Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Curug Cikaso, Sukabumi, Jawa Barat

Abdul.Aziz
Abdul.Aziz, pada 29 Juli 2016, 7.19
di Blog

alah satu objek wisata air terjun alias curug yang pantas dikunjungi saat liburan lebaran bersama keluarga adalah Curug Cikaso yang berlokasi di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Curug yang disebut juga dengan nama Curug luhur ini memiliki tiga titik curahan air terjun, yang masing-masing bernama Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki.

Dengan ketinggian sekitar 80 meter dan lebar 100 meter, curug yang airnya bermuara ke Muara Tegalbuleud, Kab. Sukabumi ini menyajikan pertunjukan keindahan alam melalui limpahan tiga air terjun di tengah rimbunan pepohonan hijau nan asri. Air curug ini melimpah tercurah ke dalam kolam berwarna turqoise (biru kehijauan) di bawahnya, menghasilkan kabut air yang terasa sejuk menyegarkan. Melihat keindahan air terjun ini, tentunya kita akan bertanya-tanya untuk apa kita jauh-jauh pergi ke luar negeri kalau negeri sendiri saja memiliki banyak "surga" untuk dikunjungi.

Curug ini memang terlihat lebih indah untuk dinikmati saat debit air sedang besar karena air yang tercurah lebih deras dan gemuruhnya lebih dahsyat. Namun, pengunjung yang tergoda untuk berenang harus hati-hati karena kolamnya cukup dalam.

Air terjun ini sekitar 8 kilometer dari Surade, 15 kilometer dari Jampang Kulon, 32 kilometer dari Ujung Genteng, sekitar 110 kilometer dari Kota Sukabumi, dan sekitar 70 kilometer dari Palabuhanratu. Apabila kita akan mengunjungi tempat ini dari Kota Sukabumi, maka jalan menuju Curug Cikaso searah dengan jalur menuju Pantai Ujung Genteng. Dari Sukabumi menuju Jampang Kulon lalu dilanjutkan ke arah Surade.

Perlu diketahui, bawa harga Tiket masuk ke Curug Cikaso ini adalah :
- Mobil Rp 27.000/per mobil + uang parkir Rp 6.000
- Pejalan kaki Rp 3.000 per orang
- Biaya kebersihan Rp 2.000/ orang

Adapun biaya untuk sewa lain-lainnya yaitu :
- Sewaan Perahu Rp 60.000/perahu kapasitas 10 penumpang
- Toilet Rp 2.000


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com