Selamat datang di forum BACKPACKER INDONESIA

Selamat datang di backpackerindonesia.com, Sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.

Klik di sini untuk mendaftar!

Banyuwangi Memiliki Semua Aspek Wisata (Panorama, Kuliner, dan Budaya)

5 posts / 0 new
Last post
Wulan Nawawi's picture
Wulan Nawawi
Offline
Newbie
Joined: 2017-10-12
Banyuwangi Memiliki Semua Aspek Wisata (Panorama, Kuliner, dan Budaya)

Entah sudah berapa kali berkunjung ke Banyuwangi, tapi rasanya tak ada habisnya untuk explore setiap sudut kota ini, rasanya masih banyak destinasi wisata yang belum dikunjungi, Teluk Hijau, Pantai Syar'i, Hutan Trembesi, duh banyak banget.
Yang lebih seru dari Banyuwangi, Banyuwangi punya banyak Festival yang digelar sepanjang tahun, kemarin baru nengokin Festival Gandrung 1000 nih. Gandrung 1000 adalah Festival seni pertama yang saya lihat, rasanya luar biasa antara kepanasan dan antusias, pasalnya festivalnya digelar dipinggir pantai, tepatnya di Pantai Boom Banyuwangi.
Festival Gandrung 1000 menampilkan 1.200 penari mulai dari SD hingga Mahasiswa, dari setiap Kecamatan di Banyuwangi mengirim perwakilan, dan yang paling heboh adalah pengiring penari, kemarin dari Kecamatan apa saya lupa, mengirim dua penari tapi yang ngiringi 1 truk. Festival Gandrung 1000 juga dihadiri oleh Bupati Banyuwangi pastinya, dan juga dihadiri oleh Deputy Kementrian Pariwisata, Denada, dan Venny Rose. meriah sangat pokoknya.
Tema yang diangkat kemarin adalah Kembang Pepe, yang menceritakan perjuangan Bupati Banyuwangi pada jaman Belanda melawan para Penjajah. Penari yang menjadi Lakon cerita berhasil membawa suguhan yang apik, diiringi oleh 1.200 penari membuat cerita lebih hidup. Kalau penasaran, tahun depan harus liat pasti nggak nyesel.
Tanggal 21 Oktober nanti ada Festival Ngopi 10.000 yang diadakan di Desa Kemiren Banyuwangi. Sekedar Info bahwa para penduduk lokal nanti akan menyajikan beberapa cangkir kopi dan jajanan Banyuwangi di setiap rumah penduduk, dan itu gratis loh. Tapi nggak ada salahnya juga kalau kita menghargai ke welcome an mereka dengan memberi tips meskipun sedikit, banyak juga nggakpapa. Selain bisa ngopi dan nyemil, kita bisa juga berkomunikasi dengan para penduduk lokal, biar bisa lebih akrab dan memahami budaya disana. Tentunya juga bisa memiliki relasi baru, siapa tau bisa jadi pintu rejeki, karena yang hadir disana pasti banyak, nggak cuma wisatawan lokal tapi wisatawan interlokal pula.
Banyak lagi Festival yang akan diadakan di Banyuwangi sampai akhir tahun ini, untuk tau jadwalnya, bisa buka link ini http://4.bp.blogspot.com/-E-sO-Vbe7Q8/WIf-zQexOmI/AAAAAAAAT3g/rlDBY6sZ0HYGwWd0GDiiCVu_hxXttzF7wCK4B/s1600/IMG-20170125-WA0002-794884.jpg
selain Festival yang memadukan seni budaya dan panorama, jangan lupa icipi kuliner khas Banyuwangi, Rujak Soto dan Rawon Pecel, eh ada lagi yang baru, Rujak Bakso. Jangan enek dulu ya, karena rasanya nggak seaneh yang kamu bayangkan. Awalnya saya juga ogah ogah mau ngincipi, tapi begitu nyoba langsung ketagihan, jadi nggak ada salahnya buat nyoba ya guys. terus bisa beli dimana? ada di daerah Kota setahu saya, saya seringnya buat sendiri di rumah saudara, jadi nggak pernah beli (hihih).
Ada apa lagi di Banyuwangi? Panorama alam pastinya, kamu suka apa? pantai, gunung, danau, hutan, air terjun, semuanya ada, tinggal Pilih mau yang mana.
Baik, sekian dulu informasi dari saya, kalau ada yang baru akan saya sharing lagi.

WN

pabu's picture
pabu
Offline
BPI Hero
Joined: 2014-02-11
Banyuwangi

>dua th yl ke Banyuwangi, pas ada even surfing internasional di pantai merah, klo gk slh tgl 23-25 Sept 2015, yg ikut even itu sktr 20 neg, al.venezuela, swiss, jerman,USA, thailand, dn tusn rmh indonesia, dll. Di pantai merah ombakx ckp bsr tp rata, dn pny bbir pantai -+400 meter, ombk yg lbh bsr/ombal kingkong utk surfer profesional ada di pantai plengkung (yg dkenl dg G-Land).
>lnjut eksplor ke teluk hijau,pantai sukamade, htn mamngrove di area TN alas purwo, kwh ijen
>stlh explore di Banyuwangi sy pny kesimpulan, bhw utk mndongkrak kunjungn wst ke banyuwangi dprlukn promosi, slain festival jg diadkn even2 internasional, jg dprlukn prbaikn sarana dn prasana, pembenahn infrastruktur (pembangunn jln baru).Mungkin pemkab banyuwangi udh mlakukn gebrakan awal dlm hal ini, ya udh on the right track gt deh. Jln dn htl mrp pendukukung industri pariwisata dsna. Yg gk klh ptg adlh soal SDM utk service, bgtu ptgx hal tsb dlm dunia pariwisata, yg intinya bs mmbuat wstawn nyaman
Banyuwangi gk hrs kyk bali or jogja, coz banyuwangi pny daya saing, dprlukn investor, mis mmbangun cable car di kwh ijen yg bs jd daya tarik trsendri. Ada informasi jg akn dbangun marina terintegrasi pertama di indonesia di pantai boom, mngkin akn dimulai pembangunanx th 2018 yad. Transportasi sbg akses ke Banyuwangi udh ada flight lgs jkt-banyuwangi dlayabi oleh maskapai Nam Air, menyusul Garuda.
Mau gk mau bandara blimbingsari banyuwangi akn drintis mnjdi bandara internasional, ya klo mis banyuwangi pgn jdi tujuan wst dunia, selain bangun tol surabaya-banyuwangi msh btuh kira2 4jam prjlnn, mk jg ddukung airport internasional.
>melalui sistem wst MICE (Meeting,Incentive,Conference,Exhibition) ini bs mndorong pariwisata, aplgi skg di banyuwangi dh ada jaringan hotel el group yg grand opening htl itu bl agst 2017 yl, lok jln raya banyuwangi-jember km 7.
MICE bs mnambh kunjgn wstwan,asosiasi pebisnis,lmbg profesi, komunitas sosial, prshn,prkumpln klg brpeluang mnjd costumer MICE.
Wst MICE mmbeljkn uangx 2x dri wstawn biasa. Mis Banyuwangi udh sukses menggelar event MICE perkopian & perikann brskala internasional, benifitx sec statistil daerah itu maju di sektor tsb.
Berdrix El Royale Htl di Banyuwangi ikut mndkung pariwst daerh dg nyediain ruang rapat (brkapasts 1000 org lbh) yg mnsupport pariwst MICE. Pembngunn htl itu mngadopsi konten lokal baik desain interior dn exteriorx dn 90% pgwx brasl dri putra daerh.

Wulan Nawawi's picture
Wulan Nawawi
Offline
Newbie
Joined: 2017-10-12
Waahhh,, Mantap Pak. kemarin

Waahhh,, Mantap Pak. kemarin sayanganya saya melewatkan even international tour de Banyuwangi - Ijen sama Festival Ijen summer jaz. tapi setuju deh, Banyuwangi perlu meningkatkan kemudahan transportasi ke setiap tempat wisata. Alhamdulillah Banyuwangi sudah kerjasama dengan Gojek, meski tujuannya untuk memudahkan penyaluran obat, bukan tidak mungkin gojek bisa mengantar para turis berpergian keliling Banyuwangi juga.

WN

sigid surachman's picture
sigid surachman
Offline
Newbie
Joined: 2011-10-06
Banyuwangi Keren..

Saya kemarin dari banyuwangi.
Hanya semalam sih. Itu karena ada nikahan temen.
Dis sela-sela waktu singkat saya berkunjung ke banyuwangi saya pergi ke Taman Nasional Baluran dan ke Jawatan Benculuk... asli keren.. 2 tempat ini bagus banget.
TN Baluran seperti di Afrika gitu yak padang savana nya... ada satwa2 liar kayak kijang, banteng dan monyet-monyet keluaran bebas.
Kalo Jawatan Benculuk kaya hutan Trambesi gitu, keren kaya di negeri fantasi banget..(Wuzzz)...gambarnya banyak kok di google atau di IG... sangar deh.
Ijen juga pernah beberapa kali saya, tapi dulu udah lama.
Utk kuliner nya juga unik, RUjak Soto. Makanan Rujak di siram kuah soto Babat. Nikmat.

sehatd's picture
sehatd
Offline
Newbie
Joined: 2017-11-20
pariwisata banyuwangi

pariwisata banyuwangi sekarang sudah maju sekali.