karakoram highway

ivan backpaker
ivan backpaker, pada 7 Jan. 2018, 8.06

akhirnya mimpiku terkabul, keinginan ku menapaki jejak di karakoram highway - jalan tol tertinggi di dunia 4600 mdpl..yg di bangun oleh china dan pakistan....orang barat menyebut karakoram highway (KKH)is national highway the highest pave in the world... karakoram ini terbentang dari arah china sampe ke pakistan... masih jarang traveller yg mengetahui tempat ini,mungkin karena mainstream...
awal july aku dan seorang teman (yg hoby adventure jg)..kami hunt tiket ....alhasil tibalah hari H,...dari medan menuju KL,...dan esoknya tiba di airport cheng-du (china).
dari kota ini kami masuk dan terus telusuri silk road...... silk road adalah jalan kuno beribu tahun yg jd saksi sejarah dan peradaban dan perdagangan di kala itu,,,,
kami ber2 menelusuri silk road dari china tengah sampe ke ujung china barat (propinsi xinjiang) sebelom masuk ke karakoram highway...bagiku silk road ini wajib kita kunjungi..karena silk road inilah yg terkenal di serial film silat ''journey to the west"..... dimana the monkey king (sungu kong)dan guru ,dkk pernah melewati lokasi -lokasi ini dan kota -kota yg pernah disinggah dulu, juga kami telusuri....seperti: flaming mountain , kota tua kashgar , heavenly lake, dll

setelah 5 hr menelusuri 5 kota , hari ke6 kami memasuki propinsi paling barat china yaitu xinjiang............. karena karakoram highway ini located diperbatasan china(xinjiang)dan gilgit (pakistan)....
bagiku xinjiang itu adalah paradise...naturenya sungguh luar biasa indah, ada danau, lembah, gurun , sabana , salju, gunung, laut,dataran tinggi...
di propinsi ini adalah pemukiman suku uyghur, kazakhstan,tajiks....gadis-gadis disana terkenal cantik ...warga setempat sampai hari ini masih menjaga kelestarian budaya mereka....salut

keesokan harinya kami rental mobil dari orang uyghur menuju karakoram highway...perjalanan cukup jauh ,dan tak mungkin kembali ke penginapan di kota malam itu juga,,,, so..mesti nginap 1 mlm di kota kecil yg ada di atas karakoram highway ...nama kota itu tashkurgan yg banyak di huni orang uyghur dan tajikstan ,kota yg teramat dingin walaupun musim panas, karena dikelilingi anak-anak pegunungan himalaya...mereka sebagian berbahasa mandarin selain bahasa lokal disana.....
sepanjang highway menuju kota tashkurgan,..dan perbatasan china-pakistan yaitu khunjaerab border pass... kami melewati spot spot dengan nature ciptaan maha kuasa yg begitu amazing indahnya,,,,disebelah kanan ada gunung tertinggi di china dengan puncak tertinggi ke4 didunia ..orang china menyebut gunung kunlun, bagi orang xinjiang dan pakistan menyebut peak K2 puncak tertinggi ke dua didunia setelah peak everest di nepal.

tibalah kami di kota kecil tashkurgan yg dingin...kami ber2 langsung cari penginapan ..sesampai dipenginapan..langsung seduh kopi sidikalang yg kami bawa dari medan..sambil nyeruput kopi hangat,.. salju pun mulai turun dengan badai angin..suhu terus turun ke minus dan minus....serasa tubuh ini cukup hangat..kami langsung keluar jalan2 sekitaran alun - alun kota kecil itu,,,,cukup bingung jg memang..dikota ini selain banyak orang asli uyghur dan tajikistan...ada juga yg sy perhatiin seperti orang pakistan..yg tentunya bisa dibedain dari orang asli lokal....
esok pagi -pagi bener kami mesti melanjut perjalanan menuju perbatasan china-pakistan..namanya khunjaerab border pass..