BROMO - SEMPU - JATIM PARK 2

vhyaavhy
vhyaavhy, pada 7 Feb. 2014, 19.58

Alhamdulillah :party:

Trip yang awalnya cuma iseng untuk liburan bareng sahabat, akhirnya malah di share ke forum BPI dan jadi nambah banyak teman" baru .

Tanggal 31 Januari 2014, 9 orang yang mengikuti trip ke Malang dari Jakarta, kumpul di stasiun Pasar Senen jam 1 siang, untuk naik kereta Matarmaja Ekonomi . Disini kami bener" pertama kali ketemu lho . Kecuali gw dan mas pacar Alex beserta 1 sahabat . Perjalanan di kereta memakan waktu kurang lebih 17 jam . Kami berhenti di Stasiun Kota Lama Malang, dan meet up dengan 2 teman trip lainnya, Akang Dana yang berasal dari Bandung, dan Chandra dari Jakarta . Si Chandra ini ngotot ikutan padahal gw dah CLOSED ini trip bhahhaha . Jadilah dia beli tiket sendiri, dan dapet Majapahit yang berangkat dari Stasiun Senen jam 3sore di hari yang sama . Rombongan kami sepakat menamakan diri Tim Ubur-Ubur :ghost:

1 Februari 2014, Disini kami sudah dijemput oleh Bli Teguh dan Alfin, ranger yang akan menemani kami untuk Pulau Sempu dan Bromo . Beserta Pak Eko, supir yang sudah kami carter untuk 5hari kedepan, yang diikuti oleh anaknya,Zizi .

Dari stasiun kami beranjak ke kediaman (homestay) Pak Eko, yang kami panggil Pak Pilot :steve: karna cara beliau nyetir seperti mbawa pesawat saja ga ada remnya haha . Wah, rumahnya asik lho . Beberapa dari kami langsung bersih" dan sebagian langsung tepar .

Gw ditemani Mbak Irma, Om dan Tante mamanya Dhani, langsung menuju pasar tradisional dekat homestay untuk belanja logistik Sempu . Total belanja adalah 479ribu 5ratus rupiah dengan segala kelengkapan makanan buat 1 RT *backpacker begimanaaa ini :glasses:

Nggak kerasa emang yha kalo perempuan dah mondar mandir pasar, 3 jam !! Hadduh, jam 1 nih . Mau jam brapa sampe ke Sempu? Belum trackingnya :capek:

Akhirnya jam 2.10, kami terbang dari homestay menuju Sendang biru dengan angkot milik Pak Pilot . Wasss Wissss Wuuusss . . . Mungkin karna emang angkotnya udah seumuran Pak Pilot, pas tanjakan itu nggak kuat jalan, jadilah cowok" pada turun dan berolahraga kaki hahhaha :X

Sampai di Sendang Biru udah semangat bangeeettttsss, tapi apa boleh buat . Jam 5.25 baru sampe sana, dan penyebrangan ke Teluk Semut untuk menuju Sagara Anakan udah ditutup . Bahaya soalnya tracking malem" gitu, dah banyak orang celaka dan hilang :kecewa: Gara" blanjaa dah ini .

Wets, untungnya rombongan trip gw ini bener" sehati dan kompak banget . Jadi pas dapet saran Bli Teguh untuk ndiriin tenda di pinggir pantai Sendang Biru, waaahhh langsung semangat semua .

Om dan Tante udah excited banget bakar"an bahan" yang tadi dibeli di Pasar . Ada Ayam, Ikan, Udang, gasabar banget pengen cepet nyomot :malu:

Pas udah mau mateng, ada rombongan lain yang baru aja selesai tracking pulang, mereka berasal dari Surabaya . Karna makanan banyak banget juga, skalian aja diajak makan bareng sama tante . Bahagia banget mereka bhahhaha, karna katanya semalam mereka nginap di Sagara Anakan, cuma bisa ngiler ngeliat orang makan nasi, lah yhaa mereka gabawa apa" kcuali mie instan soalnya .

Yang paling dahsyat dari makan malam ini, SAMBEL SI OM :jempol: GIIIILAAAAAA !!! Jontor bibir gw !!

Selesai dinner, ada yang langsung merem di tenda, ada yang ngobrol" dan gw? MANDI !! Hahaha, persiapan gw gayakin besok pagi bakal mandi . Mandi di warung Bu Mamiek biasa bayar 2ibu aja, tapi karna kami dari datang udah dikenalin sama Bli Teguh dan pada sok asik" aja, jadi alhamdulillah gratis ahahha . Jadi pada ikutan deh bersih" skalian solat ditempat beliau .

Niatnya pas balik ke tenda sih yha istirahat, tapi kok mata nggak mau mejem . Diluar tenda juga anak" masih pada ngobrol . Join ajalah . Nggak sadar matahari udah nongol .

2 Februari 2014, sesuai obrol"an tadi malem, jam stengah 6 semua udah bangun . Dan persiapan nyebrang ke Teluk Semut . Uhhhh, ternyata diwajibin nyewa sepatu trackingnya . Hadeeh, feeling buruk buat gw, karna ukuran kaki gw ini ganyampe 35 :cry: Sewa sepatu tracking balik lagi di tempat Bu Mamie seharga 10ribu per sepatu .

Penyebrangan dari Sendang Biru e Teluk Semut menggunakan Kapal Nelayan, yang stelah ngobrol" sama mereka, biasa disewakan antara 100-150ribu untuk antar jemput . Menyebrang dengan perahu ke Teluk Semut cuma 10 menit !! Tapi trackingnya itu loh, 3 jam meeennn . Dan karna lagi musim ujan, tanah jadi becek ++ lumpur semua . Gw kesel mati matian slama tracking karna spatu yang kegedean itu . Copot muluuu !! Tapi akhirnya nyampe juga di ujung tebing Sagara Anakan . . . .

:akhirnya: :akhirnya: :akhirnya:

Whooaaah, ilang semua rasa pengen mukulin orang pake sarung tinju . CANTIK BANGEEETTT !! Fuaaahh fuaaaahh :keren:

Smuanya langsung nyemplung plung plung . Snorkeling, Berenang, Main Pasir, dan pastinya, FOTO FOTO :hore:

Belum puas kami disana, Bli Teguh udah ngajak tracking balik . HAH !! Perjalanan nya aja 3jam, tapi disii cuma dapet 1,5jam ajaa . Hiks :cry: mau nggak mau yah ikutin deh . Soalnya ngeri kemalaman jugaa .

Tracking balik berasa lebih neraka daripada pas berangkat . Gw nih ketinggalan paling blakang sama Alex yang sabar banget nuntunin gw . Ih bener" sepatunya ini lhoooo . Dan si Dhani lebih sabar lagi nungguin gw dan Alex . Alfin mah ranger kecil yha, jadi yha emang tugasnya di belakang mastiin pada di jalan yg bener, eh tapi karna sangking jauh,ya, berempat kepisah dari yang lain . Kira" jam, eh si Bli Teguh nongol di belakang gw, LAHHH !! Ternyata dia nyasar sama yang lain, hualaaahh :capek:

Parah deh pokoknya tracking balik . Lumpur tuh sepaha gw, dan berkali" gw kepleset dan ngegerutu sendiri . Buat jalan 1 meter aja butuh lebih dari 5 menit . Yoi, 5 menit !

Sampe di Teluk semut, nunggu kapal njemput (tadinya dah nungguin, tp karna gw ma alex blm nongol, pergi lagi) :kecewa: Dan sampainya di Sendang Biru, kebanyakan pada jajan . Ada juga yang tidur .

Kira" jam 5 kami pulang menuju homestay Pak Pilot . Perkiraan tuh jam 8 yha, kami sampai disana dan langsung mandi semua . Terus beranjak ke Warung Lesehan Ceker Setan, untuk makan malam . Gw sendiri memesan Ayam Bakar dengan sambel pedas + Nasi Putih dan Teh Botol seharga 28ribu . Dari sana kami singgah di rumah kecilnya Alfin, sebelum berangkat ke Bromo jam 1 malam .

3 Februari 2014, jam 1 tepat kami masuk ke mobil yang dikemudikan oleh Bli Bogang, kapten yang gw kontak untuk trip Malang kali ini . 3jam perjalanan menuju tempat Base Jeep Hardtop yang selanjutnya kami pakai menuju Bromo . Dari sana kira" 1jam sampai di Penanjakan . Tapi sayang sih, beberapa lama menunggu, mataharinya tertutup kabut .

Karna emang cuaca kurang mendukung, kami langsung lanjut ke Kawah Bromo . Sebelumnya makan Bakso Malang dulu seharga 5ribu per porsi .

Gw pengen banget naik ke atas sanaaaaa, tapi dengkul masih rapuh gara" tracking kemaren . Naiknya sih enjoy pasti, tapi lutut nekuk buat turunnya itu kriuk kriuk bangeeett . Jadilah ditemenin sama Alex nangkring di warung kopi sebelum nanjak ke bukit atas . Sambil nungguin yang pada tracking, liat" kaos aaaahh . Lumayan buat oleh" orang rumah . Dari 100ribu 3pieces, ditawar jadi 50ribu deh 3pieces . Mungkin tadi itu karna banyak dikerubungin bule kali yha jadi segitu harganya .

HAHHAHAHHAA, ternyata emang pada kesakitan kakinya pas turun dari atas sana . Beberapa malah jadi menggunakan jasa kuda untuk turun bukit . Kalo untuk naik dan turun, dikenakan biaya 50-75ribu tergantung pinter"nya nawar . Kalo turun aja paling kena 30ribu . Wah banyak untung tukang kudanya . Yang kasian itu kalo kuda" kecil dinaikin sama bule" yang badannya dua kali lipat si kuda #EEEHHH :jotos:

Dari bukit kami naik jeep lagi, yang seharusnya mengantarkan kami menuju Savana, tapi entah ada apa tiba" langsung kembali ke tempat mobil Bli Bogang dan turun ke Malang . Lho lho lho ada apaaaa ini?

Gw dan temen"pun protes karna sagat belum puas dengan wisata Bromo, Madakaripura juga belum . Kok udah pulang lagi ke Malang? Saat sudah dekat Malang juga kok tiba" aja Bli Teguh turun dijalan . Ada drama apaaa sih ini :bingung:

Dalam perjalanan kembali ke penginapan, jam 1 siang kami makan di Bakso Stasiun, dekat stasiun Malang Baru . Uniknya dari Bakso di kota Malang ini, smua sambalnya sama . Merah pekat tomat dalam botol plastik . Dan raginya berasa banget . Nah Bakso Stasiun menyajikan Bakso yang pake lontong . Unik . Belum pernah makan bakso pake lontong . Mbak irma dan Hafidz menghilang tiba" karna nyari nasi katanya . Walaupun hafidz sempet celingukan nyari mie ayam 3.500 :capek:

Jam 2 kami sampai di homestay Pak Pilot, dan istirahat . Sebagian ngopi, ngeteh, dan packing ulang antara yang bersih dan kotor karna tracking Sagara kemarin . Usut punya usut ternyata si Bli Bogang ini lagi ada "masalah pribadi" yang akhirnya mempengaruhi profesionalisme beliau . Walaaahhh . Yha akhirnya sesuai pembicaraan dan kesepakatan, Bli Bogang mengembalikan beberapa % dari uang yang sudah kami bayarkan, dan kami memutuskan menghentikan trip dengan beliau saat itu juga . Jangan ditiru yah, Ubur"nya lagi pada emosi karna gabisa jelajah full Bromo .

Jam 5 sore smua udah masuk lagi ke mobil, kali ini diputuskan sampai akhir menggunakan jasa Pak Pilot . Tujuan pertama, Toko Oen yang terletak dekat dengan Alun" Kota Malang . Kalo di Jakarta, mirip sama Ragusa yang ada di belakang Masjid Istiqlal . Eskrim di Toko Oen ini emang enak banget, tapi harganya nggak nyangkut dengan tema backpackeran kami . Gw semeja ma alex, hafidz dan kang dana pas disini . Bener" mengerut alis pas mau mesen ahhaha . Akhirnya pesenlah 3 es krim dengan total 153ribu WHAAATTTTT?!!!! :bokek:

Dari wilayah terlarang bagi para backpacker ini, kami langsung nyari tempat makan lain, dan si tante nemu aja rumah makan seafood dekat Alun-alun . Namanya Gulai Kepala Kakap Mas Agus . Karna si Om emang cinta mati sama seafood, tapi heran si Dhani malah gadoyan banget hahah . Untuk pecinta seafood, recommended banget ih . Seporsi gulai kepala kakap lengkap dengan bagian badan yang udah di fillet, hanya 14ribu ajaa . Hayooo, serbuuuuu :pusing:

Beberapa dari ubur-ubur nyari tempat makan lain karna emang ada yang nggak suka seafood . Gw sukaa banget, tapi berhubung jadi leader ubur" yha gw ngikut rombongan yang lebih kecil untuk cari makanan lain . Dan berhentilah kami di Nasi Ayam Bacem . Pas liat harga"nya, EHHHH gasalah nih? Nasi + Ayam Bacem cuma 6ribu 5ratus hualaahhh, gw kira angka enolnya nggelinding gitu 1 #kucekmata . Yaudah makanlah kami disini . Wuih kenyangnyaa . Gw sendiri pesan Nasi + Ayam Bacem Paha + Telor Bacem + Teh Manis Hangat . Beneran enak lho . Brasa di jogjaa . Total biaya gw? Cuma 8ribu 5ratus ajaaaaa . Wah, andai deket kampus gw di Jakarta ada tempat makan begini, makmurlaaah :dugem:

Abis makan malam langsung menuju BNS dan menghabiskan waktu disana . Naik beberapa wahana, dan ada 1 yang bikin gw jadi bahan cengan . Mega Mix . Mangkok yang diputer" 360 derajat dan ngebuat lo di banting" di udara . Gw dah beli tiket emang, tapi pas dinyalain wahananya, DIH OGAH !! Ngeri buangeeettt :stres:

Ada juga wahana persis seperti ontang-antingnya Dufan, kora", bom" car, Wahana Movie 4D, dan banyaak lagi . Tapi yang paling bagus emang Lampion Gardennya :nyimak:

Disini untuk masuk tiap wahana harus bayar tiket lagi . Tapi nggak mahal kok, cuma berkisar antara 7-15ribu tiap" wahananya . Ada cafe jugaaa disini . Tapi kami kmalaman sih, lagi juga tadi udah makan .

BNS tutup jam 11 malam, dan kami langsung pulang ke homestay . Sebelumnya mampir toko oleh" dulu yang gabung sama BNS . Gw gabeli apa" sih gara" lagi bingung nyariin bolpen gaada #hahhahaha :akhirnya:

Udara sedikit gerimis, tapi sejuknyaaa susah ditemuin di Jakarta . Malah ada yang bilang FREEZING sampe menggigil .

Sampai di homestay jam stengah 1 pagiiii . Manusia" yang super bersih kayak Gw, Alex, Hafidz, Armula dan Ade tetep mandi dulu . Yang lain langsung ambil posisi tidur .

4 Februari 2014 :pusing: Nggak terasa hari terakhir di Malang .
Jam 5 smua dah gw colek"in suruh bangun buat subuh dan packing . Yang tadi malem blom mandi, cuma bisa cuci muka doang sama sikat gigi aja deh . Soalnya kmaren kesepaatan sih mengutamakan anak" kost disitu buat mandi paginya .

Jam 7 pagi semua udah rapi dan masuk ke mobil Pak Pilot untuk menuju wisata terakhir kami di kota apel, JAWA TIMUR PARK . Kecuali Akang Dana yang keretanya berangkat dari stasiun Malang menuju Bandung jam 12 siang . GOOD BYE AKANG DANAA, WE WILL MISS YOUUU :adem:

Kami sampai di Jatim Park stengah 9, sedangkan loket baru dibuka jam 10. Menunggu deh . Sambil foto" dan keliling kios oleh" yang udah dibuka . Khilaf nih gw disini, khilaaaf banget . Kaosnya lucu" dan gasadar udah beli 4 biji . Harga perkaos ukuran S untuk dewasa kisara 50-60ribu aja . Semakin naik ukurannya, ditambah 5ribu . Beli gelang juga buat sahabat" gw . Kebetulan gw sama si Ade ini sahabatan ber5 dah mau 5tahun ini . Gw yang sibuk nyari gelang sama sovenir buat barengan, dia puyeng nyari buat gebetannya . Dari mulai kaos sampe gelang dia muter" nyari buat si someone special sambil narik" gw macem kambing .

TENG !! Jam 10 lhooo, dan masuklah kami ke area Batu Secret Zoo . Wuihhh, asik banget disana . Keren" banget dan dikemas biar nggak ngebosenin . Banyak wahana" juga yang udah termasuk fasilitas dari BSZ nya sendiri . KEREEENNNN .

Tiket masuk Rp.70.000 untuk seluruh fasilitas di Jawa Timur Park menurut gw amat sangat MURAH . Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan bisa liat Hotel Pohon Inn yang unik banget .

Kalo Secret Zoo berisi satwa" hidup dari berbagai penjuru duni, Museum Satwa mengabadikan banyak hewan" yang nyaris punah, bahkan sudah punah berabad" lalu dalam bentuk patung . Kita bisa blajar dan mengetahui banyak jenis binatang dari museum ini . Jajanan cuma beli maichin aja 25ribu sama fruit tea sebotol 8ribu .

Biatnya si Armula sih pengen pake E-bike *yakaliii* . Tapi pas liat ada kakek" ngendarain e bike sama cucunya, wah GENGSI BOOOOOO :voodoo:

Tapi alhamdulillah udah keliling Secret Zoo dan Museum Satwa . Jam 12 siang Dhani, Om dan Tante memisahkan diri dari rombongan karna pesawat kembali ke daerah mereka take off jam 2.45 . Berkurang lagi deh ubur"nyaa .

Sisa 7 ubur" dalam rombongan . Keluar dari wilayah Jatim Park, mampir dulu di toko oleh" pinggir jalan . Disitu gw beli Minuman Apel khas malang 2 kardus, masing" seharga 27ribu, sama camilan keripik buah yang udah dikemas 1plastik isi banyak seharga 25ribu . Gw bli 3 plastik . Dan si Ade, sahabatku itu ribut banget pengen Bakso President, padahal dia pulangnya sendiri naik kereta eksekutif yang jam 3 . Udah jam 2 ini yah ampuuunn :capek:

Pak Pilot mulai ngebut dari wilayah Batu menuju Bakso President di dekat stasiun Kota Lama . Lokasi Bakso President ini berada di samping rel kereta lho, jadi kl mau ksitu kudu nyebrangin rel . Ati" ini rel kereta aktif, jadi banyak kereta yang lewat .

Kami sih asik" aja karna kereta masih 1 stengah jam lagi . Tapi si Ade itu ckckck . Ngotot banget pengen nyicipin Bakso President . Hafidz antara pengen memuaskan hasrat mie ayam 3500 sama penasaran dengan rasa bakso legendaris malang ini . Haha, nyerah deh sama abang mie ayam . Kapan" kudu balik lagi ke Malang deh yha fiz .

Akhirnya ade mbungkus tuh Bakso President, dan dianter sama Pak Pilot ke stasiun dengan amat sangat buru-buru . Yang lain mesen dan makan di tempat :love: :love: enaaakkk .

Gw sendiri mesen Paket Komplit yang isinya ada Bakso Urat, bakso" kecil, mie putih sama bakso yang ada tepung"nya gitu, dengan harga per porsi 25ribu . Ada juga bakso bakar per tusuk isinya 3, seharga 10ribu, ini enak nih pas panas" gitu makannya . Sama Es tea 3ribu rupiah aja .

Sangking keasikan makan Bakso, ternyata dah jam 3.40 WALAAAH ! Ngebut lagi lah si Pak pilot ke stasiun . Pas banget timingnya . Turun, cek tiket, langsung masuk kereta dan brangkaattt . Untung gw gajadi beli jus . Hahahha apakabar kl brenti beli jus dulu .

Perjalanan pulang dalam kereta ekonomi Matarmaja ke Jakarta ini penuh banget perjuangan . WHY? Karna entah darimana banyak bangeeettt kecoa . Gw pikir di seat gw doang . Ternyata di tempat temen" yang lain juga hahahha .

Kereta sampai di Jakarta Rabu jam stengah 10 siang . Terlambat banget karna sempet ada masalah teknis pas di stasiun Madiun . Gw pun yg rencana turun di Semarang batal karna Stasiun Poncol ditutup . Atas saran ilegal para ubur", gw disuruh tetep diem di kereta sampe jakarta . Daripada mesti turun di stasiun solo . Makin jauuuhh . Haduh penumpang ilegal nih gw jadinya . Maaf yhaa Bapak Masinis :kecewa:

Wahh, walaupun banyak kendala dan tempat" yang harusnya dikunjungi tapi batal, trip kali ini nano" banget buat gw :D Dan bener" nambah pengalaman + saudara baru .

Special thanks yhaa :

1. Mas pacar, Alex . Yang setia banget nemenin nge trip dan nurutin mau kmana"nya gw disana .

2. Ade, sahabat yang emang dari awal minta gw ngadain trip ini .

3. Mbak Irma, temen cewek yang nemenin itung"an slama disana hahahaha already miss you mbaakk :*

4. Om, Tante, Dhani, yang well done bangeet . Kl gaada om tante, agak terdampar dari makanan layak kayaknya pas di sempu kmaren . And thankyou banget dhaan sabar" nungguin gw pas tracking :glasses:

5. Hafidz, next kita ksana lagi dan mantengin Mie Ayam 3500 yha bhahhaaa .

6. Armula - Akang Dhana dan Chandra yang udah solid dan kompak banget dengan +- trip ini . Terimakasih banget buat saran" dan dukungannyaa .

6. Trims buat Backpacker Indonesia yang udah mempertemukan para ubur" yang terdampar .

Next trip smoga tim ubur" bisa barengan lagiiii :akhirnya:

All cost pengeluaran gw slama di Malang ini, udah ++ sama oleh-oleh dan makanan sekitar Rp. 975.000 untuk 6hari 5 malam . 2 malemnya juga di kereta sih :nikmat:

Bisa jauh lebih hemat lagi kalo ga banyak jajan macem gw ahahhaa . Lebih banyak orang mungkin juga jadi lebih hemat, tapi kalo pake 1 mobil kayak trip gw, yha mentok ber 14 sama babah supir .

That's it . Semogaaa bermanfaat yah cerita dari gw . Hehehhe .

Happy travel, dan salam ranseeellll :bye:

vhyaavhy
vhyaavhy Sr.
pd. 13 Feb. 2014, 12.22

:keren: mari kita ksana lagi dan lo nungguin gw lagi dhan di tracking ahahhaha .

ncelncel Newbie
pd. 12 Feb. 2014, 10.03

mbak, ini disini ada jatim park mbak. kok di trip yg mbak bikin buat nanti maret ko ngga ada mbak? aku mau yang kayak gini mbak nih, kayaknya seru. trus boleh bawa orang buat masak jg mbak kayak tante sama om itu? itu makanan jajannya sendiri2 apa udah sharing sblmnya?

hehe maaf banyak nanya mbak, pengen liburan ke malang dan nyoba trip sendiri. minta petunjuknya ya mbak. pengen ikutan dan seneng2 jg kayak cerita mbaknya.

dhaniBinturong Newbie
pd. 10 Feb. 2014, 14.29

wih asik juga yah itu perjalanan nya haha :stres:

mcaturnugraha Sr.
pd. 9 Feb. 2014, 11.16

ceritanya seru, ngingetin masa2 kuliah dulu yang suka petualang ke tempat2 tersebut

Pilihan bijak untuk tidak memaksakan diri trekking dimalam hari di Pulau Sempu menuju Segara Anakan, pengalaman waktu itu coba trekking eh malah nyasar (maklum masih mahasiswa yang suka nekat2).