Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Apa Yang Perlu kamu Ketahui tentang Balabalagan (Kepulauan Bala-balakang)

Norma Yunita
Norma Yunita, pada 11 Mei 2016, 16.06
di Blog

Balabalagan adalah gugusan kepulauan yang terletak di Selat Makassar. masih termasuk dalam lanjutan dasar benua Pulau Kalimantan. terletak di perairan dangkal selat makassar antara pesisir Kalimantan Timur dan Palung Sulawesi.
Sebenarnya nama asli Balabalagan adalah Kepulauan Bala-balakang. namun karena salah pemahaman antara pengucapan dan penulisan sejak tahun 2012, hingga sebutan Balabalagan lebih terkenal karena mudah diucapkan oleh para pendatang.
Berdasarkan Wikipedia, Kepulauan Bala-balakang terdiri dari 14 pulau. berdasarkan pengalaman saya sebagai Explorer & Blogger Traveller, ada banyak gusung dan pulau yang sudah saya jelajahi dari rentang waktu 2013 hingga 2015 dalam 11 kali perjalanan ke Balabalagan. ada 16 Pulau Bernama dan 3 diantaranya belum saya jelajahi. 9 Pulau berpenduduk dan 6 pulau tidak berpenduduk. ada 10 gusung yang bernama yang saya tahu, selebihnya masih banyak gusung tak bernama yang tersebar di seluruh perairan Balabalagan yang belum pernah di dokumentasikan potensi bawah lautnya.
Dari Kepulauan Balabalagan, Pulau paling utara adalah Pulau Sabakattang yang paling dekat dicapai dari arah Balikpapan atau Penajam. Gusung paling utara adalah Gusung Karang Sauh. Pulau paling barat adalah Pulau Durian dan Gusung Tandu yang paling dekat dicapai dari pesisir Tana Grogot yaitu Desa Lori dan Tanjung Aru. Pulau paling Timur adalah Pulau Ambo yang berbatasan langsung dengan Palung sulawesi. Gusung paling Selatan adalah Gusung Lawe-lawe yang sangat dekat dengan perbatasan perairan Kalimantan Selatan.
Bagaimana menuju ke Balabalagan?
Ada 6 start point untuk menuju Balabalagan yaitu dari Kampung Baru dan Manggar Balikpapan, Penajam, Desa Lori Tana Grogot, Desa Tanjung Aru Tana Grogot dan Mamuju Sulawesi Barat.
Ada 3 cara untuk menuju Balabalagan yaitu menumpang kapal nelayan (hitchiker), menyewa kapal nelayan (backpacker) dan mengikuti Open Trip dari Organizer Trip wisata Balabalagan (traveller & flashpacker).

Apa keterbatasan yang akan dihadapi wisatawan yang berwisata di Balabalagan?

#1.perjalanan cukup melelahkan.
Untuk menyeberangi selat Makassar menuju kepulauan Balabalagan. seringnya ombak besar cukup memperlambat perjalanan. Kemampuan Nakhoda juga harus diperhatikan jika tidak ingin tersasar. Nakhoda harus cakap&mengetahui; nama pulau,gusung dan letak terumbu karang yg bagus. Lama perjalanan menyeberangi selat Makassar via pesisir Balikpapan kurang-lebih 8 jam (rekor tercepatnya) hingga 15 jam untuk sampai ke pulau terluar kepulauan Balabalagan (Pulau Sabakattang atau Pulau Popongan). Sedangkan dari Desa Lori perjalanan memerlukan waktu berangkatnya kurang-lebih 5-8 jam menuju Pulau Saboyang jika ombak kurang bersahabat menjadi lebih lama. tetapi perjalanan pulang, waktu perjalanan lebih singkat antara 5-6 jam.
#2. Akses air tawar.
Tidak semua pulau memiliki cadangan air tawar. Pulau Saboyang memiliki banyak sumur air tawar. kalo di pulau lainnya kebanyakan menampung air hujan & destilasi air laut menjadi air tawar(filter). untuk mandi, biasakanlah mandiri utk mandi di sumur atau mengangkat sendiri ke kamar mandi/wc. toh kita boleh minta air warga tanpa dipungut biaya, jika ingin eksklusive, minta tuan rumah menyalakan mesin genset tenaga solar utk menyalakan mesin alkon supaya ga perlu angkat air.
#3. Keterbatasan listrik.
Di pulau tidak ada pembangkit listrik. cuma mengandalkan mesin lampu genset yg bertenaga solar. tegangan listriknya juga naik turun. rata2 penduduk cuma menyalakan listrik dari jam 6 sore hingga jam 10 malam.
#4. Makanan & Minuman.
Namanya juga pulau terpencil. ikan sih banyak. jangan coba cari sayur apalagi ayam potong. langka!!!makanan yg dijual di warung cuma jajanan, makanan ringan, mie instan yg di rebus/ di goreng, telor, kopi, teh, es setrup/kelapa. kecuali ikut tourtrip, makanan kan udah diatur oleh organizer trip. kalo dirikan tenda bearti mesti bawa peralatan masak & bahan konsumsi yg tahan lama&ga; perlu kulkas.
#5. Tidak ada sinyal operator.
sinyal HP cuma ada di Pulau Sabakattang, yg posisinya paling utara di Kepulauan Balabalakang. sebelumnya ada fasilitas telpon satelit, namun karena maraknya aksi terorisme, sehingga Pemerintah RI membekukan pelayanan telpon satelit.

Kelebihan Kepulauan Balabalagan :

Subhanallah...!!!pokoknya Indah baik daratan maupun lautannya. pulau, gusung, terumbu karangnya, semua indah. setaraf Derawan bahkan kalian bisa menemukan keindahan yg tidak bisa di temukan ditempat lain. meskipun dlm perjalanan menuju Kepulauan Balabalagan, sangat melelahkan, saat kalian bertanya-tanya,apakah setimpal?! cukup tau aja deh, begitu sampai di Kepulauan Balabalagan.

Siapa yang bisa di hubungi untuk ke Balabalagan?

Jika ingin bergabung, silahkan langsung menghubungi contact person BIOTO a.k.a Edelweiss Blogger add PIN BBm D33F4045 / MpoB1OTO. jumlah peserta Trip minimum 15 orang ditambah 2 orang Guide berpengalaman. yang ingin membuat Trip Tujuan Khusus dengan Guide BIOTO, kami bersedia menerimanya. kami mengutamakan kenyamanan peserta yang akan kami bawa. trip kami exclusive bukan trip massal yang membawa peserta sebanyak-banyaknya hingga melebihi kapasitas maksimal kapal.
untuk info terlengkap mengenai keadaan Kepulauan Balabalakang silahkan klik link blog saya ~> http://edelweisme.blogspot.co.id/2014/04/rute-petualangan-menuju-kepulauan.html


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com