Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Hiking Situs Gunung Munara Bogor

Melvin Laluyan
Melvin Laluyan, pada 10 April 2017, 4.43
di Tanya & Jawab

Mohon ijin sharing perjalanan saya dan teman-teman saya ke Gunung Munara Bogor

Hiking ke Gn. Munara kali ini tujuannya untuk pemanasan sebelum naik ke Gn. Prau. Ketika muncul ide untuk pemanasan, mulailah mencari-cari di internet gunung di sekitaran Jawa Barat yang bisa one day trip. Munculah nama Gn. Parang Purwakarta, Gn. Batu Jonggol, Gunung Pancar Sentul, dan lain-lain. Setelah berkonsultasi dengan Mbah Google, pilihan jatuh kepada Gn. Munara Bogor.

Alasan kami memilih Gn. Munara adalah lokasinya yang dekat dari rumah kami di Pamulang dan Serpong. Selain itu akses menuju lokasi sangat mudah. Situs Gn. Munara terletak di Desa Kampung Sawah, Kec. Rumpin, Kabupaten Bogor dan memiliki elevasi 367 mdpl. Jalan menuju lokasi sudah bagus. Dari Pamulang menuju Lokasi hanya ditempuh selama 45-60 menit menggunakan sepeda motor.

Berikut Trip Report kami ke Gn. Munara Bogor.
09.15 Saya dan Glory bertemu dengan Tuti dan Melda di Indomaret perempatan Viktor
09.30 setelah membeli logistik kami berangkat menuju Pos Registrasi Gn. Munara
10.10 kami tiba di pos registrasi dan sempat sarapan nasi uduk dan gorengan
10.30 kami mulai pendakian, registrasi pertama di Pos 1 Rp 5000,- per orang
11.40 kami tiba di puncak 2 batu belah. Ritme jalan kami tidak terlalu cepat. Sebelum memasuki Puncak 1, kami membayar biaya keamnan dan kebersihan sebesar Rp 5.000,- per orang di pos 3. Di puncak batu belah, terdapat 3 batu yang bisa dinaiki untuk melihat pemandangan. Kami memilih batu yang paling tinggi dan untuk mencapai puncak nya harus menggunakan tali. Jadi agak sedikit wall climbing gitu deh. Kami cukup lama mnghabiskan waktu di sini, kurang lebih 1 jam. Biasa, sesi foto 1
12.40 kmai melanjutkan perjalanan ke puncak 1 yang merupakan titik tertinggi Gn. Munara. Di sini kami melakukan sesi foto ke 2
13.20 Setelah kurang lebih 30 menit, kami memutuskan turun. dan sempat mampir di salah satu warung dekat puncak 1. Di warung ini kami mendapatkan informasi kalau di Gn. Munara terdapat beberapa gua semedi. Salah satunya gua semedi Soekarno.
13.45 kami mampir ke gua semedi Pak Soekarno dan kebetulan juga saat itu ada beberapa peziarah yang berdoa di gua tersebut. Setelah peziarah keluar dari gua, kami sempat mengabadikan momen di depan Gua Soekarno. Selain itu kami diajak mengunjungi Tapak Kabayan oleh bapak penjaga pos 3. Entah knapa kami lupa berkenalan dengan bapak tersebut. Setelah berbincang-bincang mengenai sejarah dan legenda di Gn. Munara, kami melanjutkan perjalanan turun kami.
14.15 kami tiba di warung dekat pos 3 untuk beristirahat dan mengisi perut dengan gorengan karena sebelumnya kami sempat berjanji kepada pemilik warung untuk mampir saat turun.
15.15 kami melanjutkan perjalanan turun kami dan sempat mampir ke gua semedi Sultan Maulana Hasanudin untuk mengabadikan momen.
16.30 kami tiba di pos 1 dan beritirahat sejenak untuk ganti pakaian.
17.00 kami melakukan perjalanan pulang dan sempat makan malam di Ciseeng.

Catatan:
Situs Gunung Munara sudah dikelola dengan baik oleh penduduk sekitar. Kebersihan pun cukup terjaga. Pada hari kami mndaki pengunjung tidak telalu ramai. Yang sedikit mengganggu adalah cuaca yang berubah-ubah dan sempat gerimis. Secara keseluruhan kami sangat menikmati pendakian kali ini. Hanya saja karena sudah lama tidak hiking jadi saat start awal-awal sempat ngos-ngosan juga. Tapi tidak perlu khawatir kehausan/kelaparan karena sudah banyak warung untuk singgah beristirahat, makan dan minum. Di dekat Puncak Batu belh juga sudah ada toilet.

Panduan arah menuju Gn. Munara
Menggunakan kendaraan pribadi:
1. Dari tangerang menuju ke arah BSD. Ikutin jalan raya BSD sampai ke perempatan Viktor. Belok Kiri ke arah Muncul. Di depan kampus ITI ada belokan serong ke kiri, belok ke arah gunung sindur. Ketemu perempatan gunung sindur ambil lurus sampai ktemu lagi prempatan Ciseeng. Perempatan Ciseeng belok kanan lalu ikuti jalan sampai ketetmu pertigaan T mentok lalu belok kanan. Ikuti jalan, nanti akan melewati jembatan kali CIsadane. Kurang lebih 1 km setelah jembatan ada tanda masuk Situs GUnung Munara lalu belok kiri. Ikuti jalan sampai di Pos Registrasi Gunung Munara.

2. Dari Pasar Parung belok kiri/kanan (tergantung dari arah datangnya) ke arah Ciseeng. Sampai perempatan Ciseeng, lurus terus ikuti jalan sampai ketetmu pertigaan T mentok lalu belok kanan. Ikuti jalan, nanti akan melewati jembatan kali Cisadane. Kurang lebih 1 km setelah jembatan ada tanda masuk Situs GUnung Munara lalu belok kiri. Ikuti jalan sampai di Pos Registrasi Gunung Munara.

Kalau tidak yakin, bisa lihat GPS atau Google map

Menggunakan angkutan Umum
1. Dari pasar serpong naik angkot jurusan Serpong-Ciseeng. Sampai permpatan Ciseeng, berganti ke angkot Parung Rumpin turun di depan jalan masuk Situs Gunung Munara.
2. Dari Pasar Parung naik angkot jurusan Parung-Rumpin turun di depan jalan masuk Situs Gunung Munara.
3. Dari Pasar Ciputat/Pamulang naik angkot jurusan Ciputat-Muncul. Di perempatan Muncul berganti angkot jurusan Serpong-Ciseeng. Sampai perempatan Ciseeng, berganti angkot jurusan Parung-Rumpin turun di depan jalan masuk Situs Gunung Munara.

Registrasi Pos 1 Rp 5.000,- per orang
Uang kebersihan dan keamanan Pos 3 Rp 5.000 per orang
Demikian Trip Report saya Ke Gunung Munara
Terima Kasih

Pos 3 Gn. Munara

Menuju puncak batu belah

Spot puncak batu belah cukup sempit, jadi hati-hati melangkah ya.

Ini view di Puncak 1 Gn. Munara

Ini 2 dari beberapa goa semedi yang ada di Gn. Munara


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

timunmas
timunmas
timunmas Newbie
pd. 5 Juni 2017, 10.59

sukses yah gan buat pendakian awalnya semoga next time bisa mendaki bareng

Suka 0
marphy Namina
marphy Namina
marphy Namina Jr.
pd. 4 Juni 2017, 21.59

Kemarin kesitu bayar sampe 4x gan... Selain ada tapak kaki Kabayan disitu jg ada tapak tangan Kabayan.. Batu azan dan batu quran... Pulang nya jg bisa main ke danau quary ga jauh dari kawasan Rumpin Bogor

Suka 0
AgungPerdana
AgungPerdana
AgungPerdana Newbie
pd. 31 Mei 2017, 23.50

wah sangat membantu gan hahaha

Suka 0
naysila
naysila
naysila Newbie
pd. 31 Mei 2017, 15.54

Terimakasih banyak untuk informasinya, puingin banget ke Gunung Muara

Suka 0
sarasvati
sarasvati
sarasvati Newbie
pd. 10 April 2017, 16.22

terimakasih untuk tipsnya gan

Suka 0

© backpackerindonesia.com