Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

siap siap menjajal trek gunung guntur garut 5-7 feb 2016

great adventure
great adventure, pada 16 Nov. 2015, 11.23
di Blog

Great Trip !!! Great Adventure !!!
Salam lestari kawan adventure, kalau kita mendengar kata Semeru pikiran kita sering teringat pada film 5 CM yang cukup fenomenal di kalangan pecandu ketinggian. Sebagaimana kita tahu jalur pendakian menuju mahameru merupakan jalur pendakian yang cukup berbahaya karena harus melewati jalur tanjakan yang cukup ekstrim, berpasir dan berbatu yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan jiwa pendaki. Butuh ketahanan fisik, konsentrasi tinggi dan nyali baja untuk menjejakkan kaki di puncak Mahameru.
Namun kawan adventure, kali ini saya tidak akan membahas tentang Semeru yang berada di Malang - Jawa Timur, akan tetapi kami akan mengajak kawan adventure menjelajah gunung yang memiliki kemiripan dengan tanjakan menuju mahameru, yaitu Gunung Guntur yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tidak seperti Semeru, Gunung Guntur termasuk gunung yang tidak begitu tinggi, yakni hanya 2249 mdpl, maka kadang kawan adventure ada yang menyebut gunung ini dengan sebutan “si pendek yang nyebelin”.
Percaya ga tuh? Mau buktiin ayo bareng ke sana dalam agenda pendakian Guntur. Update terus infonya di sini ya.
Gunung Guntur apa banyak petir di Gunung nya???
Mendengar kata Guntur mungkin pikiran awal adalah sebuah istilah tentang kilat atau petir yang menyambar dengan suara yang menggelegar. Memang gunung ini pernah di hebohkan dengan kecelakaan pendaki gunung yang terkena petir di puncak bayangan pada tahun 2014 lalu. Namun nama Guntur tentunya bukan karena alasan itu, Gunung Guntur pernah berpredikat sebagai gunung berapi paling aktif di Pulau Jawa pada kurun waktu 1800-an, dan masih aktif normal hingga saat ini. Gunung Guntur yang memiliki ketinggian 2249 mdpl ini juga memiliki sejuta pesona yang akan membuat siapa pun yang mengunjunginya berdecak kagum akan keindahannya. Gunung ini pertama didaki oleh pendaki berkebangsaan prusia – Jerman, Frans Junghun pada tahun 1837. Pada saat itu Junghun memasukkan gunung ini pada golongan gunung – gunung api paling aktif di Jawa. Gunung ini memiliki dua sumber mata air, yaitu sumber air panas yang mengalir ke Cipanas yang kemudian dimanfaatkan sebagai wisata pemandian Cipanas, dan yang satu lagi sumber air dingin yang mengalir ke aliran Curug Citiis.
Gunung Guntur berada di wilayah kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut yang berjarak 7 kilometer dari Garut Kota. Gunung Guntur ini adalah gunung aktif vulkanik, yang memiliki kemiripan trek dan jalur serupa dengan jalur menuju puncak Semeru atau Mahameru, pasir berbatu, savana dan tanjakan yang memiliki kemiringan yang sangat curam merupakan sajian utama yang menghiasi jalur track pendakian ini. Keindahan yang memukau dan mempunyai kawah yang berada di sekitar puncaknya. Dari puncaknya terlihat di hamparan Kota Garut nan indah dari kejauhan. Apalagi pada malam hari yang cerah seolah tebaran bintang bukan hanya ada di angkasa, namun juga berjatuhan menempel di hamparan Kota Garut . Gunung Guntur ini mempunyai beberapa puncak, yakni puncak bayangan puncak pertama, puncak kedua dan puncak tiga sebagai puncak tertinggi.
Dalam lingkungan hutan gunung guntur terdapat lembah lembah, air terjun, sungai-sungai berair jernih dan kawah di puncaknya. Karena karakteristiknya yang unik Gunung Guntur sering dijadikan tempat naik gunung bagi para penggiat alam terbuka, tempat berkemah dan hiking para pandu atau pramuka.

Letak & Rute Perjalanan Menuju Guntur
Posisi dan letak Gunung Guntur menurut GPS berada pada Koordinat : 7 10′ 47″ S, 107 51′ 47″ E. Dan berada pada wilayah administratip Kecamatan tarogong kaler, Kabupaten Garut. Untuk mencapai lokasi Gunung Guntur anda mencapainya dari arah kota Garut yaitu dari terminal Guntur yang berjarak 5 kilometer. Dari terminal Guntur ini Anda bisa menggunakan angkot atau dengan angkutan tradisonal atau angkutan carteran dengan Tujuan Cipanas. Transportasi ini hanya ada dan beroperasi mulai pagi jam 5 sampai jam 7 malam.
Pendakian ke puncak/kawahnya dapat dilakukan dari Kampung Citiis sebelah selatan Gunung Guntur, dengan waktu tempuh 3 – 4 jam. Untuk menuju Kampung Citiis bisa dilakukan dari Kota Garut (3 km) dengan menggunakan kendaraan roda 4 (empat).
Keterangan Umum
Nama : G. Guntur
Nama Lain : Gunung Gede
Nama Kawah : Kawah Guntur
Tipe Gunungapi : Strato


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com