Ke Negeri Laskar Pelangi Belitong Jangan Lupa ke Tempat Ini

Tri Harmoko, pada 12 Jan. 2018, 18.21
di Blog


Kecamatan Gantung atau lebih dikenal masyarakat dengan sebutan Gantong berada di Kabupaten Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi salah kunjungan wisata yang direkomendasikan untuk wisatawan. Kondisi sejumlah tempat menjadi tujuan bagi para wisatawan yang berbondong-bondong datang terutama setiap akhir pekan.

Hampir tiap akhir pekan Kecamatan Gantung didatangi wisatawan dari luar Belitung. Contohnya, replika SD Laskar Pelangi, Museum Kata Andrea Hirata, Bendungan Pice, dan Pasar Gantung.

Gantung sendiri merupakan cikal bakal lahirnya novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang kini melambungkan nama Pulau Belitung. Walaupun kecamatan ini masih tergolong belum menjadi kota yang besar namun daya tarik Laskar Pelangi menjadi magnet sendiri bagi wisatawan untuk datang.

Replika SD Laskar Pelangi saat ini berada di Desa Lenggang Kecamatan Gantung selalu ada dikunjungi oleh wisatawan walau hanya sekedar melihat dan berfoto di sekitar bangunan yang di kelilingi danau ini. Cukup menyita perhatian penggemar novel Andrea Hirata yang sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa di berbagai negara.

Tidak jauh dari lokasi replika SD Laskar Pelangi, tempat lain yang wajib dikunjungi adalah Museum Kata Andrea Hirata. Masih di Desa Lenggang Kecamatan Gantung, Museum Kata yang didaulat sebagai museum sastra pertama di Indonesia ini berada tidak jauh dari kediaman orang tua Andrea Hirata di Jalan Laskar Pelangi.
Di sini bila pengunjung sedang beruntung dapat menjumpai Andrea Hirata.

Karena Andrea sering menghabiskan waktunya di museum yang berdiri sejak tahun lalu. Wisatawan dapat menikmati sejumlah puisi, tulisan dari novel-novel karya Andrea, berbagai foto yang sangat bernilai seni tinggi di dinding ruang Museum Kata. Pengunjung di Museum Kata juga bisa menikmati kopi kuli yang berada di salah satu ruangan dengan nuansa seni yang sangat kental.

Bila beruntung bisa bertemu Andrea Hirata yang dengan kesederhanaannya menyapa ramah pengunjung dan menampilkan lagu yang diiringi alunan gitar bersama Meda.

"Karya-karya Andrea Hirata inspirasi bagi saya, makanya ketika ada kesempatan saya datang ke sini. Beruntung sekarang selain melihat daerah Laskar Pelangi juga ketemu Andrea,” ungkap wisatawan asal Jakarta, Bambang Hermansyah.

Sementara tempat lainnya yang menarik dikunjungi adalah kediaman Ahok yang saat ini sering ditempati adiknya Basuri T Purnama (Bupati Beltim). Tempat ini bisa menjadi tempat yang dapat dikunjungi walau sekarang hanya sebatas bagian depan saja. Rumah megah sekaligus penginapan ini banyak direkomendasikan kepada wisatawan, khususnya warga Thiong Hwa yang ingin mengetahui kediaman Ahok di kampung halamannya. Ada informasi kedepan juga akan dijadikan sebagai salah satu tempat wisata yang terbuka bagi umum.

Tempat lainnya di Gantong yang ramai dikunjungi adalah Bendungan Pice. Adalah sebuah bangunan jaman Belanda yang mengatur aliran air Sungai Lenggang. Di Bendungan Pice wisatawan diajak menikmati nuansa Sungai Lenggang yang masih alami. Di tempat ini juga bisa digunakan untuk berfoto dengan latar bendungan dengan aliran airnya yang khas berkelok-kelok.
Beberapa tempat lainnya juga masih ada yang menarik untuk dikunjungi di Gantong.

Seperti Pasar Gantong yang masih memiliki nuansa tradisional. Anda bisa menikmati kopi dan Jajak (kue-kue seperti pisang goreng, goreng bijur dan kroket) dengan sejumlah warkop yang berada di beberapa sudut pasar, termasuk juga kawasan pasar Pujamas yang tidak jauh berada dari Kantor Wilasi PT Timah Gantung. Jadi Kalau ke Pulau Belitong Negeri Laskar Pelangi dan menuju ke Gantong jangan lupa datang ke tempat-tempat tersebut ya, :).

ryuki pada 19 Jan. 2018, 14.32

Mantap brother, saya tambahkan kalo ke belitung jangan lupa kunjungi juga ekowisatanya kayak taman wisata batu mentas, di sana ada wisata melihat tarsius di alam bebas secara langsung pada malam hari dan juga belitung juga ada air terjunnya juga kayak air terjun kepalak kawai di kecamatan membalong


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Cari
dalam semua kategori