Selamat datang di forum BACKPACKER INDONESIA

Selamat datang di backpackerindonesia.com, Sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.

Klik di sini untuk mendaftar!

Ternyata Ciliwung Bisa Di "Jalan-jalani" Pake Cara Seperti Ini

1 post / 0 new
bangjaung's picture
bangjaung
Offline
Newbie
Joined: 2017-07-23
Ternyata Ciliwung Bisa Di "Jalan-jalani" Pake Cara Seperti Ini

Mendengar nama Ciliwung, kemungkinan besar yang muncul dalam benak kita adalah sungai berair keruh dengan beraneka ragam kotoran sampah serta limbah industri dan rumah tangga sehingga kecil kemungkinan untuk berkegiatan wisata di sungai yang membelah Kota Bogor, Depok dan Jakarta ini.

Agak ke bagian hulu sungai ini, disekitar kawasan puncak dan Bogor, sungai ini sudah termanfaatkan untuk kegiatan pariwisata. Sudah ada operator rafting yang membuka layanan trip menikmati jeram ciliwung menggunakan perahu karet.

Tapi sudah tahukah kalau ada bagian "tengah" aliran Ciliwung di Kota Depok yang relatif juga masih bersih dan bisa dimanfaatkan sebagai potensi wisata ?

Suatu hari saya berkesempatan bermain seharian di Ciliwung Depok ini bersama beberapa orang kawan. Penyusuran ruas sungai dari kampung Cikambangan sampai di "markas" komunitas Ciliwung Depok di bawah Jembatan Grand Depok City.

Agak takjub saya mendapati bagian Ciliwung yang masih relatif bersih ini. Plus, ternyata masih terdapat wisdom local di kampung-kampung sepanjang bantaran ruas Ciliwung ini seperti kuliner betawi yang masih terpelihara, produksi kecap rumahan, seni lukis batu koral sampai kegiatan panahan di tepian sungai.

Ulasan main seharian di Ciliwung beserta video serunya cek disini ya : https://www.bangjaung.com/single-post/2016/10/26/Main-Di-Ciliwung-Stand-Up-Paddle-Board

  • ciliwung stand up paddle board.jpg