Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Nenek moyangku seorang Pelaut - Tanah Para Pembuat Perahu dan Pelaut yang Tangguh

AyoNgetrip
AyoNgetrip, pada 14 Sep. 2013, 9.31
di Galeri

Sebuah tempat pembuatan kapal Phinisi di pesisir Tana Beru - Sulawesi Selatan

Perahu Pinisi merupakan perahu tradisional masyarakat Bugis Makassar. Perahu ini sudah ada sejak zaman nenek moyang orang Indonesia. Perahu inilah yang membuktikan Indonesia dahulu adalah negara maritim yang besar dengan budaya pelaut dan pembuat kapal yang tangguh. Awalnya, perahu Pinisi pelaut Indonesia mengandalkan angin sebagai pendorong laju perahu. Karenanya, perahu Pinisi dahulu menggunakan layar pada bagian depan dan belakangnya.

Seiring dengan makin berkembangnya peradaban, perahu Pinisi kini sudah ada yang menggunakan mesin motor diesel sebagai tenaga pendorongnya. Berbeda dengan ukuran asli, perahu Pinisi yang sudah menggunakan mesin motor berukuran lebih besar, dengan ukuran panjang sekitar 20 meter dan mampu menampung beban hingga 30 ton. Satu perahu tersebut dikerjakan oleh lebih dari sepuluh orang dan pengerjaannya bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan.

Gambar kapal besar setengah jadi di foto ini dikerjakan oleh 12 orang, dan memakan waktu 8 bulan pengerjaan.. LUAR BIASAAAAA


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

bendoel
bendoel
bendoel Newbie
pd. 23 Sep. 2013, 11.50

mantab gan

Suka 0

© backpackerindonesia.com