Selamat datang di forum BACKPACKER INDONESIA

Selamat datang di backpackerindonesia.com, Sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.

Klik di sini untuk mendaftar!

Baca Ini Sebelum Nonton Sumo Di Jepang!

3 posts / 0 new
Last post
Catatan.Perjalanan's picture
Catatan.Perjalanan
Offline
Newbie
Joined: 2017-10-11
Baca Ini Sebelum Nonton Sumo Di Jepang!

Hai semuanya...

Siapa yang tidak kenal Sumo? Olahraga khas Jepang ini memang sudah mendunia dan masih cukup eksis hingga saat ini. Meskipun, peminat olahraga ini adalah kebanyakan orang-orang berusia paruh baya, namun seni bergulat Sumo ini adalah salah satu olahraga tradisional yang dijaga serta dilestarikan di Jepang.
Pegulat Sumo sendiri bukan hanya berasal dari Jepang, tapi juga diikuti oleh beberapa negara lain juga ikut berkontribusi pada olahraga ini. Nah, buat yang mau menonton olahraga yang satu ini, ada beberapa tips yang bisa diterapin. Cekidot…

Sebelum menonton Sumo, kita terlebih dahulu harus mengenal olahraga khas Jepang ini. Sumo ialah olahraga dimana dua orang bertarung, disebut rikishi, dengan hanya berpakaian pada bagian pinggang disebut mawashi, bergulat satu sama lain di dalam arena berdiameter 4.55 meter, yang disebut dohyo.

Sumo

Sumo mulai popular di abad 17 di Jepang. Ada dua jenis sumo, o-zumo dan sumo. O-zumo adalah olahraga professional sedangkan sumo adalah olahraga untuk kelas amatir. Biasanya yang ditampilkan di televisi adalah o-zumo. O-zumo sendiri memiliki nama yang berbeda untuk petarungnya.
Jika Sumo menyebut petarungnya Rikishi, di O-zumo menyebut petarungnya Banzuke. Dan banzuke ini memiliki tiga divisi, dimana divisi teratas disebut maku ichi. Divisi kedua disebut juryo dan divisi ketiga makushita.
Nah, buat nonton langsung pertandingan sumo atau honsbasho, kita bisa mampir ke satu-satunya tempat di Tokyo yang bernama Ryoguka Kokugikan. Gedung yang dibangun pada tahun 1985 ini, memiliki kapasitas 11.000 orang dan juga sering digunakan untuk beberapa pertandingan olahraga selain sumo.

sumo

Sekedar informasi, biasanya turnamen Sumo digelar sebanyak enam kali dalam setahun, untuk di Ryogoku Kokugikan Hall ada tiga turnamen tahunan yang dilaksanakan pada Januari, May, dan September. Pastinya atmosfer yang dirasakan dengan menonton langsung sumo, beda banget dibanding nonton di televisi.
Pasti kita bakal ngedapetin kesan yang lebih mendalam karena bisa mendengar langsung pukulan badan pegulat yang bertabrakan, dan melihat keringat sang petarung yang bertarung di udara. Pastinya seru banget buat yang suka untuk nonton sumo professional secara langsung.

sumo

Professional sumo di Ryogoku Kokugikan tidak bisa kita liat setiap saat. Hanya ada pada bulan Januari, May, September yang masing-masingnya berlangsung selama 2 minggu. Untuk pengaturan bangku jika kita ingin menonton, juga disesuaikan pada tempat pertandingan diadakan. Ada dua macam duduk single seat atau tamari seki dan box seats atau masu seki.
Bicara soal harga, single seat yang biasanya berada di lantai pertama atau kedua, relative murah berkisar antara 2,100 yen hingga 10,000 yen per orang atau sekitar 230.000 ribu hingga 1,2 juta rupiah. Jika ingin mendapatkan kursi yang paling mahal, kita bisa mendapatkannya dengan harga 15,000 yen atau sekitar 1,8 juta rupiah dan berlokasi di dalam area ringside (arena pertandingan).

sumo

Buat yang ingin membeli ticket pertandingannya, biasanya ticket sudah mulai dijual sekitar satu bulan penuh sebelum pertandingan dimulai. kita bisa banget prepare untuk nonton pertandingan dari sebulan sebelumnya. Dan ticket sendiri bisa dibeli secara online dari luar negeri melalui website.

sumo

Dan yang perlu diketahui juga, penjualan untuk single seat dan box seat dilakukan secara acak dan habis terjual dengan cepat. Karena biasanya sih ticketnya laku banget, sebaiknya beli dari jauh-jauh hari biar bisa dapet dengan mudah. Tapi kalo emang mendadak ingin nonton, Ryogoku Kokugikan juga menyediakan ticket yang dijual bersamaan dengan pertandingan berlangsung, cuma resikonya ya kita belum pasti dapet ticket karena ramai sekali pengunjung yang sama-sama ingin menonton.

sumo

Untuk pertandingan, biasanya dimulai di pukul 9. Buat yang udah dapet ticket, bisa masuk dan menunggu di dalam stadium untuk melihat persiapan yang dilakukan sebelum pertandingan. Pertandingan sendiri akan dimulai di jam 2 petang dan berakhir di pukul 6. Untuk dresscode, disini bebas.

sumo

Dan jangan lupa, mayoritas area Ryogoku Kokugikan adalah non-smoking area. Tapi, jangan khawatir tempat ini juga menyediakan smoking area khusus. Saat menonton pertandingan, kita dilarang melempar bantalan setelah menang ataupun kalah sebenarnya karena bahaya yang ditimbulkan bagi mereka yang duduk didepan kita. Jika mengikuti peraturan dengan baik, kita bisa menikmati pertandingan sumo dengan asik.

Nah, itu dia beberapa tips untuk menonton sumo di Jepang. Punya rencana kapan ke Jepang? Jangan sampe gak nyempetin diri buat nonton pertandingan sumo ya
Laughing out loud

  • 22.jpg
  • 23.jpg
  • 24.jpg
  • 25.jpg
  • 26.jpg
  • 27.jpg
Han's's picture
Han's
Offline
BPI Hero
Joined: 2014-02-11
panduan nonton sumo @japan-free

https://boutiquejapan.com/sumo/
>ngantri beli tiket buat nonton prtandingn sumo agk susah, sec lgs beli kdu antri, mklum ini jd tontonan favorit org2 dsna dn bhkn smpe nginep sgl. Stlh antri qt dpt scrik krts merah (fushie), ini utk no antrian dptin tiket asli, jd yg udh tau gk bkln kluar dri antrianx...
Jd biasax di antrian itu yg dijual cm 300 tiket dg hrg $ 22, buat nonton prtandingn pgi dn yg diprtandingkn kls bulu ringan (jonokuchi).
Ya gt deh, yg tiket diats itu dh abis trjual sbln yl, tp klo mau praktis beli aj tiketx via online, ini nih linkx:
http://www.viagogo.com/Sports-Tickets/Sumo-Wrestling
>Klo nnton lgs sumo, dpt tiketx kdu ngantri,via online mahal, dn klo nnton pun gk bs foto2 sm pesumox....
>pilihn/alternatifx adlh nonton gratis....dg nontn latihn sumo di bbrp tmpt ttt di jpg
>pesumo tinggl dn brlatih di tmpt yg nmx heya
Bbrp heya ada yg trbuka utk umum tnp ditarik biaya alias free!!
>syaratx kdu fasih brbhs jpg or ddampingi guide or sdr/tmn yg di jpg or dri Ind dn bs bhs jpg, cz prlu utk mnghub pnghuni heya dn nyari info jdwl lthn pesumo
>heya dttup sblm/stlh turnamen, bbrp heys cm mmbolehln nontn lthnx dri jendelax doank
>spy bs puas bs liat sumo lg lthn dn bs fto breng, dg kostum sumo spt bnr2 turnamen, ini slh satu tmpt heyax/padepokn/sasanax:
Kuil Gonjoji, Yukushido, Nagoya
>ada 152 heya yg trdpt di Nihon Sumo Kyokai (Japan Sumo Association)
>heya kbnykn ada di Tokyo skitar distrik Ryogoku dn sbagian kcl ada diluar Tokyo (al.di Saitama,Chiba,dn Ibaraki)
>tmpt lthn (keiko) pesumo jg skligus tmpt tingglx
>aktivts lthn pgi dsbt asa geiko, mulai jm 6.30 utk pegulat sumo (rikishi) yunior dn seniorx lthn jm 8
>bs jg dtg ke heya di shikihide (slh satu heya diluar Tokyo) di Ibaraki ken Tokyi, klo naek kreta cm btuh 1.5 jm prjlnn via Nippon Tokyo Station.Doi Nippon eki brkt ke Sanukichi di ibaraki
>pokkx nontn proses lthn lgs sumo kdu dduk manis di tmpt, blh ambil fto, video asal gk smbil brdiri or pndh tmpt; sptu, topi dlps, gk bs bisik2 aplgi ngomng, ntr ganggu konsen pesumo, trs gk blh mkn dn minum di area heya, kec lthnx udh klar....

Catatan.Perjalanan's picture
Catatan.Perjalanan
Offline
Newbie
Joined: 2017-10-11
Thanks buat tambahannya yaaa!

Thanks buat tambahannya yaaa!