Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

10 Tempat Wisata Populer di Semarang

wisatajogja
wisatajogja, pada 1 Okt. 2016, 4.35
di Blog

Dalam sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Tempo Media Group tahun 2015, Semarang merupakan kota paling menarik. Menurut award tersebut, Semarang memiliki tata kota yang cukup teratur.

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia sekaligus kota paling penting di Jawa Tengah, Semarang memang memiliki banyak daya tarik. Kota ini punya banyak kuliner enak, juga punya tempat-tempat bersejarah multi-etnis.

Memutuskan untuk menjadikan Semarang sebagai tujuan traveling bukanlah pilihan yang keliru. Beberapa ikon wisata Semarang seperti Kota Lama, Lawang Sewu hingga Tugu Muda tentu tak boleh dilewatkan. Namun, masih ada banyak tempat lain yang bisa kamu kunjungi di Semarang.

Berikut ini adalah 21 tempat wisata pilihan yang bisa kamu kunjungi di Semarang. Mulai dari kawasan kota hingga kawasan perbatasan dekat Kota Salatiga.

1. Kota Lama

Kita mulai dari kawasan kota. Salah satu tempat yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Kawasan Kota Lama. Kawasan ini dulu merupakan jantungnya kota Semarang. Yang menjadi daya tarik utama kawasan ini adalah banyaknya bangunan-bangunan tua dengan arsitektur Eropa. Bangunan-bangunan tersebut merupakan peninggalan kolonial Belanda.

Beberapa spot menarik di Kawasan Kota Lama antara lain Gereja Blenduk, Stasiun Tawang, Pabrik Rokok Praoe Lajar serta Polder Air Tawang. Kalau kamu adalah penggemar fotografi, suasana vintage di Kota Lama akan menjadi objek yang sangat menarik. Kawasan Kota Lama Semarang juga sering dijuluki The Little Netherlands.

2. Masjid Agung Jawa Tengah dengan Menara Al Husna nya

Kalau ke Semarang, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah. Ini merupakan masjid propinsi yang diresmikan oleh mantan presiden SBY tahun 2006. Masjid Agung Jawa Tengah bukan sekedar tempat ibabah. Masjid ini juga disesign untuk keperluan lain, termasuk wisata. Masjid ini memiliki pelataran yang cukup luas. Di pelataran tersebut terdapat sebuah bangunan mirip Colosseum di Kota Roma.

Bagian menarik lain dari Masjid Agung Jawa Tengah adalah sebuah menara setinggi 99 meter yang berada tak jauh dari “Colosseum”. Menara tersebut dinamakan Menara Al Husna. Lantai paling atas menara tersebut telah didesign sedemikian rupa sebagai gardu pandang untuk menikmati pemandangan Kota Semarang dari ketinggian. Sebuah lift sudah tersedia untuk memudahkan para pengunjung mencapai lantai tersebut. Dari lantai paling atas Menara Al Husna kita bisa mengintip kegiatan di dermaga Pelabuhan Tanjung Mas.

3. Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan salah satu landmark paling ikonik di Semarang. Gedung ini memiliki arsitektur yang begitu unik dengan gaya Eropa khas jaman dulu. Keunikan utama bangunan ini adalah banyaknya pintu yang dimiliki. Kalau dihitung, jumlahnya mencapai 429 buah. Itulah sebabnya kenapa bangunan ini kemudian disebut Lawang Sewu. Bangunan ini dibuat pada tahun 1904. Jaman dulu, bangunan ini digunakan sebagai kantor pusat Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) (Sekarang PT KAI)

4. Tugu Muda

Dari Lawang Sewu, kamu bisa melangkahkan kaki menuju monumen Tugu Muda. Hanya beberapa langkah saja kita sudah akan sampai di tugu ikonik ini. Tugu Muda berada di sebuah kompleks taman yang cukup rapi. Tugu berbentuk lilin ini dibangun untuk mengenang jasa orang-orang pemberani di Semarang dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang pada tanggal 15 Oktober 1945 sampai 20 Oktober 1945.

5. Klenteng Sam Poo Kong

Kalau kamu termasuk penggemar budaya China, ada sebuah tempat yang sangat menarik untuk kamu kunjungi yakni Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng ini merupakan petilasan saudagar muslim asal China yang pernah sangat sukses di Indonesia, sekaligus dipercaya sebagai nenek moyang etnis Tionghoa di Semarang. Ia adalah Laksamana Cheng Ho.

6. Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito merupakan museum paling lengkap yang ada di Semarang. Museum yang berada di Jl. Abdul Rahman Saleh No. 1 Kalibanteng Kulon ini memiliki banyak koleksi yang berkaitan dengan benda-benda budaya hingga benda-benda arkeologi. Kompleks museum terdiri atas 4 gedung yang masing-masing digunakan untuk memamerkan koleksi yang lebih spesifik. Gedung A meyimpan benda-benda geografi dan geologi, Gedung B untuk menyimpan benda budaya yang berkaitan dengan peradaban Hindu-Buddha, Gedung C untuk menyimpan benda-benda yang berkaitan dengan sejarah kemerdekaan serta Gedung D untuk menyimpan benda-benda yang berkaitan dengan kesenian.

7. Museum Jamu Nyonya Meneer

Kalau kamu menyukai tempat-tempat wisata kultural, jangan pula lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Museum Jamu Nyonya Meneer selagi di Semarang. Di tempat ini kamu akan belajar lebih banyak tentang jamu-jamu tradisional, khususnya jamu-jamu yang diproduksi oleh perusahaan Jamu Nyonya Meneer. Bangunan museum sendiri terdiri atas dua bagian. Bagian pertama memamerkan koleksi yang berkaitan dengan jamu. Sedangkan bagian kedua merupakan tempat koleksi benda-benda miliki sang pendiri Jamu Nyonya Meneer.

8. Ambarawa

Ambarawa merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Semarang yang memiliki sejarah panjang. Pada jaman penjajahan Belanda, Ambarawa merupakan sebuah kota militer. Sebuah stasiun dibangun untuk menunjang keperluan militer pada waktu itu. Ambarawa berada di kawasan pegunungan sehingga memiliki udara yang cenderung lebih sejuk dibandingkan Kota Semarang. Beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi di Ambarawa antara lain Monumen Palagan Ambarawa, Museum Kereta Api, Benteng Willem I dan Kampoeng Rawa.

9. Rawa Pening

Rawa Pening merupakan sebuah danau rawa yang cukup terkenal di Semarang. Lokasi danau ini berada di 4 wilayah kecamatan di Semarang yakni Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Rawa Pening sendiri sangat identik dengan tanaman enceng gondok yang tumbuh di sebagian besar permukaan danau. Dari danau ini kita bisa menikmati pemandangan Gunung Merbabu yang terlihat begitu anggun jika sedang tidak tertutup awan. Untuk menyusuri danau, kita bisa menyewa perahu yang banyak disewakan oleh warga setempat. Suasana di Rawa Pening akan terasa lebih syahdu saat sore hari.

10. Umbul Sidomukti

Inilah salah satu tempat unik di Semarang. Sebuah kolam renang yang berada pada ketinggian 1.200 mdpl di lereng Gunung Ungaran: Umbul Sidomukti. Ada 4 kolam yang masing-masing dibangun pada tingkatan yang berbeda. Airnya berasal dari sumber alami dari Gunung Ungaran. Berenang di tempat ini rasanya seperti berenang di atas awan.

Umbul Sidomukti sejatinya adalah sebuah kawasan wisata terpadu. Selain kolam renang, ada beberapa tempat lain yang bisa kita kunjungi di sana, termasuk Pondok Kopi. Di sana juga ada area untuk downhill, bermain flying fox serta outbond. Jika ingin menginap, Umbul Sidomukti juga menyediakan penginapan untuk pengunjung.

Sumber


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com