Trending

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

TRIP TO ORA AND AMBON (DARI JAKARTA)

Sheanggra
Sheanggra, pada 20 Nov. 2016, 17.58
di Tanya & Jawab

Hi teman-teman traveler..

Saya sekedar mau share pengalaman saya Backpacker menuju surganya Maluku "ORA BEACH".
Trip saya di ora cuma 1 hari saja(memang singkat, maklum backpacker hehe dengan budget yg ngepas)
Saya berangkat dari jakarta sabtu tgl 29-oct-2016 dengan penerbangan Pukul 01.30 WIB. Touch down Di bandara Pattimura Ambon Pukul 07.00 WIT (lama penerbangan sekitar 3 1/2 jam)

Saya langsung menuju Pelabuhan Tulehu (Amahai) dengan Angkutan Umum. Angkot Merah di depan Bandara (tanyakan kepada supir utk menuju ke Paso atau tidak, Karna dari bandara ke pelabuhan tulehu kita 2 kali ganti angkot. bandara-paso dilanjutkan paso-tulehu)
Biaya angkot
Bandara-Paso=10ribu
Paso-Tulehu=10ribu

FYI
Kapal cepat dari Tulehu - Masohi sehari 2kali yaitu pada jam 9 pagi dan jam 4 sore(saran saya kapal cepat pagi saja)
Biaya Tiket Kapal Cepat=130ribu (kelas Ekonomi)
Lama perjalanan sekitar 3 sampai 4 jam.

Saya sampai di pelabuhan Masohi sekitar jam 1 siang, Sampai di pelabuhan Masohi. kita naik angkot menuju terminal kota Masohi.

FYI
Biaya angkot sekitar =10-15rb tergantung kepandaian kita tawar menawar.
Sampai di Terminal kota Masohi, untuk mencapai Desa Saleman kita naik angkutan penumpang mobil a**nza /i**ova biaya 75ribu/per org.
Lama perjalanan sekitar 2 samapai 3 jam. Selama itu kalian Bakal di suguhi pemandangan dari indah dari taman nasional manusela.

Saya sampai di Desa Saleman sekita pukul 4 sore. Saya dan kawan saya langsung mencari penginapan. di desa saleman saja berhubung menginap di ora eco resort cukup mahal utk budget backpacker.
ada 2 penginapan di desa saleman
1.penginapan bapak herman(350rb/per org include makan3x, bebas jam cek in dan cek out)

2.penginapan di dekat dermaga speedboat utk menyebrang ke ora(300rb/kamar blm include makan, biaya makan tambahan per org 50rb)

Saya menginap di penginapannya Pak herman.Sampai disana semua lelah perjalanan yg telah saya lalui terbayarkan dengan keindahan pantai dan view pengunungan dari penginapan kereeeeeeeeen bangeeeeet.

Keesokan hari nya baru saya bantai untuk ke ORA,TEBING BATU SAWAI, GOA LAUT, DAN AIR MATA BELANDA.

FYI
Biaya sewa speedboat disana rata-rata 700rb.di penginapan pak herman di sediakan speedboat dengan sewa 700rb untuk ke 4spot tidak terbatas dengan jam.
lalu karna dengan budget pas pas an. so lucky I am mendapatkan speedboat dengan harga 500K.

Sampai di ora kita bayar visit tamu yaitu 15rb saja. untuk penyewaan life jacket dan perlengkapan snorkeling juga ada tp saya gak tau berapa nya guys, Soale saya bawa sendiri.

GOA LAUT nya masuknya diving dulu dikit di celah batu itu baru deh temu. berhubung camera low jadi gak sempet foto deh disini sama di mata Air belanda.

karena keterbatasan duit cash saya dan kawan-kawan saya terpaksa memulangkan diri hari itu juga dari desa saleman hahah.
FYI
jangan lupa minta nomor abang angkutan penumpang ya karna penting guys. kalau sewa mobil untuk balik ke masohi dari saleman sekitar 500rb.angkutan oenumpang yg 75rb per org cuman ada pagi pagi bgt. nah beruntungnya saya mendapatkan tumpangan bareng dari warga setempat yang ingin pergi ke masohi,jadi kami hanya bayar 100/per org lumayan deh dari pada lu manyun.

minggu sore jam 5 saya sudah sampai di terminal kota masohi berhubung kapal cepat di hari minggu cuman beroprasi sekali saja yaitu jam 2 siang.
jadi kami memutuskan menginap dan mengejar kapal cepat senin esok pagi.
kami menginap di penginapan backpacker seharga 130rb (fasilitas AC,TV CABLE).

Senin siang jam 1 saya sudah sampai di kota ambon.Saya dan kawan saya memutuskan untuk sewa mobil.
Biaya sewa mobil (lepas kunci 24 jam=500rb)paling murah seambon serius loh, saya udah survei hahaha dan yg punya namanya bang erik baik dan ramah banget.
saya dan kawan saya menginap di hotel mudah dipusat kota ambon book by traveloka.
250rb/per malam nama hotelnya Golden Palace.

selanjutnya kami putar putar keliling kota dan first destination kita Pantai Pintu kota.

malamnya kami keliling keliling kota ambon.

Rekomen tempat makan.
-ngopi cantik (tradisi kopi Joas)
-rumah makan sari gurih(seafood)

hari berikutnya kami ke keliling ambon ke huluwa beach di desa wakasihu, dan ke pantai batu layar, belut morea, Air terjun ureng.
saran saya ambil rute dari bandara patimura lurus terus ikuti jalan kabupaten.karna object wisata tersebut 1 arah.

biaya yg di keluarkan di objek wisata
Tiket masuk Pantai pintu kota:5000rb/org
tiket masuk utk foto di pantai pintu kota:5000rb/org
Tiket masuk huluwa beach:5000rb/org
pantai batu layar free entry sebab di pinggir persis jalan kabupaten.
belut morea =20rb/org

Untuk ke Air terjun ureng kita sewa guide karna gak bisa sendiri kesana
biaya guide 50rb
tracking sekitar 30 menitan, diatas air terjunnya ada laguna keren banget.

Sekian nih share info dari saya.
buat yg butuh info kontak penginapan atau rental mobil.
PM langsung ke saya.
atau ada yg mau ngajak saya trip dengan senang hati saya ikut
hehe.

Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Wennoz
Wennoz Newbie
pd. 9 Agu 2018, 4.36

Halo ka.. salam kenal. Boleh request no hp penginapan yang di desa saleman?

Sama sewa kendaraan dr masohi ke desa saleman?

Trims kk

Keliling-Ambon Newbie
pd. 5 Jan. 2018, 18.48

Bagi backpacker yang mau sewa mobil murah di Ambon, silahkan hubungi kami
CV. Media Lintas Sarana Maluku
Media Rental Car Ambon
Jl. Karang Panjang RT.003/002 Ambon
Telp 0911 3820126
SMS/WA 081247134134

pd. 24 Nov. 2016, 16.43

[quote=lina muhikam]Thanks for sharing broohh

mantabb surantabb, gw ada rencana sih kesono taon depan sekalian bablas ke banda neira

salam
lina[/quote]

Ok sama sama ,wah iya banda neira keren jg tuh. Boleh dong ikut sharecost banda neira haha
Rencana kapan broo ksna?

pd. 22 Nov. 2016, 8.00

mantap :gaya:

pd. 22 Nov. 2016, 1.08

maluku tuh emang keren banget yaa.. boleh boleh dengan senang hati saya ikut ..
explore pulau tujuh dan kepulauan kei yg keren banget ... pantai indonesia timur memang pecah...

pd. 22 Nov. 2016, 1.01

[spoiler][URL=http://s350.photobucket.com/user/Shelvie_Anggraeni/media/P_20161030_113921_BF_zpslzotpzrh.jpg.html][IMG]http://i350.photobucket.com/albums/q426/Shelvie_Anggraeni/P_20161030_113921_BF_zpslzotpzrh.jpg[/IMG][/URL]

pd. 22 Nov. 2016, 0.17

Berdasarkan Request dari para sesepuh...

[spoiler][URL=http://s350.photobucket.com/user/Shelvie_Anggraeni/media/P_20161030_085943_zps6sxofend.jpg.html][IMG]http://i350.photobucket.com/albums/q426/Shelvie_Anggraeni/P_20161030_085943_zps6sxofend.jpg[/IMG][/URL]

Malang Super Hero
pd. 21 Nov. 2016, 8.21

Jgn ke ora beach lg..ntr qt sm2 explore pntai tnjung kuako (pantai karang yg cntiq smbil snorkeling) :bigsmile: , trs lnjut ke pantai marsegu (tmpt brsarangx burung maleo, dn kepting knari), trkakhir jljah ke pulau sapulea (pntai psir putih yg luasx cm sribu mtr prsegi).