Trending

mawardiBPI
mawardiBPI, pada 12 Juni 2014, 3.57
di Blog

Bersama dengan Backpaker Indonesia, yang awalnya akan di ikuti oleh lebih dari 60 orang, yang akhirnya di ikuti oleh 48 orang dari berbagai kota di indonesia...
Ini catatan yang bisa saya rangkum
Tgl 23 Mei sore saya melakukan perjalanan darat dari paiton (3 orang) menuju pelabuhan Ketapang Banyuwangi untuk berkumpul dengan teman-teman yang via KA (Jakarta, Pekalongan, Malang, Sidoarjo) yg sudah datang duluan sekitar 11 orang.
Setelah semuanya siap kita nyari angkutan bis menuju Ubung....kira-kira jam 23:30an bis yang menuju bali datang.....(saran saja coba aja nyari di Gilimanuk yang langsung ke padang bai, karena ada teman yg dapat), di tengah perjalanan di bali tiba-tiba kita di bangunkan oleh kernet untuk pindah angkutan yang akan mengangkut ke padang bai....(ngak tahu daerah mana...),
Tgl 24 Mei...tiba di Padang bai sekitar jam 6:30an..kita langsung cari warung untuk ngisi perut dulu, dapat warung jawa, setelah semua sarapan perjalanan kita lanjutkan menuju ke lembar dengan lama perjalanan di atas laut kurang lebih 4-5 jaman..sesampainya di lembar kita langsung nyanter kendaraan kearah aikmel..
Di aekmel kita langsung dapat kendaraan bak terbuka yang akan mengantar kita menuju desa sembalun...sampai sembalun pos perijinan sekitar jam 18san dan di sini juga sudah ada team yang lain yg sudah datang duluan....koordinasi dan cek peserta yang sudah datang dan belum datang, ada juga yang teman-teman lombok yang nyusul sampai pos sembalun jam 24san....setelah nyari koordinasi beres dan perijinan pendakian juga beres akhirnya nyari makan malam sebelum istirahat..
Tgl 25 Mei..pagi-pagi semua peserta sudah persiapan mulai nyari sarapan, repacking dan team porter juga sudah mulai berdatangan untuk mengangkut perbekalan kita serta tenda peserta...akhirnya sekitar jam 8nan kita mulai meninggalkan pos perijinan...
Selama perjalan ini kita di suguhi pemandangan padang savana dan perbukitan sehingga teman-teman menyebutnya pemberi harapan palsu (PHP) ha..ha...ha..untuk mencapai pos peristirahatan..sekitar jam 16san kita istirahat antara pos 2 dan pos 3..karena di perkirakan di Pos 3 tempat untuk mendirikan tenda sudah penuh...yo wes kita istirahat saja dulu....
Tgl 26 Mei Setelah istirahat cukup dan sarapan pagi hari ini kita akan lanjutkan perjalanan ke Pos Plawangan Sembalun yang akan melewati tujuh bukit penyesalan, nah di sini mulai peserta ada yang ke teter, terutama yang tidak biasa, tapi alhamdulillah walaupun agak terlambat semuanya bisa sampai yang terkahir jam 17san...
Jam 22:30 an saya coba bangunkan semua peserta untuk siap-siap guna mulai submit sekitar jam 24:00, setelah semuanya siap makan jam 24:00 lebih kita mulai jalan...
Tgl 27 Mei Perjalanan menuju puncak tidak mudah karena jalan yang berpasir, ada peserta yang sampai puncak jam 5 dan saya sendiri sampai puncak jam 7an, ada juga yang sampai puncak jam 11 siang dari cerita teman-teman...hanya sayang dari total 48 orang ada 3 peserta yang tidak sampai puncak walaupun tinggal sedikit lagi, mungkin karena kelelahan atau yang lainnya.
Turunnya sama halnya dengan naiknya tidak semudah apa yang di bayangkan, karena kita harus hati-hati sekali karena di kanan-kiri jurang...saya sampai di camp sekitar jam 14an ada juga teman yang sampai jam 16san...akhirnya team kita bagi dua yang sudah siap untuk turun ke danau saya persilahkan, tapi yang baru datang kita akan nyusul besok pagi.
Tgl 28 Mei, karena sebagian dan para porter sudah turun duluan ke danau maka perlengkapan kita sharing untuk membawanya, setelah sarapan kita akhirnya nyusul ke danau, sampai di danau sekitar jam 14san..dan saya informasikan bahwa nanti jam 4 berkumpul bersama untuk evaluasi, laporan, dan perkenalan...
Tgl 29 Mei perjalanan turun dari danau menuju senaru
Tgl 30 Mei Seluruh peserta saya drop ke senggigi yang akhirnya peserta bebas untuk pergi ke mana yang mereka inginkan

Salam
Mawardi

Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar