Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Trip Festival Lembah Baliem 2012

2_Day_Trip
2_Day_Trip, pada 2 Agu 2012, 17.52
di Cari teman jalan

Start: 7 Agu 2012, 17.00

Salam ransel semua .Gw mau ngetrip ke Wamena Liat Festival Lembah Baliem 2012 ,berangkat tgl 8 Agustus 2012 pulang tanggal 11 Agustus 2012.mungkin ada yang mau gabung?
Intin
1. Jakarata - Jayapura = ane Brangkat Tgl 8 jam 05.00 Pagi dari jakarta ke jayapura - Pulang tanggal 11 jam 18:35 Jayapura - Jakarta (Bisa di Cek di Garuda http://www.garuda-indonesia.com )
2. Jayapura - Wamena = Menggunakan Pesawat Trigana Air ( Berangkat 10:40 dari Jayapura Ke wamena - Pulang 12:35 dari wamena - Jayapura ) ( Bisa di Cek di http://www.trigana-air.com/html/module.php )
Kali aja ada yang kesana kita bisa sharing cost Penginapan
Festival Budaya Lembah Baliem 2012 yang melibatkan suku-suku yang ada di Kabupaten Jayawijaya, seperti suku Dani, suku Lani, dan suku Yali rencananya akan dihelat mulai tanggal 8 sampai 11 Agustus 2012. Pada hari Senin, Selasa dan Rabu kegiatan akan berlangsung di Kampung Wasilimo Distrik Usilimo dan hari Kamis bertempat di Wamena. Kegiatan tahunan yang selalu diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya ini dimaksudkan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya suku-suku di Lembah Baliem Kabupaten Jayawijaya
Festival Budaya Lembah Baliem 2012 akan dimeriahkan dengan kegiatan seni dan budaya diantaranya pertunjukan perang antar suku (sejarah perang suku), penampilan tari-tarian adat, pertunjukan balapan karapan anak babi (pig racing), puradan (permainan melempar tombak ke arah bulatan rotan yang sedang berputar saat dilemparkan), sikoko (permainan menggunakan kayu jenis pion yang di lemparkan menuju sasaran yang sudah ditunjuk), lomba memainkan alat musik tradisional tiup (pikon) dan berbagai macam perlombaan kebudayaan bagi wisatawan asing seperti melempar tombak (sege) ke sasaran yang sudah di tentukan dengan tepat dan panahan (memanah sasaran pada batang pisang).
Untuk menampilkan stimulasi perang-perangan, Kampung Wosiala, Desa Wosilimo di Distrik Kurulu, pemerintah daerah telah mempersiapkan sebidang tanah lapang dengan luas sekitar 400m x 250m, yang dapat menampilkan pertunjukan perang-perangan sekitar 500-1000 penari.
Pementasan perang-perangan biasanya dijadwalkan selama 2 hari dengan menampilkan perang antar suku dari sekitar 26 kelompok perang-perangan yang terdiri atas 30-50 orang per kelompok. Lalu di tempat terpisah juga menampilkan permainan musik tradisional pikon yang diciptakan dari kulit kayu yang disebut dalam bahasa daerahnya “hite” (kulit kayu untuk busur panah). Sementara lagu yang dimainkan merupakan ungkapan isi hati sang pemain musik yang di bunyikan lalu diperdengarkan untuk menghibur hatinya maupun para pendengar. Uniknya, tidak semua orang Lembah Baliem dapat memainkan alat musik ini, karena membutuhkan keahlian khusus.
Khusus atraksi lomba lempar sege dan panahan diperuntukan kepada wisatawan manca negara sebagai penghormatan atas kunjungannya. Wisatawan manca negara juga dapat mencoba untuk menghayati budaya Lembah Baliem dengan memakai koteka dan menghitamkan tubuhnya sebagaimana penduduk asli jaman dulu, sehingga turut menyemarakkan suasana festival.
Untuk dapat sampai ke Lembah Baliem, pengunjung harus melewati bandara utama Provinsi Papua, yakni Bandara Sentani. Bandara Sentani dapat diakses dengan menggunakan maspakai penerbangan dari Jakarta, Surabaya, maupun Manado. Setibanya di Bandara Sentani, pengunjung dapat meneruskan perjalanan dengan pesawat jenis Hercules maupun Twin Otter menuju Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya.
http://www.indonesia.travel/id/event/detail/458


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

bento
bento
bento Sr.
pd. 5 Agu 2012, 16.15

Nunggu dinas ke jayapura dulu ya kk, soalnya harga tiketnya lumayan :D

Suka 0

© backpackerindonesia.com