcast BBM
good luck ^^

brightdidi's picture
brightdidi
Offline
BPI Super Hero
Joined: 2014-02-03
Modus ini muncul di FJB

Modus ini muncul di FJB Kaskus setahun yang lalu, gak tahu sekarang masih ada apa nggak. Jadi modusnya gini:

A = Penjual real
B = Penjual abal - abal
C = Pembeli

Kasus:
Si B menghubungi si A, tanya - tanya sampai dikasih nomor rekening, si B bikin lapak jual sesuatu yang kiranya orang perlu dan harga dibikin bersaing dan promonya menarik.

Akhirnya nyantol lah si C, setelah tanya - tanya dan deal si C transaksi dengan si B, si B kasih rekening si A

Berbarengan dengan transaksi antara B dan C, si B kontak si A buat beli barangnya, diaturlah timing yang pas dengan waktu transfer di C

Jadi si C transfer ke A, dan A kirim barang ke si B

Korban nya dobel, di C kehilangan duit dan gak dapat barang, si A (walau tidak bersalah sama sekali) setidaknya kredibilitasnya terganggu, apalagi kalo masalah gak clear dan nomor rekeningnya dilaporin atau dimasukin blacklist di forum

Si B dapat barang dari si A, dan dalam beberapa kasus dapat cash yang biasanya modusnya kelebihan transfer

Semoga bisa jadi pelajaran buat kita - kita deh, agar lebih hati - hati dalam bertransaksi, walaupun pada dasarnya modus ini susah dihindari juga

Didi | 085706999711/5AB18E62 | www.yukbanyuwangi.co.id "spesialis trip ke Banyuwangi"