Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

ada yang pernah ke jerman?tolong bagi tipsnya dong untuk newbe...pliss..

aditya reza gumelar
aditya reza gumelar, pada 25 Maret 2012, 16.20
di Tanya & Jawab

hallo all...gw baru mau jadi backpaker nih..rencana gw 2014,,gw mau ke jerman ke kota KOLN(Cologne)...tapi gw ga tau apa aja yang harus di persiapkan lalu gw harus punya budged berapa dan tips"nya..jadi para senior dan suhu tolong bantu saya ya... :)


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

hansa_yup
hansa_yup
hansa_yup Newbie
pd. 19 Juni 2013, 13.31

wah..wah... seru nih ngomongin europe..
thx gan info2 nya, yg lain monggo ditambahin dong..
siapa tau bisa kesana juga nantinya hehee... :malu:

Suka 0
Agraka Backpacker
Agraka Backpacker
Agraka Backpacker Newbie
pd. 19 Juni 2013, 11.34

Cuma ke Cologne aja? Di Cologne obyek wisata terkenalnya kawasan Cathedral, sama Rheine Cruise dari Cologne ke Mainz (itu seharian cruisenya, tapi berhenti-berhenti ke beberapa kota tepi sungai Rheine nya yang cantik-cantik).Kalau di Jerman banyak kota-kota lain yang menarik seperti Berlin,Frankfurt,Munich (Bulan Oktober di Munich ada Oktoberfest),Rothenberg, Bumberg,dll.Di Jerman banyak kota tua yang cantik-cantik.Terutama kota yang berdekatan sama Swiss atau Austria. Ke Eropa kalau cuma 1 negara sebenernya rugi.Dari Cologne ke Paris juga bisa pakai Bus atau kereta.oke....semoga membantu.

Suka 0
Kimjun
Kimjun
Kimjun Newbie
pd. 27 Agu 2012, 9.17

Hai All,

saya juga masih newbie nih disini.. salam kenal semuanya..

anyway , saya juga salah satu dari Europe's dreamer... ahahhaaa

pengen juga ke Europe nih.. dan koq bisa sama sih.. rencana gw juga 2014 lah baru mau ksana..

siapin dulu budget & printilan kecil2nya.. such as visa dkk...

Reza, for your informantion.. ini gw copy dari web nya Germany Embassy.. gw jg masih browsing2 ajah nih..

Ketentuan visa kunjungan s.d 3 bulan (seperti untuk Turis dan perjalanan bisnis)/Visa Schengen

Permohonan visa harus sudah diajukan paling lambat 15 hari kalender sebelum rencana keberangkatan, dan paling cepat 3 bulan sebelum mulainya kunjungan. Pemohon visa harus selalu memperhatikan batas jangka waktu pengajuan ini.

Permohonan visa yang diajukan kurang dari 15 hari kalender sebelum keberangkatan, dapat kami proses berdasarkan keinginan dari pemohon. Apabila hal ini terjadi maka pemohon harus memperhitungkan bahwa keputusan akhirnya mungkin saja baru didapat pada hari-hari setelah rencana keberangkatan yang dijadwalkan semula.

Berkas-berkas diminta guna memungkinkan pihak berwenang di Jerman, mempertimbangkan apakah si pemohon telah memenuhi syarat yang berlaku untuk suatu kunjungan dan kemungkinan adanya risiko terhadap imigrasi ilegal serta apakah si pemohon dapat dilihat sebagai ancaman keamanan bagi negara-negara anggota lainnya.

Pada dasarnya pemohon visa harus menyertakan setiap berkas dalam bentuk asli dan fotokopi.

Jumlah dan jenis berkas disesuaikan dengan kriteria sebagai berikut:
1. Tujuan dari rencana kunjungan
2. Lamanya kunjungan dan negara yang dituju/berwenang situasi di negara asal.

Berkas ini diperuntukkan sebagai bukti untuk:

1. Tujuan dari kunjungan tersebut
adanya akomodasi atau kecukupan dana untuk pembayaran akomodasi dari pemohon
membuktikan keadaan, bahwa si pemohon memiliki kecukupan dana untuk biaya hidup selama masa rencana kunjungan termasuk di dalamnya bagi perjalanan kembali ke negara/tempat asalnya atau untuk transit ke negara ketiga, yang mana ia telah memiliki ijin kunjungannya, dan diperoleh secara ilegal sesuai dengan pasal 5 ayat 1 huruf c8 dan pasal 1 Ayat 3 dari Visa Kodex
keterangan mengenai niat pemohon, akan meninggalkan negara-negara anggota sebelum masa berakhirnya visa yang dimohonkan.

2. Bukti kecukupan dana untuk biaya hidup
Pemohon harus dapat membuktikan, bahwa ia memiliki kecukupan dana bagi pemenuhan biaya hidup, baik selama jangka waktu kunjungannya juga untuk perjalanan pulangnya ke negara asal atau tempat tinggalnya atau untuk transit ke negara ketiga yang mana telah dijaminkan ijinnya, atau mampu membuktikan bahwa dana ini diperoleh dari pekerjaan yang sah.

Yang dapat dijadikan berkas bukti adalah:
-Buku tabungan/rekening koran dengan tanggal teraktual yang memperlihatkan pergerakan saldo rekening pada suatu waktu tertentu (paling tidak 3 bulan)
-kartu kredit beserta tagihan kartu kredit
-travel check
-lembaran penerimaan gaji
-surat keterangan pekerjaan
-bukti terregistrasi yang menyatakan pengambilalihan tanggungjawab terhadap biaya dan/atau tempat tinggal pribadi

Secara rinci diperlukan berkas dokumen untuk pengajuan Visa Schengen sebagai berikut:
-formulir permohonan yang sudah diisi lengkap dan benar
-paspor atau dokumen perjalanan yang masih berlaku sedikitnya 3 bulan setelah masa berlaku visa kunjungan habis
-satu buah pasfoto terbaru, berwarna, latar belakang putih atau abu-abu muda (3,5 x 4,5 cm, biometris)
-bukti rute perjalanan dalam bentuk sebuah booking tiket penerbangan
sebuah surat pernyataan penjaminan (yang dibuat pengundang di hadapan pihak keimigrasian di Jerman) untuk perjalanan kunjungan, sebuah undangan dari mitra bisnisnya di Jerman bagi perjalanan bisnis atau berkas-berkas yang mana dapat dilihat bahwa si pemohon mampu mendanai sendiri perjalanannya
-Surat keterangan asli dari pemberi kerja di Indonesia, bahwa si pemohon bekerja di tempatnya
-bukti reservasi hotel dengan alamat lengkap dan nomor reservasi, langsung dari hotel yang bersangkutan di Jerman.

Asuransi Kesehatan Perjalanan

Pada saat pengajuan permohonan visa Schengen untuk satu kali atau dua kali perjalanan, pemohon harus menunjukkan asuransi kesehatan perjalanan yang berlaku selama perjalanan yang direncanakan. Pada kasus permohonan visa kunjungan untuk beberapa kali perjalanan, pemohon harus dapat membuktikan bahwa ia memiliki asuransi perjalanan untuk kunjungan pertamanya. Dalam hal ini pemohon harus menuliskan pernyataan dalam formulir permohonannya bahwa ia akan membuat asuransi yang memadai untuk setiap kunjungannya si masa yang akan datang.

Asuransi ini pada dasarnya dibuat di negara tempat tinggal pemohon. Namun apabila hal ini tidak memungkinkan, maka hal ini baru dapat dilakukan di negara lainnya. Asuransi ini dapat pula dibuat oleh pihak ketiga, misalnya dibuat oleh pengundang untuk pemohon.

Asuransi ini harus berlaku di semua negara Schengen dan juga berlaku selama masa kunjungan atau selama transit di negara Schengen selama masa berlaku visanya, dengan arti perlindungan asuransi hanya dibutuhkan selama masa kunjungan sesungguhnya dan tidak selama masa berlaku visa secara keseluruhannya. Asuransi kesehatan perjalanan ini harus mempunya pertanggungan minimal sejumlah 30.000,- Euro.

Kedutaan berhak untuk meminta berkas-berkas pendukung lainnya.

Pemohon visa di bawah umur 18 tahun, memerlukan tandatangan kedua orang tua atau orang yang memiliki hak perwalian di formulir permohonan. Penandatanganan formulir permohonan ini dilakukan oleh kedua orangtua di depan loket visa atau di kantor notaris setempat, dan disertai legalisasi terhadap tandatangan oleh pihak notaris tersebut.

Dokumen-dokumen, undangan, surat jaminan resmi dan sebagainya yang dikirimkan ke Kedutaan tanpa diminta, tidak akan mendapatkan perhatian dalam proses visa. Semua dokumen yang diperlukan harus dibawa langsung oleh pemohon saat mengajukan permohonan visa.

Pengajuan permohonan visa yang dikirimkan melalui pos, pihak ketiga atau Konsul Honorer (Bali dan Surabaya) tidak dimungkinkan.

Semua proses yang dilakukan di Bagian Visa adalah cuma-cuma, kecuali biaya visa atau biaya faksimili. Formulir permohonan diberikan cuma-cuma.

Biaya visa: (dibayarkan dalam rupiah sesuai kurs ECB).

Pemohon pada dasarnya membayar sebesar 60,00,- Euro, tidak tergantung dari jenis visanya dan tidak tergantung dari lokasi permohonan. Anak-anak di antara 6 sampai 12 tahun dikenakan biaya sebesar 35,00,- Euro. Anak-anak di bawah 6 tahun dibebaskan dari biaya visa. Pemohon akan menerima bukti pembayaran.

Bilamana pada penyerahan permohonan terdapat paspor atau berkas yang salah, dipalsukan atau palsu, maka hal ini dapat berakibat pada tuntuan dari pihak berwenang setempat. Selain itu permohonan tersebut akan ditolak.

Bagian Hukum dan Kosuler

Pada saat text ini dibuat, segala isi dari pedoman pengajuan permohonan visa ini telah sesuai dengan peraturan tentang Visa Kodex dari negara-negara Schengen. Dalam hal kelengkapan dan kebenarannya, terutama dikarenakan perubahan yang mungkin terjadi dalam kurun waktu setelahnya, tidak dapat kami jamin.

Posisi: April 2010

Jl. M. H. Thamrin 1
Jakarta 10310
Indonesien
Telefon: (0062-21) 39855-114-115
Telefax: (0062-21) 316 22 84
E-Mail: visastelle@jaka.diplo.de

Jam buka untuk mengajukan
permohonan visa turis dan bisnis (Schengen)
Senin – Jumat
07.30 – 11.30 WIB

Semoga membantu...^^

Warm Regards,
kimjun

Suka 0
talkaz
talkaz
talkaz Pro.
pd. 10 Agu 2012, 15.29

lama amat 2014 baru berangkat, semoga lancar aja perjalanannya

Suka 0
angileena
angileena
angileena Newbie
pd. 26 April 2012, 17.28

Hello there! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you I genuinely enjoy reading through your articles. Can you recommend any other blogs/websites/forums that deal with the same subjects? Thanks a ton![url=http:http://www.mytest-king.info/ITIL.html]itil v3 simulations[/url]
[url=http:http://www.mytest-king.info/CCIE.html]CCIE simulations[/url]
[url=http:http://www.mytest-king.info/Network-plus.html]Network+ simulations[/url]
[url=http:http://www.mytest-king.info/MCSA-2008.html]MCSA 2008 simulations[/url]

Suka 0
hiero_81
hiero_81
hiero_81 Newbie
pd. 10 April 2012, 5.01

Aku kebetulan sekitar tiga minggu yg lalu baru dari koln, tapi lewat belanda. Yg jelas dokumen yg utama visa ma parport dah beres. Naik malaysia airlines dari jakarta jam 8 malem, nyampe bandara schiphol jam 6 pagi, lanjut ke Enschede (kota perbatasan dengan jerman) pake kereta, dari enschede lanjut ke munster terus ke koln. Lumayan indah dengan katedralnya yg letaknya persis di depan stasiun Koln. Klo mau keliling kota bisa naik mobil yg didesain kayak kereta, cuma 6 euro dah bisa keliling koln.

Suka 0
aditya reza gumelar
aditya reza gumelar
aditya reza gumelar Newbie
pd. 26 Maret 2012, 12.50

thank's bro...^^

Suka 0
byteeater
byteeater
byteeater Hero
pd. 26 Maret 2012, 8.02

google it first! liat2 web semacam lonely planet mungking lebih membantu.

Suka 0

© backpackerindonesia.com