Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Rekomendasi Destinasi Wisata di Sumatera Terbaik

koperdanransel
koperdanransel, pada 16 Jan. 2017, 14.38
di Blog

Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak potensi wisata besar di dunia. Setiap tahun akan selalu ada peningkatan kunjungan wisata ke Indonesia.

Kawasan Indonesia Timur mamang terkenal dengan pesona alamnya seperti pantai dan bawah laut, contohnya Bali, Lombok dan Raja Ampat. Tapi pernahkah Anda berbalik ke Arah Barat, Pulau Sumatera dan Sekitarnya. Indonesia bagian barat juga memiliki tempat wisata yang juga tidak kalah memukau dari wilayah Indonesia timur. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini.

Titik 0 kilometer Indonesia
Sabang adalah kota paling barat di Indonesia. Mengunjungi Sabang rasanya tidak sempurna jika belum mengunjungi titik paling ujung Indonesia. Wilayah paling ujung barat Indonesia ditandai dengan Tugu Titik Nol Kilometer Indonesia. Tugu ini adalah penanda geografis terjauh di ujung barang dan banyak dikunjungi wisatawan.

Pantai Anoi Itam
Pantai ini lain dengan pantai yang ada di Sabang lainnya, karena pantai ini adalah pantai dengan pasir hitam satu-satunya di Sabang. Pantai ini berjarak 14 km dari Sabang, tepatnya berada di Desa Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Air Terjun Pria Laot
Tidak hanya pantai, Sabang juga memiliki air terjun yang bernama air terjun Pia Laot. Air terjun ini memiliki hulu dari Gunung Saung Keris. Air terju Pria Laot berada di Desa Pria Laot, Kelurahan Iboih dan berjarak 15 km dari Kota Sabang.

Pantai Iboih
Iboih adalah sebuah desa di Kecamatan Sukakarya, Sabang. Di desa ini terdapat dua pantai yaitu Pantai Teupin Layeu dan Pantai Teupin Sirkuni. Tapi para wisatawan lebih sering menyebutnya Pantai Iboih. Pantai Teupin Layeu adalah pantai pasir putih, sedangkan Pantai Teupin Sirkui adalah pantai berkarang.

Pulau Rubiah
Berada di seberang Iboih. Dari Iboih wisatawan dapat menggunakan perahu kecil selama 15 menit. Pulau Rubiah terkenal dengan pantai pasir putih serta keindahan bawah laut yang kaya dan alami, sangat cocok untuk snorkling.

Danau Toba
Danau vulkanik terbesar di dunia ini memiliki panorama yang sangat indah. Selain karena memiliki pulau Samosir, Danau yang sangat terkenal ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk menikmati sunset di tanah Sumatera.

Pulau Cubadak
Pulau ini berada di pesisir Selatan, Sumatera Barat. Letak pulau ini di tengah Samudera Hindia. Pantai ini akan memberikan Anda sensai memiliki pulau pribadi. Anda dapat menempuh perjalanan dari Pantai Carocok, kemudian menyebrang dengan perahu. Di pulau Cubadak sudah terdapat beberapa penginapan hingga resort mewah.

Lembah Harau
Lembah subur ini berada sekitar 138 km dari Padang dan 47 km dari Bukittinggi, tepatnya berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Lembah Harau akan memberikan suasana pedesaan yang sejuk dan tenang.

Lembah ini juga dijuluki Lembah Yosemite Indonesia karena memilik keindahan yang hampir sama seperti Taman Nasional Yosemite di California. Lembah ini juga memiliki beberapa air terjun, satu contohnya adalah Sarasah Bunta.

Puncak Mandeh Tarusan
Berlokasi di Kecamatan Koto XI Tarusan, Sumatera Barat. Puncak Mandeh berada di pulau Mandeh yang dapat dikatakan Raja Ampatnya Sumatera. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan seperti camping sambil menikmati pulau – pulau kecil.

Danau Laut Tawar
Berlokasi di gugusan Dataran Tinggi Gayo yang terkenal dengan daerah penghasil kopi. Danau dengan luas 5.472 hektare ini lebih menyerupai laut dengan air tawar. Daerah Gayo merupakan daerah yang sejuk karena berada sekitar 1.000 mpdl. Anda dapat menikmati danau dengan naik perahu motor, bersepeda atau memancing.

Bukit Lawang
Berada di kaki Gunung Lauser, Taman Nasional Gunung Lauser, Sumatera Utara. Wisatawan dapat mengikuti paket wisata tracking atau penjelajahan untuk melihat dengan dekat kehidupan satwa liar di alam bebas hutan Sumatera.

Pulau Sikuai
Sangat dekat dengan kota Padang, atau sekitar 35 menit menggunakan transportasi lut melalui Dermaga Bungus atau 45 menit dari Pelabuhan Muara. Destinasi yang terkenal dengan keindahan pasir putihnya ini sangat mirip dengan Green Bowl, Bali. Pulau dengan luas 44,4 hektare ini kita dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, snorkling, mendayung kano, tracking hutan tropis atau bersepeda keliling pulau.

Bukit Langkisau
Ini adalah objek wisata yang berada di Kota Painan dan Nagari Salido, dengan ketinggian sekitar 400 mpdl jadi tidak heran jika bukit ini memiliki hawa yang sejuk, selain dapat menikmati pemandangan Samudera Hindia, wisatwan juga dapat mencoba kegiatan ekstrim paralayang yang sudah disediakan pengelola.

Pulau Nias
Nias dikenal dunia dengan wiastanya yang masih menjunjung tinggi nilai kearifan lokal. Yang sangat terkenal adalah Lompat Batu Nias yang wajib dilakukan oleh pemuda Nias. Selain itu kita juga dapat melihat tradisi lain seperti perang tradisional. Selain itu pantai – pantai di Pulau Nias juga dikenal memiliki ombak yang cocok untuk berselancar seperti di Hawaii.

Anambas, Kepulauan Riau
Setelah dinobatkan menjadi kepulauan tropis terbaik di Asia. Anambas berhasil menarik perhatian dunia. Anambas memiliki total 255 pulau kecil dengan laut yang biru dan indah. Bagi Anda yang senang bermain di pantai atau memiliki hobi snorkling, maka kepulauan Anambas adalah surge kecil di Indonesia yang wajib Anda kunjungi.

sumber artikel

Sangat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com