Ke Pelawangan Senaru Gunung Rinjani tanpa bermalam dan walau jalur ditutup

daydeh
daydeh, pada 22 Feb. 2011, 7.30
di Tanya & Jawab

Sampai di kaki Gunung Rinjani sebelah utara jam 8 malam, kami menginap di Rinjani Homestay di Senaru yang tingginya sekitar 600 mdpl (meter di bawah permukaan laut). Dari informasi resmi Taman Nasional Gunung Rinjani, kami mengetahui bahwa Pendakian masih di tutup sampai akhir maret. Tapi itu bukan masalah, sebagian besar penduduk di Senaru mengandalkan objek wisata Taman Nasional Gunung Rinjani sebagai mata pencahariaan.

Saat musim sepi pengunjung seperi saat ini (musim hujan), mereka tidak ada pendapatan lain kecuali dari pendakian illegal seperti saya ini. Menjadi guide atau porter adalah alternative pekerjaan yang menjanjikan bagi penduduk lokal. Pak Suma, tokoh masyarakat sekaligus penjaga Rinjani Homestay terus memberi wawasan kepada saya tentang kehidupan di Senaru. Kata beliau pengelolaan objek wisata Taman Nasional yang melibatkan peran masyarakat sekitar sangat menguntungkan pada berbagai pihak. Seperti di Gunung Rinjani ini, penebangan hutan secara illegal berhasil berkurang karena warga beralih menjadi guide dan porter yang pendapatannya lebih menjanjikan, bahkan beberapa warga menjadi fasih dalam berbahasa Inggris.

Secangkir kopi hangat dan sinar bintang-bintang terus menggoda kami agar cepat sampai di atas gunung, minimal saya dan wandi (teman) bisa melihat Danau Sarakan Anak dari Pelawangan Senaru walau pendakian ditutup. Jam 3 malam kami melangkah kaki keatas, prediksi guide kami (Pak Andi), kami bisa sampai pelawangan jam 6 atau 7 pagi. Tapi ini melenceng jauh, pada jam 7 kami baru separuh perjalanan.

Tepat jam 11.30 kami baru sampai di pelawangan senaru yang tingginya sekitar 2800 mdpl, pada siang ini awan-awan sudah menutupi puncak gunung, sehingga pemandangan tidak seindah pagi atau sore hari. Tapi ini tak membuat kami kecewa, karena 1,5 tahun yang lalu saya pernah menginap di tempat ini. Sedangkan bagi teman saya (wandi), ini adalah perjalanan yang menarik karena ini pertamakalinya ia melihat Danau Sarakan Anak.

Danau Sarakan Anak saat ini sudah tidak seperti bulan agustus 2009 yang pernah saya lihat, tahun 2009 ada lahar merah yang indah bila kita melihat pada malam hari. Apalagi pada saat bulan purnama seperti pertama kali saya datang, sore hari matahari terbenam dan bulan yang baru muncul, bisa kita lihat pada waktu yang sama. Sungguh memesona, tidak heran orang asing banyak sekali yang mengunjungi. Ketika pertama kali saya menginap di Pelawangan Senaru, ada sekitar 200 orang menginap di Pelawangan Senaru dengan tenda-tenda. Pada saat itu hanya rombongan kami yang merupakan turis lokal Indonesia, selebihnya orang asing dari berbagai Negara.

Berbeda dengan bulan agustus dulu itu, saat ini pengunjung memang sepi tapi tetap ada turis asingnya. Tengah hari hanya saya, wandi dan Pak andi yang ada di Pelawangan, kami pun segera turun setelah foto-foto dan istirahat tak lebih dari 1 jam. Walau katanya turun lebih cepat dari naik, tapi tetap saja saya sangat kelelahan. Padahal saya tidak membawa beban yang banyak, tapi karena ini pertamakalinya saya naik gunung tanpa bermalam maka sesampainya di Rinjani Homestay (penginapan), saya langsung tepar pengen nangis. Gimana enggak mau nangis, jalan dari jam 3 malam sampai kembali lagi jam 18.00, ini berarti saya berjalan sekitar 15 jam dengan istirahat sekitar 2 jam. Kapok…. Gak lagi-lagi…..

edgarvalentino
edgarvalentino Newbie
pd. 27 Juli 2011, 9.47

tunggu saya rinjani... :bigsmile:

bhima Newbie
pd. 27 Juli 2011, 9.02

saya juga rencana nya mau daki rinjani, tp blum tau kapan. kemungkinan januari tahun depan bersama teman2 mapala dr jogja. thanks info nya yah. doakan agar saya juga bsa capai puncak nya

intan mustika Newbie
pd. 8 Juni 2011, 16.37

pengeeennn.. kemaren sempet punya rencana tapi belum ada temennya. jadi bingung. ada yang mw ke rinjani sekitar bulan september g?

ecksaint Newbie
pd. 31 Mei 2011, 1.11

hedewhh...jdi tambah pngen k rinjani,,,,lum ter realisasi mpe skrg...huhu

bro...budget minimalis ke rinjani brapa ya...misal dari smg?hehehe

tigatitik Newbie
pd. 10 Maret 2011, 12.25

jd inget waktu naek dempo ... brangkat jam 6 pagi sampe puncak jam dua langsung turun lagi dan sampe dibawah jam 9 malem ^^

daydeh Newbie
pd. 1 Maret 2011, 13.42

so sweet ya.... :D

pichie Jr.
pd. 1 Maret 2011, 11.04

hahahaha,,, jd inget waktu saya baru lulus SMP,, nangis2 mw ikut kakak naek gunung,, akhirnya diajak juga naek merapi, pdahal sebelumnya jalan2 aja gk pernah nah ini malah naik gunung,, sumpah kaki berasa mati rasa,, ditambah lagi temen yg saya bawa malah sakit waktu tiba di puncak,, alhasil diapun digendong n smua kembali turun tanpa istirahat lagi,, sampe2 saya glundungin tubuh saya gara2 udah gak mw jalan kaki lagi :D :D

tapi,, minggu2 pertama OK kapok krna tubuh saya bener2 gak suka dengan dingin gunung yg menusuk2 tulang,, tapi selanjutnya saya semakin cinta dg ketinggian,, jadilah selanjutnya saya bareng temen2 panjat tebing di tepi laut,, viewnya bener2 keren....wlu pulang dg tangan lecet2 pegangan batu karang.

pengalaman penuh adrenalin lah... mungkin gk akan aq lakuin lagi ^_^ skrg pengen backpackeran aja :D