Selamat datang di forum BACKPACKER INDONESIA

Selamat datang di backpackerindonesia.com, Sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.

Klik di sini untuk mendaftar!

“TERBAIK” Itu lah Yang Menggambarkan 3 Spot Snorkeling di Lombok ini

8 posts / 0 new
Last post
adhityapnm's picture
adhityapnm
Offline
Newbie
Joined: 2016-01-25
“TERBAIK” Itu lah Yang Menggambarkan 3 Spot Snorkeling di Lombok ini

WELCOME

Lombok menyimpan pesona alam yang banyak dipuji oleh para wisatawan yang datang berkunjung. Keindahan alam pantai, gili, dan Gunung Rinjani sudah terkenal di mana-mana. Bagaimana dengan pesona bawah airnya? Jangan salah ternyata Lombok juga menawarkan pesona bawah air yang mengagumkan.

Bagi pecinta olahraga air seperti snorkeling dan diving, Gili Tramena (Trawangan Meno Air) jadi pilihannya. Di mana saja spot-spot terbaik buat snorkeling di Lombok?

1. Spot Snorkeling di Lombok Barat :
(Deretan gili indah di Kawasan Wisata Sekotong seperti Gili Rengit, Gili Layar, Gili Asahan.)

Quote:
Gili Rengit

Gili Rengit. Rengit berarti nyamuk dalam Bahasa Sasak. Jika musim penghujan tiba, memang banyak nyamuk di beberapa sudut pulau. Aktivitas yang bisa dilakukan di Gili Rengit adalah berenang, snorkeling, mancing di dermaga, bercengkrama dengan teman, sahabat atau keluarga di tengah rimbunnya pepohonan dan tersedia tempat duduk dari kayu yang tertata rapi. Memasuki perairan Gili Rengit akan terlihat sebuah dermaga berwarna kuning dari kejauhan sebagai pertanda kita sudah sampai.

Pulau ini juga tak berpenghuni, konon kabarnya dimiliki oleh investor asal Bali dimana fasilitas bar, restoran, panggung hiburan, dermaga dan sebuah bangunan pura terdapat di tengah-tengah pulau. Infonya pulau ini akan ramai pada waktu-waktu tertentu saat sang pemilik mengadakan pesta bersama serombongan turis lokal dan manca negara nyebrang dari Bali. Tapi jangan khawatir, gili ini terbuka juga untuk umum.

Quote:
Gili Layar

Gili Layar. Sebuah pulau kecil dengan panorama alam memukau dan pemandangan bawah laut yang sayang untuk dilewatkan bagi penghobi snorkeling. Di sini terumbu karangnya besar-besar, dan ikannya juga banyak berwarna warni. Kegiatan mancing ikan tampaknya menjadi aktivitas favorit di sini.

Hampir di setiap sudut merupakan spot bagi para pemancing. Gili Layar tidak berpenghuni, konturnya berbukit dengan rimbun pepohonan di bagian pinggir pulau. Terdapat makam di puncak bukit bagian tengah pulau yang merupakan kuburan dari seorang Daeng (Tokoh Bugis). Suku Bugis memang terkenal sebagai pelaut ulung, bisa sampai ke Lombok juga melautnya.

Quote:
Gili asahan

Gili Asahan. Gili ini juga terkenal akan keindahan bawah lautnya. Aneka terumbu karang yang indah, ikan dan biota laut serta arus laut yang kuat membuat banyak para penyelam (diver) merasa tertantang untuk menyelam di daerah tersebut. Ada banyak penyedia jasa diving guide yang pasti merekomendasikan anda untuk mengunjungidiving spot di salah satu dari banyak Gili di Sekotong Lombok Barat ini.

Bagi yang ingin menginap, terdapat sebuah penginapan bernama Pearl Beach Resort yang memiliki fasilitas dan pelayanan layaknya sebuah hotel. Selain snorkeling dan diving, wisatawan yang menginap juga bisa menyaksikan terbitnya matahari pagi yang nyaris sempurna semburat sinarnya. Sekedar santai berleyeh-leyeh di teras kamar resort atau bergantungan nikmat di hammock juga bisa dinikmati dalam kesunyian pulau ini.

Quote:
2. Spot Snorkeling di Lombok Utara :
(Pantai Pandanan, Pantai Kecinan, Pantai Mentigi, Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air)

Pantai Nipah, Pantai Pandanan, Pantai Kecinan, dan Pantai Mentigi letaknya sederetan di sebelah utara Kawasan Wisata Senggigi. Masuk daerah perbatasan antara Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara.

Meno Wall

Meno Wall. Spot snorkeling satu ini letaknya tak jauh dari Gili Trawangan. Berada di bagian barat Gili Meno. Spot ini cukup dalam sekira 18 meter. Di sekitarnya terdapat palung laut yang menyimpan beragam biota laut mengagumkan.

Coral Garden

Coral Garden. Lokasinya terletak di bagian utara Gili Trawangan. Spot ini cukup dangkal sehingga koral warna-warni jelas terlihat. Tempat ini menyuguhkan beragam ikan menarik.

Ship Wrek

Ship Wrek. Spot snorkeling ini letaknya di barat daya Gili Meno. Yang menjadi daya tariknya, terdapat kapal yang karam sejak lama. Bangkai kapalnya ditumbuhi terumbu karang indah.

3. Spot Snorkeling di Lombok Timur :
(Gili Kondo, Gili Bidara, Gili Petagan, Gili Petelu, Sulat, Pantai Pink Tangsi, Pantai Temeak dan Pantai Semangkok.)

Quote:
Gili kondo

Gili Kondo. Satu lagi Gili (pulau kecil) di Lombok tepatnya di Kabupaten Lombok Timur yang mulai menjadi favorit wisatawan. Lokasi penyeberangan banyak, bisa dari Pantai Pidana, Pantai Gili Lampu, atau Dermaga Padak Guar dengan harga perahu boat yang bervariasi, harus kuat tawar menawar dan pilih yang ada asuransi resmi (tersedia jaket pelampung) untuk keselamatan.

Quote:
Gili bidara

Gili Bidara. Terletak di antara Gili Kapal dan Gili Kondo, tepatnya di seberang Gili Kondo. Gili Bidara adalah pulau dengan penghuni mayoritas adalah nelayan. Gili ini biasanya juga dipakai oleh nelayan hanya untuk persinggahan saat beristirahat setelah memancing ikan. Biasanya para nelayan membuat rumah bedek sekedar terhindar dari sengatan sinar matahari dan menanam ubi di lahan kosong gili ini.

Quote:
Gili petagan

Gili Petagan. Berlokasi tidak jauh dari Gili Bidara dan Gili Kondo. Pulau ini terlihat paling besar dan luas, dipenuhi dengan tanaman bakau atau mangrove. Sehingga sering disebut Pulau Bakau. Jejeran tanaman bakau menghiasi hampir seluruh sudut pulau yang memancarkan pesona tersendiri.

Infonya sih tanaman bakau ini dulu ditanam oleh Pasukan Tentara Jepang pada saat ke Lombok dan dijadikan pulau untuk pertahanan. Biaya ke sini sepaket dengan gili-gili lainnya nyeberang dari dermaga di kawasan taman wisata Gili Lampu di Desa Padak Guar Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur.

Quote:
Gili petelu

Gili Petelu. Sebuah pulau kecil yang sering disebut juga dengan Gili Tiga. Secara penampakan memang terdapat 3 gili yang berdekatan dalam satu kawasan. Menuju Gili Petelu bisa nyebrang laut melalui Pelabuhan Tanjung Luar atau dari Pantai Pink Tangsi.

Keunikan Gili Petelu antara lain pulau karang yang luasnya tidak seberapa, kontur berbukit dengan view keren dari atas, terdapat semacam teluk dengan air laut yang bening dan ombak yang tenang sehingga wisatawan merasa seperti berenang di kolam pribadi, bentuk pasir seperti butiran merica dan berwarna putih.

Sangat asyik berenang sambil snorkeling mengelilingi Gili Petelu melihat terumbu karang dan rasakan sensasi snorkeling ditemani anak-anak hiu yang ngeri-ngeri sedap :)

Jadi spot yang mana bakal menjadi pilihan kalian buat lokasi snorkeling favorit?
Selamat bingung memilih!

jangan lupa komen yaa

Instagram : _Pratamadhit || Website : Dongengtravel || Rekomendasi : Tiket Pesawat Murah

Han's's picture
Han's
Offline
BPI Hero
Joined: 2014-02-11
asikx snorkeling/diving

snorkeling
snorkeling1
snorkeling2

pianis's picture
pianis
Offline
Newbie
Joined: 2017-05-05
comment & respon

Wisata pantai di lombok emang keren banget deh, jadi ingin kesana lagi

Sentra penjualan alat pengering laundry termurah dan paling lengkap untuk menunjang bisnis laundry

putrisalju's picture
putrisalju
Offline
Newbie
Joined: 2017-05-22
saya belum pernah ke lombok

saya belum pernah ke lombok bisa di jadikan list tripku nantik

memeycute's picture
memeycute
Offline
Newbie
Joined: 2017-06-16
liburan lebaran ke lombok

liburan lebaran ke lombok enak nih yeh

wannatrip.id's picture
wannatrip.id
Offline
Newbie
Joined: 2017-06-23
Untuk yg di sebelah lombok

Untuk yg di sebelah lombok timur snorkeling di area pantai pink juga bagus. Ikannya banya.

wannatrip.id's picture
wannatrip.id
Offline
Newbie
Joined: 2017-06-23
Buat yang pengen ke lombok bisa gabung

Buat yang pengen ke LOMBOK bisa gabung di trip ku di akhir Juli. Cek trit ku di NEXT TRIP.
http://backpackerindonesia.com/node/131800

terlenawati's picture
terlenawati
Offline
Newbie
Joined: 2017-07-10
spot spot seperti inilah yang

spot spot seperti inilah yang ingin segera berkemas dari rumah