Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Nyari Teman untuk Backpacker ke Makassar 4-7 Oktober 2013 Update

sartika bae
sartika bae, pada 4 Sep. 2013, 2.47
di Cari teman jalan

Start: 4 Okt. 2013, 14.50

Assalamu'alaikum.
Alhamdulillah setelah sukses backpackeran ke Lombok bareng komunitas K*sKus dan BPI. :matabelo Bisa dilihat FR nya di blog ane : http://tikabae.blogspot.com/
Saya mau ngajak lagi nih ke salah satu pulau terkaya di Indonesia yaitu Sulawesi, tepatnya kita bakal explore Makassar dan pulau2 eksotis sekitarnya.:matabelo
Jadwal ane :
4 Oktober 2013 --> CGK-UPG : 21:50
7 Oktober 2013 --> UPG-CGK : 19:50
Siap-siap yang dari Jkt cuti untuk hari Senin nya.
Karena waktu yang singkat, terpaksa kita harus memilih destinasi wisata disini.
Ini itinerary sementaranya.
ITINERARY TO MAKASSAR
05 Oktober 2013
00.20 : Meeting point di bandara Sultan Hasanudin.
- Tujuan pertama adalah ke Tana Toraja.
Dari bandara Sultan Hasanudin kita sudah melakukan pemesanan mobil travel untuk menjemput dan langsung berangkat ke Tana Toraja.
Perjalanan Makassar-Tana Toraja memakan waktu 8-9 Jam. Kenapa dipilih menggunakan mobil travel, karena biasanya Bus beroperasi hingga jam 10 malam dengan tujuan Tana Toraja.
09.00 : Sampai di Tana Toraja. Lansung explore Rumah adat, penduduk setempat, pemandangan, upacara pemakaman yang ‘meriah’ (kalo ada) dan kuburan alami.
Eksplore toraja selatan
- Buntu Pune
- Kete Kesu
- Pala Toke (arahnya lebih ke dlm dari kete kesu)
- Lemo
- Londa
- Kambira
- Museum di Suaya
- Suaya (makam raja2)
- Makale
Untuk bepergian kebeberapa objek wisata kita bisa menyewa motor. Harga penyewaan motor di sini mahal yaitu 80K, tapi baiknya disharing ber2.
17.00 : Bersiap pulang ke Makassar. kita bisa menggunakan Bus seperti: bus Litha, Bintang Prima, Bintang Timur, Batu Tumonga, Charisma, Metro Permai, dan lain-lain. Bus nya sendiri untuk fasilitas ber ac sekitar 100.000 Sedangkan untuk yang Non AC tarifnya 75.000. Untuk lebih menghematbiaya kita bisa menggunakan bus yang non AC. Udara tidak akan terasa panas apabila anda memilih perjalanan pada malam hari. Kalau anda menginginkan bus yang lebih nyaman anda bisa memilih bus dengan fasilitas AC. Lagipula tarif nya tidak terpaut jauh dengan bus yang Non AC. Sebaiknya memesan tiket 2-3 hari sebelum hari pemberangkatan
Sumber : http://www.oladoo.com/2012/10/wisata-tanah-toraja-sulawesi-selatan.html
06 Oktober 2013
05:00 : Mengejar Sunrise di Pantai Losari.
06:00 : Mengendarai mobil pribadi ataupun sewa mobil dari Makassar ke Tanjung Bira, kota kecil terakhir di ujung selatan pulau Sulawesi. Dari Makassar sampai Tanjung Bira butuh sekitar 6-8 jam perjalanan.
14:00 : Sesampainya di Tanjung Bira, langsung arahkan mobil menuju pelabuhan kapal ferry dan beli tiket ke Selayar untuk penumpang dan mobil anda di loket pembelian tiket. Saat ini jadwal keberangkatan ferry menuju Selayar, berangkat setiap hari pada pukul 2 siang. Perjalanan menuju pelabuhan Pamatata di Selayar membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Oleh karena jadwalnya hanya satu kali sehari (Selayar-Tanjung Bira pagi hari; Tanjung Bira-Selayar siang hari), dan kalau tidak berencana menginap di Tanjung Bira, pastikan tidak terlambat sampai di Tanjung Bira, jangan sampai ketinggalan jadwal ferry. Tapi seandainya ingin menginap di Tanjung Bira juga tidak masalah, oleh karena tempatnya nyaman, pantainya indah, dan ada beberapa penginapan di sana.
16:00 : Setelah sampai di Selayar, untuk menuju kota Benteng, butuh waktu sekitar 1 jam lagi. Pemandangan selama perjalanan sangat eksotis, khas pemandangan pantai tropis, di sisi kanan pantai yang memanjang dari utara ke selatan, diselingi ribuan pohon kelapa.
17:00 : Sesampainya di kota Benteng, perjalanan menuju pelabuhan menuju pulau Tinabo tidaklah jauh, sekitar 10 menit. Oleh karena Benteng adalah kota terakhir, maka bila membutuhkan sesuatu seperti sabun mandi, sabun cuci, celana, baju, obat, ataupun hal-hal lain; di sinilah tempatnya. Di sini juga tempatnya, bila hendak menarik uang dari mesin ATM, ada beberapa ATM bank, di antaranya Bank Mandiri, BRI, dan Danamon.
17:15 : Sampai disana karena hari sudah sore, maka dilanjutkan dengan jalan2 pinggir pantai nungguin sunset. Snorkeling dilakukan keesokan harinya.
Biaya menyewa boat belum diketahui berapa harganya.
Mohon bantuannya jika ada yang tau
Atau jika tidak mengunakan mobil travel, kita bisa menggunakan pilihan lain yang cukup ekonomis adalah dengan naik bis dari Makassar hingga Benteng. Lama perjalanan sekitar 12 jam, dengan rute perjalanan yang sama dengan apabila kita mengendarai mobil.
Jika menggunakan alternatif ini maka wisata bahari kita lakukan di hari pertama, karena keberangkatan Aviastar hanya ada di hari Sabtu.
Untuk mempersingkat waktu yang digunakan dalam perjalanan Makassar-Selayar adalah dengan menempuh jalur udara. Dari Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar) menuju Bandara H. Aeropala (Selayar). Jadwal penerbangan Aviastar Airlines (DHC-6) setiap hari Sabtu pukul 7.05 Wita dengan harga tiket Rp. 210.000,- dan lama perjalanan ±45 menit. Tarif tersebut belum termasuk Airport Tax. Agen tiket Aviastar di Bandara H. Aroepala Selayar CP an. Rostina HP (085 395 759 311). Agen tiket Aviastar di Makassar CP an. Devi HP (081 355 750 076).
Perjalanan menuju Pulau Tinabo diawali dengan perjalanan darat dari Benteng ke Pelabuhan Pattumbukan menggunakan mobil sewaan dengan lama perjalanan 1,5 jam. Setelah itu, perjalanan laut menuju Pulau Tinabo dapat dilakukan menggunakan kapal kayu jolloro dengan waktu tempuh sekitar 4 – 5 jam atau menggunakan kapal cepat (speed boat) dengan waktu tempuh sekitar 1,5 – 2 jam. Pada jalur ini, para wisatawan dapat menikmati wisata alam yang terdapat di Pulau Tinabo khususnya para penyelam disuguhkan spot-spot penyelaman di Pulau Tinabo, Latondu sedangkan wisata budaya dapat dilakukan di Pulau Tarupa, Pulau Rajuni, dan Pulau Latondu.
Kalau menggunakan alternatif ini, kemungkinan kita bisa sampai lagi di Makassar keesokan harinya pada siang/sore hari. Dilanjutkan dengan Wisata kota Makassar. Dan hari berikutnya ke Tana Toraja.
07 Oktober 2013
14:00 : Explore kota Makassar. Fort Rotterdam, wisata kuliner, dan belanja oleh-oleh. Kayaknya ke p. Samalona bisa tapi mepet. Nanti disesuaikan.
Sumber : http://makassarsekarang.blogspot.com
18:30 : Bandara Sultan Hasanudin keberangkatan 19:50 UPG-CGK
Alternatif destinasi liburan :
Sumber:
- Pulau Samalona
- Taman Nasional Bantimurung
Untuk Jumlah peserta tidak dibatasi, karena sesuai pengalaman kemarin2 semakin banyak yang ikut sharing cost akan lebih murah. :ngakak
Oiya untuk budget di Makassarnya blm sempat ane hitung, soalnya banyak fee yang mesti dibayar untuk transportasinya, dan jalur yg dipakai juga blm pasti, apalagi jumlah peserta
*New
Info yang didapat :
- klo budget, rata2 tempat wisata itu masuknya bayar 20-30rb/org
- ke samalonanya 350-450rb/ kapal, 1 kapal muat 10-15rb org
- sewa alat snorkling 50rb/org
- ke toraja, carter mobil 500-700 rb/ hari blom ama bensin, klo naik bis 120 bis AC
- toraja juga sama, masuk k t4 wisata sekitaran 20-30rb/ org
- klo angkot 3rb/rute, soalnya kendaraan buat ke tempat2 wisata itu lumayan jauh-lah
- klo motor d toraja mungkin 70rb-an sehari
- di makasaar blom tau
- makanan sama kayak d jakarta sekitar 10rb-an
- penginapan sekitar 200k/hari/2org, tapi kayaknya ini bisa dipres lg
- ke bira naek mobil sekitar 6 jam, masuk kawasan disana bayar 30an rb, penginapan 100an ke atas, ada rumah panggung untuk beberapa jam sekitar 50rb an (tp mending ngemper aj dibawah pohon )
- nyebrang ke pulau liukang sekitar 300-400rb, makan disana lumayanlah harganya
- trus klo mau jalan kmana2nya dri bira ke pantai2 lainnya agak jauh
- dri tj bira ke t4 pembuatan kapal phinisi sekitar 30-60 mnt
Yang mau ikutan bisa contact ke : 085664803180 (Tika)
Sebutin Nama_Asal_NickKasKus.
Selamat mempersiapkan
Update peserta :
1. Ane
2. Temen ane
3. Rahman (K*skus JKT)
4. Edi (K*skus JKT)
5. Minar (BPI Bali)
6. Yunus (BPI Bdg)
7. Ilham (BPI Mksr)
Wassalammu'alaikum.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

sartika bae
sartika bae
sartika bae Sr.
pd. 9 Okt. 2013, 17.30

Alhamdulillah acara lancar,,,thanks BPI

Suka 0
imay
imay
imay Jr.
pd. 2 Okt. 2013, 16.22

aku rencana tgl 08okt ada dines ke makassar,,mgkn ada yang bisa nemenin jalan sekitar makassar aja untuk tanggal 8 malem :aselole:
kalo ada, bisa PM ya

Suka 0
cestmoi
cestmoi
cestmoi Pro.
pd. 2 Okt. 2013, 14.31

Maaf numpang jualin tiket gan, kebetulan ane ada dines keluar kota, mau jual tiket air asia ke amkasar 12-14 okt, yg minat boleh PM ane, makasih

Suka 0
nugoraharjo
nugoraharjo
nugoraharjo Jr.
pd. 30 Sep. 2013, 9.57

[quote=Yudy Natalia]minat nihh, tapi gak ek tana toraja kah?[/quote]

ada penampakan maknluk ini lagi, hehehehe

lw ntar ke toraja sendiri aja sis, biar bener2 jadi traveller n explorer sejati, hehehe,,, :D

Suka 0
sartika bae
sartika bae
sartika bae Sr.
pd. 25 Sep. 2013, 13.19

[quote=imay]kira' budget brp ya???[/quote]

1 juta kisarannya sist :bigsmile:

Suka 0
imay
imay
imay Jr.
pd. 24 Sep. 2013, 8.25

kira' budget brp ya???

Suka 0
one491
one491
one491 Jr.
pd. 23 Sep. 2013, 22.23

*menyimak*

Suka 0
sartika bae
sartika bae
sartika bae Sr.
pd. 20 Sep. 2013, 11.30

Update itinerary:

05 Oktober 2013
00.20 : Meeting point di bandara Sultan Hasanudin.
- Tujuan pertama adalah ke Tana Toraja.
Dari bandara Sultan Hasanudin kita sudah melakukan pemesanan mobil travel untuk menjemput dan langsung berangkat ke Tana Toraja.
Perjalanan Makassar-Tana Toraja memakan waktu 8-9 Jam. Kenapa dipilih menggunakan mobil travel, karena biasanya Bus beroperasi hingga jam 10 malam dengan tujuan Tana Toraja.
09.00 : Sampai di Tana Toraja. Lansung explore Rumah adat, penduduk setempat, pemandangan, upacara pemakaman yang ‘meriah’ (kalo ada) dan kuburan alami.
Eksplore toraja selatan
- Buntu Pune
- Kete Kesu
- Pala Toke (arahnya lebih ke dlm dari kete kesu)
- Lemo
- Londa
- Kambira
- Museum di Suaya
- Suaya (makam raja2)
- Makale
Untuk bepergian kebeberapa objek wisata kita bisa menyewa motor. Harga penyewaan motor di sini mahal yaitu 80K, tapi baiknya disharing ber2.
17.00 : Bersiap pulang ke Makassar.

06 Oktober 2013
05:00 : Mengendarai mobil pribadi ataupun sewa mobil dari Makassar ke Tanjung Bira, kota kecil terakhir di ujung selatan pulau Sulawesi. Dari Makassar sampai Tanjung Bira butuh sekitar 6-8 jam perjalanan.
14:00 : Sesampainya di Tanjung Bira, langsung eksplor tanjung Bira, foto2, berenag, snorkeling, dsb. Dilanjutkan ke tempat pembuatan kapal pinisi.
19:00 : Pulan kembali ke Makassar

07 Oktober 2013
05:00 : Sunrise Pantai Losari
06:00 :Explore kota Makassar. Fort Rotterdam, wisata kuliner, dan belanja oleh-oleh.
10:00 : Explore Pulau Samalona
18:30 : Bandara Sultan Hasanudin keberangkatan 19:50 UPG-CGK

1. Ane
2. Temen ane (blm ada konfirmasi)
3. Rahman (Kaskus JKT)
4. Edi (Kaskus JKT belum ada konfirmasi lanjutan)
5. Minar (BP* Bali)
6. Ilham (BP* Mksr)
7. Yatno (BP* Makassar)
8. ada 5 orang lagi yang mau ikutan (1 rombongan gabungan)
9. Butuh sekitar 6 orang lagi supaya bisa genap pakai 2 mobil...yang mau ikut yuk join :)

ayo yang mau ikutan lagi nih...

Suka 0
sartika bae
sartika bae
sartika bae Sr.
pd. 14 Sep. 2013, 15.19

:kecewa: mana lagi nih yang mau ikutan

Suka 0
sartika bae
sartika bae
sartika bae Sr.
pd. 10 Sep. 2013, 7.28

[quote=yaksamaw]Hi..!! ^^

dah nemu temen belum? sy orang makassar yang skrng stay d bekasi... well, sy emang blom pernah ke toraja tapi kalo ke bira luamayan sering. Ngeliat rundownnya apa nantig capek? Mks-toraja-mks-bulukumba jauh bgt looh.. apa lagi jalanan ke toraja luamayan berkelok.. kalo emang sanggup sih yah silahkan,, tp kalo nga,, saran saya pilih jalur bira dulu atau toraja dulu, kalau misalnya pilih jalur bira dulu,sepanjang perjalanan juga banyak kok tempat yang bisa disingahi,, bisa maen ke takalar dulu, terus bantaeng baru ke pantai biranya, nah apa lagi masih mau ke selayar. saran saya maksimalkan di wisata air di pulau selayarnya,menyeberang ke takabonerate.. untuk cost kayaknya 1 juta cukup diluar tiket pesawat... CMIIW... ^^[/quote]

ada beberapa temen gan,,,tapi butuh yang asli orang sana, ayo ikut aja gan,,,hehe. rencananya hari 1 ke tana toraja ke 2 lanjut ke bira, untuk hari ke 3 wisata kota aja,,boleh PM kontaknya gan? :aselole:

Suka 0

© backpackerindonesia.com