Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

paket murah wisata pulau tidung

magong
magong, pada 30 April 2013, 15.01
di Tour & Travel

JAKARTA, KOMPAS.com — Pulau Tidung di Kepulauan Seribu belakangan menjadi primadona bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan, terutama pada akhir pekan. Untuk mencapai Pulau Tidung, perlu menempuh perjalanan sekitar dua jam dengan kapal dari Muara Angke, Jakarta.

Pulau Tidung memiliki pantai pasir putih yang cantik, ditambah lagi dengan ikon Jembatan Cinta yang memiliki cerita unik di baliknya. Banyak hal yang membuat orang semakin tertarik mengunjungi Pulau Tidung.

"Daripada jauh-jauh ke Bali, ke sini lebih dekat," ujar Ketua Pelaksana Gabung Mulung Tidung (Ketua Pelaksana GMT) Bartasan Wauran, Minggu (30/9/2012).

GMT merupakan kegiatan wisata yang dipadukan dengan pelestarian lingkungan melalui hal sederhana, yaitu memulung sampah di seputaran pantai Pulau Tidung. Pada 29-30 September 2012 lalu, GMT memasuki kali ketiga dan diikuti oleh 1.400 peserta.

Menurut Bupati Kepulauan Seribu Achmad Ludfi, Pulau Tidung baru terkenal sekitar tahun 2009 karena mulai ramainya wisatawan backpacker. Di tahun 2011, wisatawan ke Pulau Tidung mencapai satu juta orang.

Ludfi menuturkan, rata-rata wisatawan yang datang ke Pulau Tidung memiliki masa tinggal paling lama 2 hari. Oleh karena itu, pemerintah daerah setempat sedang mencanangkan bagaimana agar wisatawan dapat memperpanjang masa tinggalnya.

Untuk itu, berbagai perbaikan akan dilakukan oleh pemerintah daerah setempat. Salah satunya, menurut Ludfi, dalam waktu dekat, pihaknya akan merenovasi Jembatan Cinta di Pulau Tidung.

Jembatan Cinta merupakan jembatan kayu yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung sebenarnya terdiri dari dua, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, jembatan yang menjadi ikon utama Pulau Tidung itu kini sangat memprihatinkan. Banyak bagian jembatan yang bolong, hangus terbakar, bahkan rapuh. Hal ini dapat membahayakan wisatawan jika tidak segera ada tindakan.

"Sudah ada anggaran Rp 6 miliar untuk memperbaiki jembatan. Sekarang pun fondasi-fondasi jembatan sudah mulai dibangun," kata Ludfi.

Selain itu, pemda juga mulai memerhatikan kemudahan transportasi menuju pulau, dengan memberi izin kapal tradisional dan kapal ojek untuk mengangkut penumpang menuju pulau.

Tak banyak yang tahu pula jika Pulau Tidung memiliki daya tarik wisata lain, tepatnya wisata sejarah. Di Pulau Tidung Besar terdapat Makam Raja Pandita. Konon, itu adalah makam seorang raja dari Malaysia yang datang ke Tidung. "Rencana pengembangan wisata makam yang ada di Tidung Besar juga sedang dibangun," tutur Ludfi.

Adanya kegiatan GMT di Pulau Tidung menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Tidung. GMT yang diikuti 1.400 peserta memiliki potensi, terutama sebagai sumber penghasilan masyarakat lokal.

GMT kali ini merupakan yang ketiga. Menurut Bartasan Wauran, kegiatan tersebut akan terus terlaksana atas dukungan pemda setempat. "Harapannya agar pemda terus mendukung kegiatan kami. Jadi, kegiatan ini bisa lancar," tambah Bartasan Wauran.

Untuk wisata klik paket pulau tidung


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com