Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Kampung Salang,Tioman Island, Malaysia

Putri Lovely Usagi
Putri Lovely Usagi, pada 27 Sep. 2011, 6.23
di Tanya & Jawab

Hi All,

Buat kamu yg sedang di Malaysia dan memiliki banyak waktu jalan2 di negeri jiran ini, tidak ada salahnya mengunjungi salah satu pulau yg terkenal di dekat Johor, pulau Tioman namanya.
Secara administratif, Tioman termasuk bagian dari negeri Pahang.
Sebenarnya di pulau Tioman ada beberapa kampung yg juga akan menjadi tempat pemberhentian (dermaga) ferry, seperti kampung genting, kampung paya, kampung ABC dan Salang. Tujuan saya adalah kampung Salang, eman2 di KL merekomendasikannya krn terkenal dgn pantai yg bersih serta koral yg masih asri.

Perjalanan ke Tioman bisa ditempuh dengan naik bus dr KL to Mersing di Terminal Bersepadu selatan (TBS),lama perjalanan sekitar 4.5 jam . harga tiketnya RM.30 sekali jalan.
Dari terminal baru Mersing ke Jetty (dermaga)bs ditempuh dgn berjalan kaki sekitar 10 menit saja, jaraknya tdk tll jauh mungkin krg lebih 500m.
Setibanya di jetty, saya membeli tiket ferry express seharga RM.35 sekali jalan. skedul keberangkatan ferry dr jetty mersing ke Tioman sangat beragam, paling pagi itu pukul 8 waktu Malaysia. Perjalanan ditempuh dgn waktu sekitar 2.5 jam.

Sesampainya disana, kami mencari penginapan. Ada berbagai chalet dan resort menawarkan harga bervariasi, range nya sekitar RM 40 - RM 300 tergantung fasilitas. Hotelnya jg menawarkan paket tour keliling pulau harga berkisar RM 70 - 100 tergantung paket yg diambil. Untuk urusan perut, terdapat beberapa kantin yg menyediakan berbagai menu utk sarapan, lunch ataupun bbq di malam hari. Harganya mulai dr RM 3, masakannya juga lumayan enak. Sebagai info, dsni juga terdapat duty free store, yg katanya harganya lebih murah dibandingkan jika membeli liquor/minuman or coklat di toko2 biasa. Disamping itu, bir jg dpt diperoleh dgn harga murah RM 10 utk 3 kaleng.
Buat yg ingin diving, silahkan mendatangi beberapa diving cnter yg menyediakan fasilitas dan tour ini, kalau saya sih beraninya snorkeling aja :D.

Bisanya tour keliling pulau dimulai pukul 10 setiap paginya, boat menuju bbrp spot snorkeling dan pantai, sangat menyenangkan. tour berakhir pukul 3 sore harinya kembali ke kampung salang.
Tetapi memang benar, lautnya bening, taman lautnya jg sangat indah, ikannya juga lumayan banyak. mungkin sperti kebanyakan taman laut di Indonesia, tapi sayang saya belum berkesempatan mengunjungi taman2 laut negeri sendiri. Mudah2an dlm waktu dekat ada kesempatan baik utk lebih menikmati laut Indonesia, merdeka!! :D

akhirnya perjalanan saya berkahir, dr kampung salang saya kembali ke Mersing. setibanya di mersing saya membeli sedikit oleh2 dan kenang2an dari Tioman.
Kalau teman2 berminat, silahkan atur rencana perjalanmu mengunjungi pulau Tioman :)


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

betmen
betmen
betmen Newbie
pd. 18 Juli 2013, 8.25

kelihatannya keren, ntar mei 2014 diajak teman2 BP untuk ke sg - kl, mungkin bisa mampir ke pulau tioman ini, kalau misalnya hanya 1 hari nginep di tioman cukup ga?

Suka 0

© backpackerindonesia.com