Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Wisata Alam Gunung Lembu : Menikmati indahnya waduk Jatiluhur dari ketinggian.

jonawar
jonawar, pada 18 Feb. 2017, 3.47
di Blog

Gunung lembu, salah satu gunung yang tidak terlalu tinggi tapi cukup buat nyepi dan ngopi yang posisinya cukup deket dari ibukota, yaitu purwakarta. Purwakarta adalah kota sepi tapi cukup asri juga walaupun panasnya sebelas duabelas sama jakarta yang punya beberapa destinasi wisata alam yang cukup banyak. Tapi sekarang kita fokuskan dulu di gunung satu ini.

Mempunyai tinggi yang kurang dari 1000 mdpl, sehingga banyak yang menjadikanya sebagai tempat piknik. Tek tok dari bawah ke puncak gak membutuhkan waktu lama. Jalan nyantai aja bisa di tempuh 2-3 jam saja, apalagi kalau jalan ngebut gak pake rem bisa cepet banget kayanya. Hahaha

Kita mulai perjalanan dari Jakarta dengan tujuan Purwakarta. Tidak terlalu jauh dan banyak sekali kendaraan yang bisa kita pakai. Untuk kali ini gue dan kawan-kawan memakai kereta api. Kenapa ? Karena paling murah hehehe. Nama keretanya adalah kereta api lokal jakarta purwakarta, dengan tarif 6000 saja kita udah bisa sampai Purwakarta. Untuk memakai jasa kereta ini kita bisa beli tiketnya on the spot, jadi loket pembelian tiket dibuka 1-2 jam sebelum keberangkatan. Keberangkatan pertama dari stasiun kota dan akan berhenti di stasiun Kemayoran. Jadi untuk teman-teman pendaki dari Jakarta yang akan memakai jasa kereta ini, harus menuju 2 stasiun tersebut, karena pemberhentian selanjutnya adalah stasiun Tambun yang letaknya di Bekasi. Nyaman ? Ya bisa dibilang cukup jauh dari kata nyaman, karena harus berebut kursi dengan penumpang lain karena jumlah kursi yang terbatas. Tips jika ingin mendapat tempat duduk, berangkat saja dari stasiun Kota dan kalau bisa waktunya jangan mepet-mepet dari jam berangkat. Untuk jam keberangkatan paling awal adalah pukul 11 siang, jadi sampai purwakarta udah agak sorean.

Sampai di Stasiun Purwakarta, bagi teman-teman yang sudah booking angkot, mungkin bisa langsung meluncur dan bagi yang belum ada angkutan, bisa langsung sewa angkot yang sudah meunggu di pintu keluar staisun, karena untuk menuju titik awal penadakian yaitu di desa Panyindangan kecamatan Sukatani cukup jauh sekitar 1-2 jam perjalanan menggunakan angkot. 1 mobil angkot bisa menampung 8-10 orang dengan harga sewa sekitar 200rb an diantar.

Sampai di pintu gerbang untuk pendakian, awalanya gak ngira ini tempatnya. Soalanya masih seperti jalanan kampung yang cukup padet penduduknya. Kita langsung dihadapkan pada pos pendaftaran,, biaya simaksi cukup 10rb untuk satu orang. Abah yang jaga cukup ramah juga, khas masyarakat desa. Disini juga tersedia warung makanan, jadi bagi yang kelaparan setelah perjalanan bisa sedikit mengisi perut atau sekedar minum dan istirahat sebentar. Persiapan juga bisa dilakukan disini, karena track yang akan dilalui cukup lumayan juga. Kita mulai mendaki jam 3 sore dan cuaca agak mendung sedikit. Pesan dari penjaganya matikan HP bila hujan disertai petir. Baru beberapa meter berjalan, kita udah disambut jalan menanjak yang cukup tinggi, disinilah kami merasa tertipu hahaha. Kami kira tidak akan menguras tenaga dan ternyata baru sampai pos satu, kaos yang saya pakai sudah basah hahaha. Karena cuaca yang sedikit gerimis, jalanan jadi agak licin. Jadi harus hati-hati ketika berjalan. Dari pos 1 ini, kita sudah bisa melihat keindahan waduk jatiluhur dari ketinggian. Cukup menyegarkan mata dan rasa capek berjalan cukup terobati hahaha.

Dari pos 1 menuju pos 2, jalanan masih cenderung sama, menanjak dan sedikit licin. Nyamuk juga cukup mengganggu di sepanjang perjalanan, jadi sangat disarankan untuk membawa lotion anti nyamuk. Akhirnya kita sampai juga di pos 2 dengan waktu yang cukup singkat.

Camping di gunung inipun cukup bisa, karena tersedia lahan yang landai untuk mendirikan tenda. Ada beberapa titik yanh bisa dijadikan tempat camping, yaitu di puncak, ada beberapa titik di jalur menuju batu lembu nya dan yg paling ujung adalah di dekat batu lembu tersebut. Karena kita kemarin termasuk yang pertama datang, kita masih kebagian lapak camp di deket batu lembu, karena tempatnya yang terbatas jadi ya harus dulu-duluan hahaha. Apa sih enaknya diriin tenda di deket batu lembu ini, ya pertama kita deket banget kalo mau menuju batu lembunya yang notabene adalah tempat untuk summit atau berburu sunrise. Kekuranganya yaitu lahan yang cukup sempit jika kalian datang dengan banyak anggota. Untungnya kita kemarin cuma bawa anggota 4 orang saja, jadi cukup pakai 1 lapak saja.

Pemandangan dari batu lembu bisa dibilang keren banget. Sejauh mata memandang kita bisa melihat waduk jatiluhur yang ternyata cukup luas juga. Pemandangan di Malam hari pun cukup indah, terdapat lampu2 dari kota dan waduk yang terlihat seperti bintang.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com