Trending

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Backpacker asli jalan kaki ke Luar Negeri (KL-SIN-JHB)

Aji Wahyu Qander
Aji Wahyu Qander, pada 28 April 2017, 14.04
di Blog

Pembukaan
Perjalanan kami dimulai tgl 27 juli hingga tgl 3 agustus (6 hari waktu bersih). Kami berdua berangkat dari kota malang (saya dan teman saya masih mahasiswa). INI PERJALANAN KAMI PERTAMA KALI NAIK PESAWAT, PERTAMA KALI AJA LANGSUNG TERBANGNYA KE LUAR NEGERI CUY, GAK PAKE ASURANSI LAGI, HADUH.
Karena kita dapet tiket murah PP 350k dari yogya-KL, maka kita berangkat ke yogya. Duo terong jalan2 ke luar negeri dengan bawa total untuk berdua 3jt rupiah. Semua sudah siap sebelum berangkat tiket pesawat (PP KL-YGY dan KL-SIN), tiket kereta PP Malang-Yogya, hotel (KL 2 hari, SIN 2 Hari), parpor 24 halaman, jadwal perjalanan dan destinasi yg dituju. Total Persiapan dr hotel, all tiket dan paspor -+ 1,35 juta.

26-07-2016 (Pra)
Berangkat dr malang jam 8 pagi sampe yogya jam 3 sore. Karna pesawat airasia berangkatnya mmenjelang magrib esok hari, maka di yogya menginap di keluarga teman saya. BTW, keluarga dan kerabat saya orang jawa timur semua, kalau temen saya kerabatnya sampai ada di Johor juga, hehe. Dari stasiun kami dijemput, makan dan penginapan dijogya aman tanpa biaya. Kecuali transport, makanya kita jalan kaki, kayak backpacker ini.

27-07-2016 (H+1)
- YOGYA
berhubung rumah keluarga temen saya dekat dengan bandara adisucipto, maka kita jalan kaki ke bandara, kurang lebih 30-40 menit lah, wkwk sedih amat yak. Padahal tante temen saya bilang naik taksi aja, eh karna kita minim dana ya kita iyain aja dulu lah. Kami berangkat dr jam 3 sore, jalan kaki, lumayan berat sih, tp gpp lah. BTW, saya bawa tas gunung dan temen saya bawa tas carier, masing2 juga bawa tas kcil buat hangout disana.
Dibandara kita degdegan dan bingung, tanya satpam cetak tiket mana, trus pas cek paspor TKI kita diterima gak ya, eh diterima, wkwk.
Ketemu mahasiswa kampus yg sama di bandara yg tujuan dan pesawatnya sama, wkwk. dia mau ke thailand katanya, backpaker juga, katanya taun lalu udah jelasah malaysia singapura, cieee.
Waktu masuk dan pemeriksaan tas, barang2 yg cair kayak sabun, dll disita sedih amat ini. katanya gak boleh lebih dari 10 ml kalo ga salah. herannya si bocah yg ke thailand itu aman2 aja tasnya dan baru bilang ttg aturan itu pas barang2 kita disita.
Foto2 dulu didepan pesawatnya, lgsg upload di IG, biar kalo kita kecelakaan pada tau kita dimana, hehe.
-KUALA LUMPUR
Sampai di KL jam 8 malem, langsung beli kartu perdana DIGI (10 MYR) buat komunikasi sama keluarga/temen2 dirumah. widih bandaranya gede, biar gak nyasar ikut bocah itu aja dah, soalnya dia juga mau nginep dibandara sampe pagi juga, hehe lumayan beruntung kita. Keliatan banyak orang yg juga nginep di bandara juga ternyata, cari tempat duduk kosong, trus gantian sholat, lanjut makan malem pake roti yg kita bawa dari Yogya minumnya beli lumayan mahal juga, hehe.
BTW kita nunggu dibandara karna nunggu pesawat KL-SIN, karna perjalanan kita yang pertama yaitu ke malaysia. Kalo bocah yg ke thailand nunggu bus pagi juga. Kita tidur gantian, pasang alarm jam stgh 5.

28-07-2016 (H+2)
Aku lgsg loncat aja ya ke Singapura, intinya subuh bangun, sholat, otw ke singapura.
-SINGAPURA
Sampai di bandara changi jam 7.30an pagi, trus kita cari toilet buat mandi (mandi di toilet bandara njirrr, ngikutin orang2, wkwk). sabun batang ternyata aman lho dari pemeriksaan, dan sampo sachet juga aman. jam 9an lgsg jalan2 di bandara liat2 pemandangan dan cari tempat keluar. Naik kereta antar terminal, trus naik kereta lagi menuju marina bay, destinasi pertama (berhenti di Stasiun Raffles Place).
BTW, saya pinjem temen yg punya Kartu Transpot SIngapore (Ezlink), pinjem temen eh ternyata masih ada saldo masing2 ada 8 dolar, wkwk, jd selama di singapore kita gak keluar biaya transport, kecuali... (ntar aku ceritain di hari berikutnya)
Jalan2lah kita di marina bay, keliling2 tuh marina, jalan kaki, sampe kaki mulai capek. Kita jalan2 dulu soalnya hotel di sekitar Geylang dan checkin nya jam 1. Kita jalan2 dan foto2 hampir semua spot keren disana kecuali merlion karna pas kehujanan, wkwk.
Jalan2 terus menuju halte/stasiun terdekat dan skalian cari KFC (cari yg halal, murah, terdekat) buat makan siang, beh capeknya. makan 5 dolar untuk ricebowl isi ayam, haduh gak kenyang, tp gpp lah lumayan cukup ini.
Kami berusaha semaksimal mungkin menghemat di singapura, karna harga makanan dan transport masih mahal, makanya cari yg murah dan kalo spotnya deket bisa jalankaki.
Habis makan naik bus menuju HOSTEL JOYFOR (deket chinatown di jln geyland) tempat menginap selama 2 hari, hehe. aku cari hostel yg ada sarapannya yg gratis dan halal, selain itu banyak backpaker indo juga disini. selama di singapore kita makan di luar sehari sekali, itu di KFC semua, sisanya sarapan di hostel. beli air minum 1,5 liter di minimarket harganya 2 dolar njirrr, mahalnya...
Di hostel kita mandi, istirahat, gak ada makan malem.
Ada org indo yg menginap, mereka bawa indomie dr indo dan boleh dimasak didapur hostel, wawww bau mienya jadi pengen, wkwk.
INFO: Siapkan uang 20 dolar buat jaminan hostel (seinget saya), pas cek out bakal dibalikin lagi kok.

29-07-2016
-SINGAPURA
Pagi, jam 9 kita siap2 dan sarapan. kalau aku sarapan yg banyak skalian, wkwk.
Menu sarapan sehari2 di hostel yaitu ROTI, OAT, COCO CRUCH, NUTELLA, SELAI DAN SUSU.
Rencana hari ke 2 di singapore yaitu jalan2 ke sentosa island (masuk ke UNIVERSAL STUDIO)
Naik kereta dan berhenti di stasiun harbourfront.
Kita jalan kaki di sentosa gateway, pemandangannya keren luar biasa, bukan indah lho ya.
BTW kita beli tiket UNIVERSAL STUDIO 600rb rupiah, belinya di Indonesia di bukalapak, dpt tiket fisik dan elektrik via email.
INFO: MUsim liburan di UNIVERSAL STUDIO antri wahananya bisa sampe sejam, lumayan capek.
Main dan foto2 didalam UNIVERSAL STUDIO sampe jam 2 siang menuju destinasi berikutnya, di kampung bugis dan kampung arab. Menuju kesana ya pastinya jalan kaki lagi, wkwk soalnya deket dan hemat biaya. Habis jalan2 jam 4an kita balik naik bus ke hostel sebelumya cari KFC lagi buat makan sore, upgrade menu ke harga 7 dolar, wkwk.
Malemnya, kita jalan2 lagi di kampung cina, karna hostel ada di kawasan tsb, kita wisata malam di kampung china, hehe. jalan kaki terus kita, skalian ke stasiun terdekat buat cek saldo Ezlink.

30-07-2016
-SINGAPURA
Saldo ezlink sisa dikit, punyaku cukup buat 2x perjalanan naik kereta, tp temenku cukup buat sekali perjalanan. jadi kita putuskan ntar aja isi saldonya. Hari ini berangkat jam 9 lagi, sarapan yg banyak lgsg skalian check out dan ambil kembali uang jaminannya, hehe
Destinasi terakhir di singapura sebelum ke Johor yaitu MErlion....
Di merlion kita foto2 dan lanjut perjalanan ke JoHOR. NGGAK SEMPET KE ORCHARD ROAD DAN GAK SEMPET BELI OLEH2 karna pengen hemat, yaudahlah gpp.
Karna EZLINK temenku udah habis, jd dia ngisi ulang, herannya aku gak.
Waktu dia ngisi ulang, aku dicurigai sama satpan disana, satpamnya perempuan lagi, disuruh keluarin isi tas pula, behhhh, untung aman.
kita naik kereta, tanpa sadar ternyata kita kudu ganti kereta buat menuju ke Woodland. Waduh saldoku habis, jd aku nyelonong aja waktu masuk di gate tempel kartu. jd 1 tiket buat berdua sama temenku, gak ada yg jaga soalnya. Sayangnya pas di pintu keluar di woodland ada yg jaga njirrr, jd aku akal2in tu satpam perempuan bilang kalo kartuku rusak, dkk, akhirnya temenku keluar dulu, trus kartu temenku dimasukan lagi tanpa orangnya dan aku keluar pake kartu temenku. hahaha...
kejahatan pertamaku di Singapura ini, hehe... cukup sekali jgn diulangi lagi deh, degdegan soalnya, denda pelanggaran juga mahal disana sampe ratusan dolar cuy.
BTW kita ga berhenti di woodland train check poin, kita berhenti di stasiun marsiling. Lanjut jalan kaki lumayan jauh ke woodland check point
Habis check poin pikirku naik bus, kayaknya cukup ini saldo buat nyebrang jembatan antar negara ini. kita jalan ikuti orang, lha kokkk....
KITA IKUTI ORANG YANG SALAH, KITA IKUTI ORANG YANG JALAN KAKI DI JEMBATAN ANTAR NEGARA INI. HADUUHHH, 5 KM (DI PETA)
bisa bayangin gak jalan kaki disana, gilaaa... sampe2 aku bikin video buat ini lho, aku share di IG juga. lumayanlah kurang lebih sejam jalan kakinya.

-JOHOR BAHRU
Sampai di gerbang johor bahru, ada check poin paspor lagi, tp yg di sini sumpah antrinya sampe sejam duajam buat stempel paspor aja.
INFO: Di johor kami difasilitasi sama keluarga temen saya
Kita akan dijemput di jalan tun abdul razak, kata temenku, lgsg tanya orang buat kesana. widih logatnya lgsg beda lho, wkwk.. Sambil menunggu keluarga temenku kita sholat dulu dan beli snack/minum, sumpah harganya miring banget daripada di singapore, gila.
Kita dijemput pake mobil dan didalem keluarga temen saya tanya2 kabar orang tua temen saya, trus diajak makan dulu di makanan khas sana, enaknyaaa gratisan, hehe...
Habis makan kita diajak jalan2 ke mall yg deket pantai lupa aku namanya, diajak jalan2 ke istana sultan johor dan masjid besar johor.
BTW, Kami berencana menginap 2 malam di johor. Tepatnya di Pasir Gudang. keluarga temen saya ini asli indonesia, cuma jd guru di malaysia dan akhirnya dpt kewarganegaraan malaysia. anak2nya lahir di malaysia juga jd anak2nya gak bisa bahasa jawa, hehe
Malemnya lgsg diajak ke pesta nikahan orang indonesia disana sambil kenalan sama kerabat2 keluarga temen saya disana, lagu2 yg diputar ada lg jawa, melayu, dan campurannya uga lho, hehe

31-07-2017
-JOHOR BAHRU
Kita bangun agak siang, jd jalan2 kita hari ini kita wisata ke LEGOLAND (gak masuk ke dalem, hanya foto2 aja diluar), langsung lanjut ke pusat pemerintahan kesultanan johor bahru (dijelaskan sistem kerja dan pelayanannya ke masyarakat) lanjut foto2 keluarga deh...
Siangnya lanjut WISATA PLANOLOGI (secara kuliahnya di PLANOLOGI, jadi kitajalan2 ke tempat2 perkembangan dan pembangunan kota johor, pembagian distrik, pengembangan perumahan dan industri disana, dll).
Sorenya kita jalan2 ke pantai lagi deket Pembangkit listrik sambil makan siang (lupa lokasinya) dan lanjut jalan2 lagi ke pelabuhan sambil liat2 pemandangan dan makan es cream.
Banyak sekali informasi yg kami dapat dari keluarga temen saya, baik sejarah, sistem pemerintahan, pelayanan pemerintah, dan arah pmbangunan johor bahru.
Malam harinya kami diajak ke pusat oleh2 murah di johor, hehe... bener2 semurah di indonesia lho serius.
INFO: Di Johor kita gak ngerencanakan apa2, yg bikin rencana malah keluarga temen saya. selain itu kita dapet uang saku buat beli oleh2 disana, Makasih om tante....

01-08-2016
-JOHOR BAHRU
BAngun pagi, cabut charger, mandi, packing, sarapan, siap2 ke KL.
Berangkat jam 9an menuju ke terminal johor, hehe...
Tiket bus dibelikan juga (30-40 MYR dr johor ke terminal bersepadu selatan), makasih lagi om tante. kami langsung salim dan pamit pulang skalian...
Perjalanannya cukup lama sampe siang, sekitar 4-5 jam.

-KUALA LAUMPUR
Sampainya disana kita beli coin 2-3 ringgit (kalo gak salah) buat naik MRT menuju ke guesthouse (Raizzy's Guesthouse) tepatnya 10 meter dari kuil sri maha mariamman, PETALING, gratis sarapan pula, hehe...
Istirahat sejenak, mandi skalian jam 3 kita berangkat ke KLCC liat menara petronas dengan jalan kaki lagi, lumayan 30-60 menitanlah, hehe...
Foto2 sambil menikmati pemandangan, Jalan2 di KLCC Park, pas magrib langsung sholat di masjid asy syakirin deket taman tsb. Lanjut jalan kaki balik ke hotel, skalian dilewatin ke tower KL yg kayak permen itu, wkwk...
sambil otw ke hostel kita cari makan di deket petaling market, cari makanan halal lah, dapet murah dan enak, cuma 6-7 MYR cuy, kenyang2 dah, wkwk...
Habis makan menuju hotel lalu tidurrr, hehe

02-08-2016
-KUALA LUMPUR
Jam 8 sarapan roti lagi, wkwk, dikenyang2in pokoknya...
trus lanjut jalan2 lagi menuju stasiun terdekat di hostel, naik kereta KTM ke BATU CAVE.
INFO: Hati2 salah naik gerbong khusus wanita, karna kita pernah salah masuk dan disindir ibu2 disana, lalu diusir wkwk. Cek jadwal juga dari dan menuju ke batu cave karna gak setiap menit ada.
Seingetku tiketnya 10 MYR ke Batu Cave, stgah jam perjalanan ke sana,
Di Batu Cave, kita liat2 pemandangan foto2 dan naik tangga sampe ke ujung tuh. ternyata gak ada apa2nya lho, serius, cuma kalo dilihat dari wisata budaya sangat bagus (gua dengan halaman yg besar serta kuil dan monyet2). terlalu lelah naik tangga, untungnya kalo dibuat foto lumayan keren, hehe. selain itu pemandangan dari atas juga bagus, hehe
banyak jualan oleh2 juga disana.
liat jam eh udah watunya balik, takut ketinggalan kereta dan nunggu lama lagi selama 2 jam.
Balik ke stasiun, dan naik kereta menuju ke stasiun dekat dataran merdeka. Harga tiket kira2 sama lah, lupa, hehe..
Didataran merdeka banyak destinasi bagus dan juga spot foto menarik lho. pertama kita ke musium musik, lalu foto2 di LOVE KL, walaupu cuma foto2 tp pemandangannya enak. Waktu dhuhur kita sholat di masjid jamek. Setelah dhuhur kita jalan kaki ke pusat oleh2 baju dan gantungan kunci di petaling market, dijamin harganya murah dan sangat miring. kata temenku yg lain kalo mau beli oleh2 makanan belinya di chow kit (sayang gak kesana).
skalian jalan2 ke petaling street (china town) yg searah ke hostel. trus istirahat di hotel, mandi dan sholat.
malamnya kita cari makan lagi, di kangpung china lagi, di tempat yg sama dgn menu yg berbeda, dan cari menu makanan khas. mentok2 kenanya cuma 10-12 MYR, udah kenyang banget ituuu...
Balik trus balik hotel dan tidur, hehe...

03-08-2016
-KUALA LUMPUR
Karna mengejar pesawat pagi (8.45), jadi jam 5 kita harus udah siap berangkat dan check out. karna jam 6 check out kita ga dapet sarapan, soalnya sarapannya baru disediakan jam 7. gpp lah, ambil minum aja, hehe...
naik KTM ke terminal bersepadu selatan (TBS) 3 MYR,
INFO: Di TBS aku liat jadwal bus yg menuju ke Bandara KLIA selang 1 jam sekali. Kereta khusus KLIA harganya minimal 20 MYR (Mahal cuy, bus aja 10 MYR)
eh udah jam 7 lebih, njirrr, kecewa amat ini. akhirnya terpaksa naik kereta khusus menuju KLIA waktu mau beli eh uangnya kurang dan udah habis, padahal kurangnya cuma 3 MYR, sepet amat ini hidup...
terpaksa ke ATM buat ambil uang (Bank Mandiri ambilnya di ATM CIMB bisa) kena pajak 25-30 ribu rupiah kalo ga salah. ambil uang 10 MYR bisa juga lho di ATM, wkwk...
kereta khusus tsb adanya jam 7.30, sampe ke bandara jam 8.15an
Lgsg menuju ke counter air asia buat naruh bagasi (bagasi buat pulang aja soalnya banyak oleh2 yg dibawa), trus lanjut ke pemeriksaan tas, akhirnya pas 10 menit nunggu pesawat siap, hehe, leganyaaa....

-YOGYA
di bandara kita menuju rumah keluarga temen saya yg kemarin, soalnya kita berencana menginap semalam lagi, skalian ke malioboro malemnya buat beli oleh2 untuk keluarga, mumpung masih ada uang. trus paginya dianter ke stasiun yogya dan balik ke malang, hehe...

NB:
Pengeluaranku (individu)
- Total Persiapan dr hotel, all tiket dan paspor -+ 1,35 juta.
- Tiket Universal Studio 600rb pesen sebelum berangkat
- Makan dan minum disana 200rb (4x makan, dan beli snack, air minum & soda)
- Oleh2 350rb
Total pengeluaran 2,5 juta untuk 7 hari udah all in tuh, hehe...
karna aku bawa 1,5 juta rupiah cash (dlm bentuk dolar dan ringgit), jd sisa uangnya ada 900rban rupiah soalnya pengeluaran disana cuma 600rban, hehe...
Sorry gak bisa share foto, soalnya isinya foto narsis semua, haha

Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Aji Wahyu Qander
Aji Wahyu Qander Newbie
pd. 10 Okt. 2017, 15.43

Eh iya mas, salah nulis tahun perjalanannya, hehe

adilhzb
adilhzb Jr.
pd. 6 Juni 2017, 10.04

jejak dulu ah

RARARA
RARARA Jr.
pd. 15 Mei 2017, 15.01

Saya salut sama abang2 berdua bisa irit banget backpackerannya. masalahnya itu tanggal kegiatannya kok udah

26-07-2017 (Pra)
27-07-2016 (H+1)
- YOGYA
28-07-2016 (H+2)
29-07-2017
30-07-2017
dll itu tanggal kegiatan selama di luar negeri ya??? sementara hari ini saya nulis komentar aja masih tanggal 15 Mei 2017 . Apa typo ya??