Gunung Kencana, Puncak Jawa Barat

reza febrian
reza febrian, pada 20 Okt. 2018, 12.32

Start: 24 Des. 2017, 8.07

Assalamualaikum teman, kawan, saudara se-Indonesia .

Apa Kabar semuanya???? Semoga pada sehat yaakk, biar kuat buat baca cerita tentang pendakian gue dan temen-temen gue ke Gunung Kencana pada tanggal 24-25 Desember 2017 .

tanggal 24 desember kita semua sepakat buat berangkat jam 07.00 wib pagi menuju gunung kencana tapi karena lu tau dah ye kebiasaan jelek orang indonesia, jadi kita berangkat jam 08.30 wib dari rumah gue di daerah jakarta samping depok . karena ada kemacetan di perjalanan akhirnya kita sampe basecamp/tempat parkir motor jam 11.30 wib .

Sesampainya di basecamp kita semua langsung istirahat dan sedikit berdiskusi kapan memulai pendakian, setelah diskusi selesai dan mencapai kesepakatan akhirnya kita memutuskan untuk memulai pendakian jam 13.00 wib .

Tepat jam 13.00 wib kita memulai pendakian , perjalanan dari basecamp/parkiran motor ke pintu masuk sekitar 15menit, sesampainya di pintu masuk gunung kencana kita melapor kepada petugas dan membayar biaya masuk sebesar Rp 20.000, setelah semua selesai kita memulai pendakian , tidak lupa setiap sebelum melakukan pendakian kita wajib berdoa agar di beri keselamatan dan kekuatan ketika pendakian .

Trek awal yang di lalui adalah kita harus menaiki terlebih dahulu yang namanya "Tanjakan Sambalado" kurang lebih ada sekitar 142 tangga yang harus kita lalui , kenapa gue tau ada 142 tangga karena temen gue ada yang ngitungin hehe kalo lu kaga percaya lu datengin dah tuh gunung, itung sendiri ada berapa itu tangga .

Setelah melalui trek tangga yang lumayan bikin dengkul oglek, trek selanjutnya adalah tanah kering yang tidak begitu terjal, menurut gue gunung kencana ini cocok untuk pemula seperti gue karena tanjakan tanjakan nya tidak terlalu tinggi, dan perjalanan untuk sampai puncak tidak begitu lama, kemaren gue sama temen-temen membutuhkan waktu sekitar 30menit untuk sampai puncak .

Sesampainya di puncak gue langsung keliling nyari spot yang enak buat diriin tenda, karena waktu itu gue bawa 3 tenda, engga lama gue langsung nemu spot yg datar dan cukup untuk bikin 3 tenda (di puncak kencana luas cukup buat bikin puluhan tenda) . karena kerja sama yang apik dari kita semua maka ngebangun 3 tenda kaga begitu lama, kaga lupa gue pasangin fly sheet tuh atas tenda biar buat masak-masak atau ngopi-ngopi . selesai semua aktivitas akhirnya kita makan siang yang sengaja gue beli dari bawah jadi pas di atas tinggal makan doang . pas udah kenyang masing-masing orang pada punya kegiatan dah, ada yang maenan ludo, ada yang foto-foto di puncak, ada yang bikin instastory ampe ada yang langsung tidur saking lelah nya itu orang . kita menghabiskan waktu dengan kegiatan masing-masing .

hari semakin sore langit pun semakin berwarna orange tanda-tanda bahwa matahari akan pergi meninggalkan kita untuk sementara waktu, semua makhluk yang sedang ada di puncak gunung kencana pun langsung pada ke pinggir agar tidak terlewat keindahan sunset dari situh .

Udeh pada puas menikmati keindahan sunset , gue dan temen-temen pun langsung balik ke tenda untuk bersiap bikin makan malam, tapi karena di antara pasukan kita ada 3 orang wanita jadi kita serahkan urusan masak-memasak kepada wanita hehe

Angin malam pun berhembus semakin kenceng, perut udah pada keroncongan dan makanan yang di tunggu-tunggu akhirnya selesai juga, sebelum makan kita pun berdoa terlebih dahulu, selesai berdoa langsung tanpa pikir panjang kite semua melahap abis menu makan malam itu . seperti kata orang-orang yaitu "kenyang bego" itupun di rasakan oleh sebagian temen-temen gue hahaha .

Satu per satu temen-temen gue pun pada masuk ke tenda bertumbangan karena kaga kuat sama dingin nya sikap itu gunung :( setelah sedikit menikmati city light dan bintang-bintang di langit gue pun langsung masuk ke tenda buat istirahat .

Jam 03.30 gue terbangun dari tidur gue yang menurut gue itu tidur ternyenyak selama gue naek gunung, gue pun keluar dari tenda kaget bukan maen ketika gue ngeliat 2 orang temen gue yang tidur di luar tenda cuma pake satu selimut, gue aja yang di dalem tenda pake sleeping bag masih kedinginan parah apelagi dia cuma pake satu selimut buat berdua, gokil emang tuh orang kulit badak.

Jam 05.30 matahari pun dateng kembali buat menghangatkan tubuh-tubuh kecil manusia, hanya saja tempat keluar tuh matahari ketutupan batang-batang pohon, jadi hanya bisa di nikmati oleh mata kita tanpa bisa di foto oleh kamera . setelah agak terang kita semua pun kembali berfoto-foto dengan view gunung gede-pangrango .

Jam 07.00 pun para wanita kembali memasak makanan untuk makan pagi sedangkan para lelaki dengan ke pea an nya bikin video yang gokil .

dengan selesai nya makanan yang di masak oleh para wanita, selesai pula para lelaki membuat video yang bikin berisik puncak kencana, abis ngerapihin semua peralatan masak dan makanan yang sisa kita pun semua bersiap untuk makan dan tidak lupa sebelum makan kita foto-foto dulu hehe harusnya mah berdoa yaaa ini mah foto-foto terus .

Makanan pun habis tanpa tersisa sedikit pun, selesai makan kita semua melakukan packing untuk turun, beberapa temen ada yang melepas fly sheet ada juga yang membersihkan sampah-sampah yang berserakan . selesai dengan semua itu kita pun bersiap untuk turun dan kaga lupa buat foto lagi hehe

yaapp sebelum perjalanan turun kita pun berdoa kembali agar dalam perjalanan turun tidak ada halangan sedikit pun dan bisa kembali kerumah dengan selamat , berdoa mulaaiii.....

tidak butuh lama untuk perjalanan turun karena waktu kita naik pun tidak terlalu lama .

Selesai sudah pendakian yang singkat ini, walaupun gunung nya pendek dan trek nya tidak terlalu terjal tapi kita kudu safety yaa jangan meremehkan gunung dan alam .

Terima kasih yang sudah mau membaca sampe abis, datang dan nikmati sendiri gunung kencana karena menurut gue itu tempat recommend banget apelagi buat pecinta sunset .