Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Sinjai, Kota Di Timur Sulawesi Selatan yang menyimpan banyak keindahan

Faisal_Fadhil
Faisal_Fadhil, pada 6 Feb. 2014, 14.00
di Blog

Banyak orang yang belum mengetahui keidahan kota ini, termasuk saya :capek: . walaupun kota tempat tinggal saya (Makassar) seprovinsi dengan kota sinjai.
Perjalanan ke kota ini bisa melalui 3 jalur:

Jalur yang pertama dan yang paling aman (Untuk saat ini) bisa ditempuh dari Makassar-Gowa-Takalar-Jeneponto-Bantaeng-Bulukumba-Sijai, namun butuh waktu yang cukup lama untuk sampai ke sinjai jika menggunakan jalur ini. Waktu yang diperlukan kurang lebih 6 jam.

Dan rute yang kedua yaitu Makassar-Maros(Lewat Camba)-Bone-Sinjai, namun kurang saya sarankan karena jalan yang dilewati rusak berat. jadi untuk sekarang ini kurang recomended. Tunggu pemerintah perbaikin dulu jalannya :ngakak: .

Jalur yang ketiga terbilang ekstrim disamping jalanan yang dilewati adalah tepi tebing sehingga kalau salah jalan dikit aja bisa langsung nyungsep ke jurang :dead: dan juga di daerah ini sering terjadi kabut dan rawan longsor, namun membutuhkan waktu yang singkat yaitu kurang lebih 3 jam. untuk rute ini saya tidak sarankan untuk orang yang baru belajar bawa kendaraan. Jadi tinggal pilih yang mana. :ngakak:

Sesampai di kota sinjai banyak penginapan yang bisa ditempati, mulai dari yang
harga jongkok sampai selangit... :haha:

Ada 5 Spot Wisata yang sempat saya kunjungi kemarin, Pulau Sembilan yang menjadi spot wisata terkenal di sinjai terpaksa saya skip karena cuaca kurang mendukung untuk menyebarang ke sana :stres:

Tempat wisata pertama yang bisa dijumpai di dalam kota yaitu Taman Purbakala Batupake Gojeng. Dari tempat ini kita bisa melihat seluruh kota sinjai. Dan pada puncaknya kita bisa melihat makam purbakala. Pokoknya Recomended lah tempatnya

Masih di dalam kota, kita bisa city tour ke benteng Ballang Nipa, Benteng peninggalan masa penjajahan Belanda. Benteng ini merupakan Cabang dari Benteng Fort Roterrdam di Makassar. Arsitektur benteng ini juga tidak kalah dengan Benteng Fort Rotterdam walaupun luasnya tidak seluas dengan Fort Rotterdam.

Tempat Wisata Berikutnya berjarak sekitar 1 jam dari pusat kota sinjai. Ini juga termasuk spot wisata andalan di sinjai. Namanya Air Terjun 7 Tingkat, walaupun jalan ke sana lumayan jauh namun semuanya terbayar dengan keindahan yang ditawarkan oleh air terjun ini, pokoke mantap lah :jempol: . Menyusuri arah aliran sungai lebih ke bawah lagi kita akan menemukan satu lagi air terjun, saya juga belum tahu nama air terjunnya apa, tapi yang jelas tak kalah dengan air terjun 7 tingkat lah :ngakak:

Spot Ke empat adalah Pantai, Kurang lebih 30 menit dari Air terjun 7 Tingkat kita bisa menjumpai pantai karang yang mempunyai pemandangan yang indah namanya Pantai Karampuang, kemarin gak sempat nyemplung jadi gak bisa menjelaskan lebih detail alam bawah launtnya kayak bagaimana. Ada satu tempat wisata yang tidak sempat saya kunjungi di daerah ini yaitu kampung adat Karaengpuang karena waktu cukup mepet.

Spot terakhir dan yang paling menantang adalah Air Terjun Bikeru atau air terjun kembar, terletak di kecamatan bikeru, sinjai selatan 20 km dari kota sinjai ke arah bulukumba. Kenapa menantang, karena untuk bisa melihat air terjun ini harus menyebrang sungai sebanyak 3 kali, dan sungainya lumayan dalam mennnn, sampai sedada orang dewasa :keren:. Kemarin untuk sampai ke air terjun ini butuh waktu 1 jam plus nyasar2, karena petunjuk jalan kurang lengkap. Tapi, keindahan air terjunnya mantap menn, semua rasa lelah untuk sampai ke air terjun ini terbayar. Gak kalah dengan indahnya air terjun 7 tingkat. :ngakak: Tempat ini masuk daftar hidden paradise ane. :malu:

Maaf yah, untuk foto2nya nanti menyusul. Internet Lemot euy...
:voodoo: :voodoo: :voodoo: :voodoo: :voodoo: :voodoo: :voodoo: :voodoo:


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com