Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Pantai Yang Berair Terjun

RizkyJan
RizkyJan, pada 10 Feb. 2017, 13.04
di Blog

Anda penggemar wisata ke pantai seperti saya ? tentunya pasti anda sudah mengunjungi berbagai macam pantai seperti pantai yang berombak besar, pantai yang berwarna biru jernih sampai pantai yang memiliki pasir berwarna putihi. Namun ada 1 jenis pantai yang sangat unik dan menarik yaitu pantai yang memiliki air terjun.

Air terjun biasanya ada di kawasan hutan atau pegunungan , namun anehnya air terjun ini bisa anda temukan di area pantai yang airnya langsung turun/terjun ke laut. Penasaran dengan pantai-pantai yang memiliki air terjun ? mari kita telusuri satu per satu.

Untuk anda yang senang berwisata ke Yogya pastinya anda kenal dengan daerah kabupaten Gunung Kidul. Tak menyangka kabupaten ini memiliki pantai yang memiliki air terjun, dan tak tanggung-tanggung jumlahnya ada ada 2. Yang pertama adalah pantai Banyunibo , sedangkan yang kedua adalah pantai Jogan.

Pantai Jogan

Pantai Jogan terletak disebelah barat pantai Siung dimana pantai ini memiliki babatuan karang dengan jumlah yang cukup banyak. Letak air terjun nya berada tepat di pinggir pantai dengan tinggi sekitar 7 meter. Menariknya aliran dari air terjun yang berada di pantai Jogan ini tidak terlalu deras, sehingga anda bisa merasakan sensasi mandi di pancuran besar bila berada di bawah air terjun pantai Jogan.

Untuk bisa masuk ke pantai jogan anda harus turun kebawah melewati area yang cukup licin, namun tersedia penopang kayu yang dapat digunakan untuk anda berpegangan. Disini anda harus hati-hati karena tebingnya cukup curam.

Setelah itu anda akan melewati karang-karang yang cukup banyak terdapat bayi kepiting. Jumlah bayi kepiting ini sekitar ribuan dan biasa ditangkap oleh warga sekitar untuk dijadikan teman menyantap nasi. Setelah sampai ke bawah anda bisa menikmati keindahan air terjun tersebut.

Harga tiket masuk ke pantai Jogan ini sebesar Rp 3000 per orangnya, sedangkan untuk parkir kendaraan dikenakan tarif Rp 2000 per kendaraan. Sedangkan berbicara mengenai fasilitas, pantai Jogan masih memiliki fasilitas wisata yang cukup minim. Seperti tempat parkir yang tidak terlalu luas dan hanya diketemukan beberapa warung tradisional yang menjual makanan dan minuman.

Pantai Banyunibo

Pantai ini terletak di daerah Pacitan yang memiliki keunikan air terjun yang berada di sisi pantainya. Selain memiliki air terjun, pantai ini memiliki air yang cukup jernih dan pasir berwarna putih yang indah dan eksotis. Hal itu yang juga membuat mengapa pantai ini cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Dari Yogyakarta, pantai ini dapat anda tempuh dengan waktu sekitar 4 jam kurang, melalui jalan Wonosari menuju Pracimantoro kemudian melewati perempatan Giribelah yang bisa ditempuh menggunakan mobil ataupun motor.

Berbicara mengenai fasilitas, pantai Banyunibo ini dapat dikatakan cukup lengkap apabila dibandingkan dengan pantai Jogan. Dimana terdapat beberapa warung yang berjualan makanan dan minuman, tempat parkir yang cukup luas hingga fasilitas kamar mandi umum.

Sumber : https://www.wisatayuk.com


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Malang
Malang
Malang Super Hero
pd. 13 Feb. 2017, 11.38

1.Pantai Mursala
Lokasi: P.Mursala, Tapian Nauli, Kan Tapanuli, Sumut.
Koordinat GPS: 1.6991144,98.451998
2.Pantai Banyu Tibo
Lokasi: Ds Widoro, Kec Donorojo, Pacitan
Koordinat GPS: -8.212465,110.913200
3.Pantai Toroan
Lokasi: Ds Ketapang, Kec Ketapang, Kab Sampang, Madura
Koordinat GPS: -6.892893,113.312316
4.Pantai Umbul Waru
Lokasi: Ds Sidomulyo, Kec Bakung, Blitar
Koordinat GPS: -8.315024,112.089943
5.Banyu Anjlok
Lokasi: Dampit, Ds Tirtoyudan, Kab Malang, Jatim
Koordinat GPS: -8.372273,112.820996
Yg blm bnyk dkethui/di eksplor:
6.Pantai Pelang
Lokasi di Trenggalek, Jatim
7.Pantai Nambong (Lombok)
Air terjun asin Tanjung Jogog...

Suka 0

© backpackerindonesia.com