Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Trip Lampung Jogjakarta murah meriah

miamaza
miamaza, pada 10 Juli 2016, 10.14
di Blog

Lampung ke Jogjakarta

Okay. Jogjakarta adalah satu2nya tempat yang ingin aku datangi lagi dari waktu aku pertama kali ke jogja, waktu itu 3 smp. Menurut aku jogja dulu tempat yang so sweetnya pake banget, kenapaa? Karena waktu aku ke jogja dulu itu ramean sama anak2 smp, ceritanya study tour, namanya anak smp ya, udah mulai cimon (read: cinta monyet), nah di sinilah so sweetnya, ada gebetan yang juga ikut jadi perjalananny so sweet bgt. Maka dari ituu saya pengen bgt pergi lagi kejogja.
Pergi ke jogja kali ini, ga pake drama nangis2 depan orang tua ga pake janji2 bakalan rangking kalau dibolehin ikutan. Karena pergi nya tanpa izin org tua. Ya ampun jgn ditiru ya. Aku pergi kejogja sama tmen2. Yakalii refreshing boleh yaa, ga dosa kan ya. Setelah bersemester2 kuliah tanpa refreshing, aku putusin beli tiket, motivasi sih jatohnya, pergi ga pergi beli aja tiketnya. Harganya murah banget Rp.50.000/agustus 2014 yah. Kalau 2015 terakhir aku cek masih 50.000/maret. Jadi buruan yang pgen backpackeran. Nah, tiket udah ditangan tapi apalah daya jadwal kuliah ga tetap, udah putus asa. Besoknya ada pengumuman libur langsung cus, nah ada lagi masalah, ada slek (berantem) sama temen yang mau di ajak ke jogka, namanya cewe gensi nya tinggi buat minta maaf, jadi pas malemnya muter otak bangetbanget gimana biar bisa jadiii. Akhirnya tuhan berkehendak sama, hhe kita berangkat! Kebanyakan curhat ya
Langsung aja aku kasih review nya + harga.
Day 1 :
♡ Karena saya dari lampung. Jadi berangkatnya dari lampung hhe #edisi cak lontong. Ala2 backpackeran kita berangkat jadi putuskan naik bis puspa jaya dari terminal rajabasa ke pelabuhan bakauheni harga tiket bus 1 orangnya 25.000, nah kendalanya waktu, tiket kereta api jam 23.30 wib berangkat di stasiun pasar senen jakarta, saya berangkat dari rumah jam 8 pagi dan itu bus ngetem atau nunggu penumpangnya sampe penuh dan sampe ada yang sesak nafas ada yang ga kuat lagi terjun keluar bis ada yang menangis ala ala drama, dan buruknya lagi jam 8 pagi itu cuma aku dan teman2 sekalian dalam artian bus kosong melompong *krikkkriikk. Setelah sekian lamaaa~ aku menunggu~ untuk kedatangan penumpang~ dan membeli semua jajanan yang dijual dalam bis, akhirnya bus berangkat jam 10 pagi. (Tips : mau hemat kurangi jajan, percayalah)
♡akhirnya bis sampai di pelabuhan sekitar jam 12-1 siang, di pelabuhan kita tergoda dengan warung nasi padang, dan beli seporsi nasi rendang masing2, tapi pas dibayar ada yang membuat kami merinding, melihat kenyataan harganya diluar logika, oh oke. Lalu kami membeli minuman di alfamart, ternyata eh ternyata tangan gatel banget ngambil banyak cemilan, dan benar saja, benar sekali andaa...#silahkanimajinasikan. Ada lagi cerita pas masuk ke pelabuhan bakauheni ada razia narkoba gituu dari pak polisi, bisnya disetopin wah Drama nih! Drama!, masuklah pak polisinya, dan memeriksa semua orang, anehnya kenapa kita engga gitu, kenapaaaaaaa? Whaaaaaaayyyyyy!?? Udah diperiksa semua, ternyata bersih ga ad narkoba di bis. Bangga banget sama kalian temen2 sebis kota :*

♡harga tiket kapal ga mahal, 13.000 saja, masuk ke vip biar bisa guling gulingan 15.000, eits kali ini ga pake jajan popmi mijon, udah ada bekal yang lebih menarik hhiw. Nasi padang harga bintang 5 dan banyak cemilan. Kapal sampai di pelabuhan merak jam 3-4 sore. Nah ini ada lagi drama, karena baru pertama kali, jadi kitanya nanya2 kan ya katanya malu bertanya sesat dijalan, tapi pepatah ini ga berlaku di stasiun merak, karena skali nanya semua preman datang, nyuruh naik bisnya. Pusing palak barbie, ga takut cuma pusing, darah sumatra brayy! Akhirnya naik juga di bis (tips: hindari nanya ke orang tidak dikenal, kecuali yang berseragam, ya jangan seragan Sd, yang agak paham gtu ya, atau bener2 cari tau bis apa langsung naik.)
♡ harga bis 25.000 bis arimbi kalau ga salah namanya, turunnya di honda, wah di bis lama banget cyiiiinnn, udah putus asa, udah bawaanya melow di bis, ga nyampe2, jam 7, jam 8, jam 9 ga sampe2, jam 10 lebih sangat sedikit, mba udah dihonda. Apaaaaaaaaaaaa? Alofyu babang! Hati berbunga2 ternyata udah sampe. Tapi ternyataaaaa, masih harus naik ojek ke stasiunnya, untungnya aja sbentar, ojek 25.000. Sampe deh di stasiun, nah di pinggir stasiun banyak banget jajanan soto, ketoprak, banyak lah ada juga yang jualan hape berceceran, makan dong :p, masa engga hahaha, abis 15 rb nasi sotonya, di stasiun nemu mini market lagi, racun! Racun!. Jajan deh. Karena kebanyakan jajan, pengen pipis, o em ji, bau pesing wc yang portable haha wc diluar, ampun banget. Kepaksaaaa :( namanya wc umum ya (tips: sembari nunggu kereta, bisa bobo2an di mushola)
♡ kereta pun berjalan. Review keretanya ga ada yang berjualan, tertib, ac, nyaman, bersih, tapi kursinya duduk tegak banget, pinggang rasa mau patah, harga tiket 50rb harus pesen jauh-jauh hari banget ga perlu dikasih tau jawabanyya kaaan. Closed day! 1 hari untuk perjalanan.
Total biaya exclude makan dan jajan : 153.000, kalau naik bis sekitar 250-300.
Day 2 :
♡ sampai di stasiun lempuyangan jogjakarta, task 1, menelefon rental motor, akhirnya rental motornya bner2 recomended banget2, tepat waktu ga bikin kita nunggu, tau kali lagi cape ya, motornya scoopy, helm lengkap, stnk, jas hujan, dengan syarat 3 tanda pengenal asli, ktp/ktm/atm terserah sing penting asli, no tipu2 no afgan no rossa. Harga sewa motor/hari 50.000, bensin full, puas banget dah men pkoknya. Andies rental motor jogja namanya ada no hp nya 0878x3979s3900. Pkoknya the best banget.
♡ jalan2 naik motor keliling jogja, ada satu yang lupa, mau bobo dimana? Jadi jalan2 sambil nyari penginapan, ke jalan sostrowijayan yang katanya kampung turis dan harganya murmer, ternyata kesana harganya di atas 150 hiks men, yaudah. Udah lelah banget bang, tapi karena yang kipas angin dan ac beda cuma 25 rb, jadi kita plih yang ac aja 175 penginapan mentari namanya, lengkap lah dan nyaman. Bner2 surgaaaaa. Tdur bentar ngelurusin badan, udah gitu siap2 lagi pergi.
♡ di penginapan dikasih peta, jadi ga bakal nyasar, nah ada yang lucu di lorong pnginapan mtor ga boleh diidupin, jadinya kaya dorong motor mogok sampe ke penginapan, itung2 pemanasan sebelum jalan2. Tempat pertama yang mau didatangi yaitu malioboro, kita makan soto daging dan sop durian

disana 9000an. Sambil makan sambil mikir mau kemana akhirnya kita ke candi prambanan, dan kita berangkat udah sore, karena kelamaan ngelurusin badan, jadinya fto2 di candi harus supercepat karena tutupnya jam 5 dan itu jam 4, dari malioboro ke prambanan sekitar 30-40 menitan karena muter2, nah, di prambanan kita wajib bayar 30.000/orang.

Ternyata luas sekali, dan indah banget, udah puas, kita kepasarnya eh udah pada tutup yaudah kita pulang. Pas kita ke parkiran motor ternyata motornya ga ada! Apaaaaaa?! Panik kan?, tapi tenang ga ilang, ternyata parkirnya banyak bgt tempatnya, kita salah tempat, dan dari ujung ke ujung kita telusuri akhirnya ketemu, olahraga sore cyin yah. Pulang, banyak banget demi apapun makanan yang kita lewati, mereka semua manggilin aku. Kantong udh menipis bayar motor dan penginapan langsung. Ga jajan, malemnya keluar lagi, kita ke alun alun, makan wedang ronde, kaya wedang jahe, kaya sekuteng, gatau apa bedanya, sama nasi kucing, trus beli gorengan, pulang, bobo, horee

Day 3 :
♡ ya ampun bangun jam 12, itu pun masih pgen tdur lagi, enak bner tdurnya, seharusnya pilih kamar g pake ac g pake kipas angin ga pake kasur biar bangun subuh. Bergegas pergi ke candi borobudur, yap yap! Lets goo. Ternyata candi borobudur itu jauh ya,, iyaa. Jalannya lurus aja, di jalan banyak pengrajin perak, tapi ga beli, masuk pasar 2 kali, sampe deh, di candi masuk lupa biayanya berapa, di luar candi banyak yang jual topi cantik harga awal 90 bs 25rban, kaca mata 10 rban, dan minuman! Wajib beli! Kalo ga mau kekeringan di candi! Pengalaman. Sampe dalem disuruh pasang sarung, sambil rekam2 exis eh kok kayanya gigi aku item ya, bibir muka item semua cyiiiinn! Yah namanya naik motor salah sendiri ga pake masker, polusi dimana2, akhirnya lap2 pake tisu make up ulang hahaha sok cantik. Fto2 deh di candi borobudurnya. Nah kita kali ini kepasarnya dan masih buka, beli baju buat oleh2 banyak dan murah murah. Dan beli makan siang yang pasti yang ga ada di lampung.
♡ pulangnya ke kaliurang, aku kalau udah nikah mau ngajak suami ke kaliurang, so sweet deh kayanya, karena ada yang tertinggal rasanya di kaliurang, karena belum dijelajah maksimal. Pulang, karena tottaly cape, istrahat malemnya jalan2 ke alun2 lagi, beli gorengan lagi dan beli frozz di circle k, swegeeeeerrr. Dan nasi goreng enak banget di sosrowijayan
♡ sebenarnya banyak sekali wisata dijogja, harus punya energi maksimum biar bisa menikmati semuanya, harus sehat, makan bergizi dan imunisasi. Tips : wajib beli minum di candi borobudur, pake masker dan jangan lupa foto2
Day 4 :
♡ ini kita males keluar sepertinya ya, jadi jadwal cuma ke keraton2 di jogja, terus muter-muter, dan ke keraton itu bayarnya 15.000 kalau ga salah, jadi kita beneran muter-muter, nyari gudeg, nyari apalah gtu gelang gelang. Seharusnya ya kita kegua pindul yang katanya keren, tapi apalah daya aku fobia deepwater. So scary.
♡ sebenernya temen dapet penginapan cuma 50.000 1 mlm dan udah ac, tapi belum jodoh kita yah, ga dapet tapi bukan ga dapet ga nyari kemungkinannya, kita belanja gelang, baju ga beli bakpia, gatau kenapa ga beli, muter2 aja.
Day 5 :
♡ hari terakhir di jogja. Jam 2 siang kereta berangkat, jadi manfaatkan waktu, tapi ttep kesiangan, akhirnya kita keluar setelah orang selesai sholat jumat karena emang hari jumat, kita putuskan keluar penginapan, say goodbye sm pemiliknya dan pergi ke kebun binatang gembira loka, kangen sahabat. Tiket gembira loka kalau ga salah 25.000 bagus kebun binatangnya, cuma disarankan sewa sepeda, karena luasnya berhektar2
Jangan lupa hubungin yang punya motor, biar sama2 sampe dengan selamat. Dijalan buat di mobil kita beli nasi padang lagi haranya nasi rendang itu 19rb. Beli gorengan enak banget, beli roti o enak banget. Semua makanan enak banget selama diperjalanan.
♡ mekanisme perjalanannya sama aja, cuma yang jadi masalah ini bis ga ada lagi tengah malem, jadi bner2 cari tukang ojek yang paham tempat bis ke merak malem2 yang mana, ke arah mana kemarin karena asal naik, 25, ga ada bis, nyari ojek lagi 30 rb karena harus muter jauh lagi.
♡ sama dibis juga 25.000 sampe merak juga lama, naek kapal juga sama, bis juga sama, yeye sampe rumah dengan selamat. Alhamdulillah O:)


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com