Trending

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

butuh tips2x ni dari agan yg dah pengalaman ..backpack ke bromo musim hujan gini

4diet, pada 16 Jan. 2013, 3.26
di Tanya & Jawab

rencananya saya dan 5 orang teman saya lainnya mau ke bromo tgl 1-3 februari'13

semuanya belum pernah ada yg ke sana (newbie)...need help, kira2 apa aja yg perlu kita siapin.mksh

Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

4diet Pro.
pd. 5 Feb. 2013, 8.00

alhamdulilah akhirnya terlaksana juga rencana kita ke bromo

dengan jumlah peserta 9 orang

meeting point di Bogor

tanggal 01 februari 2013
karena kita dari bogor semua, jadi kita memutuskan kumpul di stasiun bogor jam 09.00 wib. lalu kami melnjutkan perjalan ke st.senen jam 10 dan turun di st.kemayoran (soalnya kereta api bogor-jatinegara gak berenti di st.senen) dari st.kemayoran kita jalan ke st.senen (and kitamampir untuk shalat jumat dulu). sesampainya di st.senen kita pun menukarkan tiket kereta (maklum belinya online via mini market). rencana keberangkatan kereta pukul 14.10, tapi sayang agak ngaret keberangkatannya, jadinya kita berangkat pukul 14.30 wib dari st.senen ke malang

tanggal 02 februari 2013
akhirnya kita tiba di st.malang pukul 08.00 wib lewat dikit (sesuai dengan jadual di tiket)...lalu kami melanjutkan perjalanan ke gunung bromo dengan rencana awal, kami naik angkot AMG ke arjosari, lalu dilanjut naek bis AKAP ke Probolinggo lalu dari Probolinggo naek Bison ke cemoro lawang.tapi di tengah jalan ketika kami naik angkot AMG, kami ditawari supirnya untuk menggunaan jasanya sampai di cemoro lawang (mas salim), yasud setelah kami berdiskusi dan dengan harga yang ditawarkannya juga tidak jauh dari perkiraan kami, kami terima tawarannya, dan kami pun lanjut ke cemoro lawang menggunakan angkot AMG (mantapp).
kami tiba di cemoro lawang pukul 2 siang, ini berarti perjalanan dari st.senen ke cemoro lawang pas 24 jam. kami langsung disambut dengan keindahan gunung bromo :) subhanallah luarrr biasa :)

berhubung kami belum dapat tempat menginap, kami lalu mencari rumah penduduk sekitar untuk menginap...alhamdulillah kami diberi kemudahan lagi, kami dapat rumah dengan 2 kamar dan 4 tempat tidur yang besar + kamar mandi di dalam rumah, setelah nego yang cukup alot, akhirnya kami pun sepakat dari 500rb menjadi 300rb, lmyanlah untuk kami yg tidak jago nawar sih hehehe.

rumah sudah dapat, gunung bromo sudah di depan mata, tinggal cari mobil jeep yang bisa mengantar kami ke tempat tujuan,tapi sayang setelah tanya kiri-kanan ternyata harganya lumyan dan susah bangets buat di negonya (maklum lagi weekend)..dan pada akhirnya kami pun memutuskan untuk tidak menyewa jeep...looohhhhh, tapi kami berjalan kaki menuju gunung bromo dan pananjakan (mantap kan hehehe).

jam 4 sore akhirnya kami pun berjalan kaki, dari lokasi penginapan sampai gunung bromo dan pananjakan, ternyata waktu yang dibutuhkan hanya 1 jam (PP berarti 2 jam) dari lokasi penginapan sampai dengan gunung bromo dan pananjakan (perkiraan kami 1,5 jam.PP 3 jam). dan tidak lupa sisi narsisme kami pun mulai akut..yup..foto-foto selama perjalanan, apalagi kami disampbut oleh pelangi mantap hahaha.

setelah waktu mennjukan jam 6 sore dan langit pun sudah tidak terlalu bersahabat (sudah mulai hujan), akhirnya kami memutuskan untuk pulang..walhasil kami pun kehujanan selama perjalanan pulang, tapi alhamdulilah lagi, ketika di tengah perjalan pulang kami bertemu dengan mobil patroli polisi,dan kami pun diajak untuk naik mobil tersebut mantapp lagi haha.

tanggal 03 februari 2013
belum lengkap rasanya ke bromo tanpa melihat sunrise yup...hal terakhir yang kami lakukan adalah menikmati sunrise di bromo..tapi kami tidak ke pananjakan untuk melihat keindahan tersebut...melainkan dari tempat alternatif (lupa namanya, yang pasti dekat tempat orang2 kemping )
dan narsisme akut kami pun berlanjut, apalagi melihat lautan kabut yang menutupi padang pasir..uindahhnyooo...mantap..mantap :)

setelah proses narsisme akut kami selesai..kami memutuskan untuk kembali ke penginapan (sebelumnya udah pesan nasgor wat sarapan pagi).
dan jam 8 pagi, kamipun kembali turun menuju st.malang (takut macet, soalnya hari minggu)

perincian awal dana yang harus kami keluarkan adalah 300rb untuk transport dan tempat penginapan saja....tapi ternyata kami bisa lebih hemat dari itu dana sebesar 300rb, kami gunakan untuk transport,penginapan,makan malam dan sarapan pagi...dengan rincian sbg:

tiket kereta bogor - st.senen Rp.9000 (untuk pulang ke bogor, bisa menggunakan tiket pulang malang-senen, jadi gk perlu beli tiket ke bogor lagi)
tiket kereta st.senen - malang PP Rp.105.600 (karena via online beli tiketnya)
kendaraan malang - cemoro lawang Rp. 100.000
makan malam Rp. 7000
sarapan pagi Rp. 5000
makan sebelum pulang Rp. 14000
penginapan Rp. 34000

jadi total biaya yang perlu kami keluarkan selama perjalanan tanpa snack pribadi adalah Rp. 274.600 masih lebih sekitar 26000 lagi dari perkiraan budget awal kami..hemat kan :)