CARI TEMAN, LADAKH INDIA, 25 MAR-1 APR 2016

di Cari teman jalan

Start: 24 Maret 2016, 17.00

Hallo teman-teman,
Saya cari teman untuk traveling ke Ladakh, Kashmir tanggal 25 Maret – 1 April 2016.
Ini adalah trip saya ke India kedua kalinya, karena sebelumnya gak kesampean ke Ladakh akhirnya kali ini bener-bener diniatin balik lagi saking ga tenangnya kebawa mimpi tiap malem.

Bagi yang masih asing dengan Ladakh:
Ladakh dengan ibukotanya Leh adalah daerah semi-otonom di negara bagian paling utara India, Jammu dan Kashmir, berbatasan langsung dengan Pakistan dan China. Terletak di lingkaran pegunungan Himalaya dan melewati empat musim dalam setahun. Posisinya di ketinggian gugusan pegunungan Himalaya membuat kontur wilayah ini penuh dengan dataran tinggi berbukit-bukit, banyak lembah yang misterius. Pokoknya siapin memori kamera kalian untuk momotret kemegahan dan kedramatisannya.

Tiket sudah saya beli dengan biaya pesawat IDR 5.2 (diluar feeder JKT-KL-JKT bisa cari sendiri karena sering promo)
Detail itinerary sebagai berikut:
Day 1
25 Maret 2016 : JKT – Kuala Lumpur – New Delhi (by Air Asia)
Berangkat pagi dari Jakarta, lalu transit di Kuala Lumpur menunggu penerbangan ke New Delhi pukul 19:00 dan akan sampai di New Delhi 22:00 waktu setempat. Sampai Indira Gandhi International Airport langsung pesan pre-paid taxi di counter bandara (biar aman) menuju hotel sekitar bandara (banyak pilihan hotel radius 10 menit perjalanan)
Day 2
26 Maret 2016 : New Delhi – Leh / Ladakh (by Jet Airways).
Dari hotel jam 05:00 pagi naik taxi dari hotel menuju bandara pesawat jam 06:25.
Sampe Leh sekitar pukul 08:00 cari taxi menuju hotel. Hari ini adalah jadwal aklimatiasi, yaitu proses penyesuaian tubuh terhadap ketinggian, karena kita langsung berada di dataran tinggi Himalaya. Jadi tipsnya ga boleh banyak gerak, istirahat seharian kalo gak mau kena AMS (accute mountain sickness).
Selagi nunggu istirahat bisa minta bantuan pihak hotel untuk urus border permit sebelum jam 15:00 supaya besoknya kita bisa jalan-jalan ke perbatasan/keluar kota Leh
Day 3
27 Meret 2016: Rencananya kita akan sewa mobil/shared taxi dari hotel atau travel agent setempat sekitar hotel untuk menuju hall of fame (Indian Army Museum), Likir Monastery, dan Magnetic Hill, Alchi Monastery
Day 4
28 Maret 2016: Hari ini kita cek out dari hotel di Leh. Kita sudah harus siap jam 8 untuk menuju Nubra Valley gurun pasir dengan unta-unta gondrong khas dataran tinggi. Untuk menuju Nubra Valley kita akan melewati Khardung La Pass yaitu jalan raya bermotor tertinggi di dunia dengan tinggi sekitar 18.000 feet. Target sampai Nubra Valley adalah sore hari sekitar jam 15.00 agar beratraksi bisa naik unta gurun tinggi sebelum ber camping di Nubra Valley. Camping yg dimaksud cukup mewah kok. Gambarnya bisa dilihat.
Day 5
29 Maret 2016: Pagi ini kita bisa menikmati pemandangan sekitar Nubra Valley, sarapan, lalu kembali ke kota Leh hotel di awal kita menginap.
Day 6
30 Maret 2016: Hari ini kita harus sudah ready berangkat pukul 7.00 untuk menuju Pangong Tso/Lake. Tempat syuting film 3 idiot. Danau air asin indah di atas gunung (nah heran kan gimana bisa ada air asin di ketinggian 14.000 feet). Sekali lagi kita akan melewati jalan raya tertinggi kali ini kedua di bawah Khardung La Pass sebelumnya. Tetep aja harus siapin diri jaga-jaga kalau sesek napas susah oksigen. So, irit-iritlah bergerak.
Pangong Tso Ini adalah tujuan utama kita di Ladakh. Kecantikannya sudah mendunia di kalangan travelers.
Day 7
31 Maret 2016: Hari terakhir di Ladakh kita akan sedikit leyeh-leyeh bangun agak siang setelah kemarin-kemarin bangun pagi terus. Hari ini rencana kita ke Kuil Hemis Monastery atau thiksey monastery dua kuil budha terbesar di Leh. Kuil ini disebut sebagai mini Potala di Tibet karena memang arsitekturnya yang serupa. (Bagi yang susah kesampean ke Tibet bisa sedikit terobati lah). Setelah itu gak lupa belanja-belanja di Leh Market. Masa pulang dari Himalaya cuma bawa foto doang?!
Day 8
1 April 2016: Saatnya mengucapkan selamat tinggal pada Ladakh dan kembali ke Delhi. Pesawat sudah book by Jet Airways jam 07:55.
Sampai di Delhi sekitar 09:20. Titip tas di bandara di deposit counter (berbayar tentuny) lalu ke counter prepaid taxi untuk explore kota Delhi. Atau bisa juga sewa Bajaj kalo mau lebih leluasa bermanuver di tengah semerawutnya kota Delhi.
Kembali ke bandara sekitar jam 21:00 untuk cek in Air Asia tujuan Delhi-Kuala Lumpur untuk pulang.
Kira kira itu detail itinerary saya untuk trip Ladakh, India ini. Saya cari temen yang sejiwa seperjalanan. Kita bisa urus VISA bareng ke kedubes India di Jakarta atau eVISA melalui website keduataannya. Untuk budgetnya (Tiket, Hotel, Transport) kisaran IDR 8-9 juta.
Silahkan jika ada yang berminat bisa PM yes!
Thank you

abeyuret
abeyuret Newbie
pd. 12 Feb. 2016, 8.33

yah gan coba berangkat mei bisa barengan kita haha