Selamat datang di forum BACKPACKER INDONESIA

Selamat datang di backpackerindonesia.com, Sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.

Klik di sini untuk mendaftar!

Blog: Pemandangan Dari Puncak Gunung Bromo

1 post / 0 new
TREYA's picture
TREYA
Offline
Full Member
Joined: 2017-06-15
Blog: Pemandangan Dari Puncak Gunung Bromo

Gunung Bromo mungkin merupakan salah satu tempat paling terkenal di Indonesia yang terletak di Jawa Timur. Tempat ini begitu terkenal karena menawarkan pemandangan matahari terbit yang mengagumkan serta kawah vulkanik yang indah. Menyaksikan matahari terbit dari puncak gunung, berjalan sepanjang abu gunung berapi, memanjat tepi kawah gunung berapi dan menyaksikan langsung corong gunung berapi yang aktif merupakan sebagian dari aktifitas yang tidak akan Kamu lupakan saat Kamu berkunjung ke Gunung Bromo.

Biasanya aktifitas akan dimulai sekitar jam 2 pagi, kemudian Kamu akan mengendarai mobil Jeep yang telah disediakan penduduk lokal dan langsung menuju platform observasi di Gunung Penanjakan. Perjalanan akan menghabiskan waktu sekitar 40 menit dan pastikan kamu tidak tertidur atau Kamu akan melewatkan pemandangan lembah yang cantik.

Gunung Bromo masih termasuk ke dalam salah satu gunung berapi yang paling aktif di dunia, sehingga terdapat beberapa area yang tidak boleh dimasuki turis karena terlalu berbahaya. Walaupun begitu, pemandangan yang akan Kamu dapatkan dari dek observasi tetap akan membuat kamu menahan nafas. Warna matahari terbit yang berwana merah akan berubah secara perlahan menjadi warna emas. Dari puncak kamu dapat melihat seluruh Tenggel Caldera, dengan Gunung Bromo dan Gunung berapi Batok berada dibaliknya serta Gunung Semeru di belakangnya.

Untuk mendaki Gunung Bromo, Kamu harus terlebih dahulu pergi ke dasar Tengger Caldera. Kemudian kamu akan berjalan sepanjang pasir dan abu gunung berapi. Terdapat area mati — padang pasir yang terbuat dari api dan asap. Bukit pasir yang terdapat pada lokasi tersebut terlihat seperti ombak, oleh karena itu caldera juga disebut laut pasir.

Jumlah anak tangga yang mencapai 250 buah (300 meter) akan menuntun kamu kepuncak gunung berapi. Jalur ini adalah jalur termudah dan paling umum untuk digunakan. Di puncak Gunung Bromo kamu dapat berjalan di sepanjang tepi kawah, melihat laut pasir dari ketinggian dan tentunya melakukan selfie. Saat kamu tiba di puncak, tidak dapat dipungkiri pemandangan yang kamu lihat akan membuat Kamu merasa sangat kecil dibandingkan oleh alam semesta yang diikuti dengan rasa kekaguman atas ciptaan-Nya. Kami jamin ini merupakan pengalaman yang tidak dapat terlupakan.

Catatan: Cuaca dapat sangat dingin di pagi hari dan sangat panas di siang hari, bahkan dapat menyebabkan kulit terbakar. Jadi, jangan lupa bawa perlengkapan ya!

Tulisan ini diambil dari Blog Treya. Artikel asli yang lebih lengkap dapat diakses di link berikut:

http://blog.treya.io/2017/08/23/pemandangan-dari-puncak-gunung-bromo/