Selamat datang di forum BACKPACKER INDONESIA

Selamat datang di backpackerindonesia.com, Sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.

Klik di sini untuk mendaftar!

Wah! Menawannya 7 Wisata di Togean yang Membuat Kamu Ngga Karuan

5 posts / 0 new
Last post
tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
Wah! Menawannya 7 Wisata di Togean yang Membuat Kamu Ngga Karuan

Buat kamu penggemar pemandangan laut dan pantai, apalagi pulau eksotis, Kepulauan Togean ini pas banget jadi destinasi wisata kamu! Kepulauan yang terletak di Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah ini sudah diresmikan menjadi Taman Nasional Kepulauan Togean sejak tahun 2004. Di Kepulauan Togean, ada enam pulau besar dan puluhan pulau kecil di sekelilingnya yang terkenal dengan keindahan masing-masing. Jadi, kamu bisa dapetin banyak pemandangan dalam satu trip!

cakep

Untuk mencapai Kepulauan Togean, pertama-tama kamu harus memilih satu dari tiga rute yang ada agar bisa tiba di Pelabuhan Wakai, pelabuhan terbesar yang ada di Pulau Batudaka, Togean. Pertama, lewat Gorontalo (Gorontalo-Wakai). Kedua, lewat Palu (Palu-Posa-Ampana-Wakai). Ketiga, lewat Poso (Poso-Ampana-Wakai). Setelah tiba di Wakai, barulah kamu bisa melanjutkan perjalanan ke pulau-pulau lain yang ada di Togean.

http://www.tamasyeah.com/assets/picture/post/Sulawesi%20Tengah/7%20Wisata%20Togean/(1)-Via-www.pesonaindo.com.jpg

kul

nongkrong sore

Kegiatan paling asyik dilakuin ketika di Kepulauan Togean ya island hopping. Kamu bisa mendatangi pulau-pulau besar di Togean, yaitu Pulau Togian, Pulau Batudaka, Pulau Poat dan Pulau Waleabahi. Kalau kemari, seenggaknya luangkan satu minggu ya supaya puas menikmati Kepulauan Togean yang menawan. Berikut 7 lokasi yang patut kamu datangi selama di Togean.

ntp

trong>
1. Menyelami Keindahan Alam Bawah Laut di Pulau Kadidiri

Sudah datang jauh-jauh dari kota yang hiruk-pikuk, kamu pasti mau lihat alam yang memesona untuk relaksasi, kan? Nah, Pulau Kadidiri wajib kamu datangi. Hanya dengan satu jam perjalanan dengan menyewa speedboat atau perahu dari Wakai, bersiaplah untuk melihat pemandangan bawah laut yang indah.
welcome

Pulau Kadidiri sangat kaya akan hewan dan tumbuhan laut. Untuk sekadar cuci mata, kamu cukup berjalan sepanjang lima meter dari tepi pantai untuk menikmati keindahan bawah laut dari permukaan air. Karena pulau ini masih terjaga kebersihannya, kamu bisa menikmati terumbu karang di sini dengan mata telanjang. Kamu bisa menyewa kayak juga lho agar bisa menikmati air yang jernih dan melihat terumbu karang yang lebih banyak.

bening

Belum puas dengan pemandangan dari pantai? Pergilah snorkeling atau diving di sekitar Pulau Kadidiri. Salah satu spot diving yang wajib kamu kunjungi adalah titik puing pesawat B 24, pesawat bekas Perang Dunia II. Untuk menemukan spot ini, kamu bisa berkendara dengan speedboat sejauh 16 km ke arah timur laut Pulau Kadidiri. Puing-puing pesawat ini adalah rumah bagi beragam terumbu karang berusia puluhan tahun. Pasti akan menjadi pengalaman yang mengesankan bagi kamu untuk menjelajahi bangkai pesawat bersejarah ini.

bening 3

Menikmati Pulau Kadidiri tidak harus basah-basahan. Karena banyak spot di pantai juga bungalo yang cocok banget dijadikan tempat bersantai menikmati pemandangan dan semilir angin. Airnya yang tenang bikin suasana di pulau Kadidiri semakin cozy.

asoy


2. Pemandangan Ciamik dari Gunung Vulkanik di Pulau Una-Una

Kalau pasir di pantai biasanya berwarna putih, di Pulau Una-una pasirnya kombinasi warna putih dan hitam. Sejarahnya, di pulau ini ada gunung berapi yang masih aktif, meski tercatat sebagai gunung berapi yang sudah tua. Nah, berabad-abad lalu, terjadi letusan kolosal dari gunung Colo di Pulau Una-una ini yang menyebabkan bercampurnya material vulkanik dengan pasir pantai.

gunung

Gak Cuma wisata laut yang bisa kamu nikmatin di Pulau Una-una lho. Kawah gunung Colo juga menarik buat dikunjungi. Gunung ini dapat ditempuh sekitar dua sampai tiga jam. Sepanjang perjalanan, banyak bebatuan vulkanik dengan beragam ukuran.

cakep

cakep 1

Kalau waktu kamu cukup lowong, jangan lupa main di Pulau Una-una hingga malam ya. Sunset di sini keliatan dramatis banget. Dari sunset platform di resort, kamu bisa leyeh-leyeh di hammock sambil nikmatin sunset yang instagramable :”). Dijamin kamu pasti bakal makin terpesona sama Pulau Una-una!

sunset

Oh ya, sunrise yang gak kalah cakep dari sunset-nya. Pokoknya lengkap, nggak heran kalau kamu sampai terpesona sama pulau ini.

sunset 2


3. Ngga Perlu Kabur Saat Melihat Ubur-Ubur di Danau Mariona!

Tidak hanya di danau Kakaban, Kalimantan Timur, ternyata ratusan ubur-ubur tak menyengat juga menetap di Danau Mariona, Togean. Meski airnya payau cenderung agak keruh, kamu tetep bisa berenang untuk melihat dan dikelilingi ubur-ubur tak menyengat.
ungu

jellyfish

Akibat proses alam, Danau Mariona yang dulunya tersambung dengan laut menjadi terpisah dan membentuk satu danau. Ubur-ubur yang hidup di danau air payau ini jadi terisolasi dan setelah sekian lama berkembang biak di Danau Mariona, mereka kehilangan kemampuan untuk menyengat.

jellyfish

Ada beberapah catatan nih kalau kamu mau berenang dengan ubur-ubur yang unyu. Pertama, jangan pake sunblock/ sun cream/ lotion, karena bakal luntur dan mencemari air. Kedua, kalem aja guys pas masuk airnya. Nggak perlu lompat salto dan berenanglah dengan tenang juga. Yang paling penting, jangan agresif pegang-pegang atau bahkan sampai angkat ubur-uburnya keluar air. Kasihan kan Sad

jellyfish

Gimana kalo udah capek berenang tapi masih belum mau move on dari si unyu-unyu? Tenang, di tepi danau, ada floating gazebo tempat kamu bisa duduk-duduk dan menikmati pemandangan Danau Mariona. Nggak harus berenang jauh ke tengah, si ubur-ubur jelas kelihatan.

keren

Meski letaknya agak terpelosok di belakang pantai Karina, lokasi ini sayang untuk dilewatkan ketika kamu berkunjung ke Kepulauan Togean.

Penasaran spot manalagi yang bisa kamu datengin? Yuk cek di sini https://rebrand.ly/BwstTgan

mirandakeri's picture
mirandakeri
Offline
Newbie
Joined: 2017-07-18
keren banget jadi pengen

keren banget jadi pengen segera trip kesana

tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
Hai Kak!

mirandakeri wrote:
keren banget jadi pengen segera trip kesana

Hai Kak! Wah senangnya ada yang baca artikel kita. Semoga bisa ke sana ya, kak! Segera! Laughing out loud

vee janier's picture
vee janier
Offline
Newbie
Joined: 2017-02-20
Nice Info

i'll be there soon in Sept.

Btw, ada contact info sewa kapal untuk hopping island di togean gak ya?
tp yang bapaknya asik, recomended dan harga reasonable.

makasiihh Smile

rachsalogo81's picture
rachsalogo81
Offline
Newbie
Joined: 2017-05-08
Keren bgt cuy...

Keren bgt cuy...