Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Menteri Pariwisata Kita Yang Baru

brightdidi
brightdidi, pada 7 Nov. 2014, 13.15
di Tanya & Jawab

Senam jantung karena Saga pemilihan menteri yang akan mengisi kabinet presiden terpilih Joko Widodo tidak hanya dirasakan oleh sekalangan elit di Ibukota namun juga sampai di ujung timur pulau Jawa, kabupaten Banyuwangi, tempat saya beraktifitas sehari-hari. Bagaimana tidak, rumor tentang akan diangkatnya bupati Banyuwangi Abdulah Azwar Anas sontak membuat seluruh rakyat Banyuwangi khawatir, khawatir kehilangan bupati kesayangan mereka. Ya, dengan apa yang telah dilakukannya terhadap kabupaten ini, tempat wisata yang semakin cantik, rangkaian Banyuwangi festival, jalan-jalan yang bagus, kemudahan dalam birokrasi, kedekatan beliau dengan segala golongan, sosok bupati Anas telah menjadi public darling, dan mencapai puncaknya beberapa bulan terakhir ini.

Sayapun juga merasakannya, sebagai orang yang mengais rezeki di bidang bidang pariwisata, kepergian bupati Anas bisa saja mengembalikan kondisi bidang yang saya tekuni ke beberapa masa lampau, walau kekhawatiran itu hanya sejenak saja setelah sinyal dari beberapa kepala dinas yang saya kenal secara personal akan menyatakan bahwa bupati Anas akan bertahan. Nah saya seketika melupakan soal pemilihan menteri pariwisata begitu tahu menteri terpilih bukan pak Anas - sebutan akrab kami ke beliau -, saya malah excited dengan penunjukan Ignatius Jonan sebagai Menteri Perhubungan dan Susi Pudjiastuti sebagai menteri Perikanan dan Kelautan, lengkap dengan kehebohan publik soal dua sosok ini, yang banyak dishare ke berbagai sosial media.

Akhirnya saya ngeh dan kembali tertarik soal pengisi pos Menteri Pariwisata, karena pertama Pak Arief Yahya ini adalah orang asli Banyuwangi, sama dengan Bupati Anas. Kedua beliau adalah alumnus SMAN 1 Glagah, yang berarti sama dengan saya, hehe (maaf saya tahu ini gak penting buat Anda). Dan ketiga, mungkin karirnya di PT. Telkom adalah sebuah prestasi, namun cukup kompeten kah Arief Yahya menggantikan Marie Elka Pangestu mengurus kementrian Pariwisata, ini yang penting.

Beban yang diemban Arief Yahya bisa dibilang tidak mudah, Presiden Jokowi secara gamblang menyampiakan bahwa sektor Pariwisata harus bisa memberikan sumbangsih signifikan terhadap PDB Indonesia, tak tanggung Presiden Jokowi menargetkan 20 juta kunjungan wisatawan asing hingga 2019 (selama masa jabatan). Dengan kondisi terakhir (selama dijabat Marie Elka Pangestu) kunjungan wisman hanya sekitar 8,7 juta. Sanggupkan sosok Arief Yahya?

Selama berkarir di PT. Telkom prestasi yang diraih beliau tidak bisa dibilang sedikit, saya kutip dari wikipedia setidaknya ada 31 prestasi beliau selama berkakarir di perusahaan plat merah tersebut

Terlepas relevan atau tidaknya prestasi-prestasi tersebut dengan jabatan baru beliau, hal tersebut tetap patut kita apresiasi. Dan agaknya terlalu buru-buru untuk menilai kelayakan beliau sebagai menteri Pariwisata, namun setidaknya saya berharap dalam waktu dekat ada gebrakan yang beliau berikan, gebrakan itu penting untuk membangun optimisme orang-orang yang berkecimpung di bidang ini, termasuk saya dan mungkin Anda, karena bagaimanapun Arief Yahya bukan Superman yang bisa melakukan semua sendiri, kekuatan massal mulai dari akar rumput wajib digalakkan dan disatukan.

Mengenai dugaan keterlibatan beliau dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK)? Sejauh KPK tidak merilis berita apapun soal ini, sementara kita bisa menganggapnya sebagai isu, toh akun Trio Macan 2000 yang kemarin paling getol bahas soal ini juga udah gak ada kabarnya. Dan satu lagi, orang ini bukan malaikat, jikapun suatu saat ada handicap beliau yang terungkap di publik saya pribadi akan berusahan maklum, selama pekerjaan beliau beres dengan hasil: mampu mewujudkan target yang diberikan Presiden Jokowi.

Nah saatnya kita sekarang menunggu, menunggu hasil kinerja beliau dan menunggu kesempatan untuk berkontribusi di bidang ini. Temen-temen punya pendapat, boleh coret-coret di kolom komen, boleh share juga biar makin rame :D

Sumber (dan informasi parwisata dan budaya Banyuwangi) di: http://brightdidi.blogspot.com/


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

brightdidi
brightdidi
brightdidi Super Hero
pd. 7 Nov. 2014, 22.29

[quote=nita123]*nyimak* :bigsmile:[/quote]
Monggo sist :D

Suka 0
nita123
nita123
nita123 Pro.
pd. 7 Nov. 2014, 20.33

*nyimak* :bigsmile:

Suka 0

© backpackerindonesia.com