Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

[update] Tips Menanak Nasi Ketika Di Gunung

trip indomountain
trip indomountain, pada 26 April 2015, 18.32
di Blog

makan atau istilahnya memberi asupan pada perut ketika mendaki adalah suatu keharusan alias wajib.
hal ini bertujuan untuk mengembalikan tenaga kita serta stamina yang telah keluar ketika melakukan pendakian, terutama pendakian gunung hyang memiliki jalur pendakian yang cukup menguras tenaga.
nah makan berat ketika sudah sampai camp site adalah salah satu yang perlu diperhatikan. tentunya makanan yg dimakan harus makanan berat dan mengandung energi. salah satunya yang cukup pasaran adalah makan nasi sebagai hidangan utama. disini admin akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana menanak nasi ketika di gunung. karena tidak semua pendaki bisa mennak nasi ketika mendaki atau camping.ok langsung saja gan.

pertama siapkan peralatan untuk menanak nasi seperti nesting, kompor gunung, bahan bakar bisa gas atau yang berupa spirtus, air dan beras.

tahap kedua:takar beras yang akan dimasak,sesuaikan dengan jumlah orang yang akan makan.tapi ingat takaran beras tidak boleh melebihi setengah dari tinggi bagian nesting.hal ini supaya nasi bisa matang merata dan maksimal.

tahap ketiga: cuci beras 2-3 kali sampai dirasa cukup bersih.hal ini bermanfaat supaya ketika nasi tidak habis dan disimpan untuk makan diwaktu lainnya tidak menjadi basi.

tahap keempat :setelah beras dicuci maka tambahkan air kedalam nesting yang berisi beras tadi, takar airnya.standard pengukuran air yang paling gampang adalah dengan batasan ruas jari tangan.biasanya nasi matang pas itu dengan air satu ruas/buku jari.hal ini bisa dilakukan dengan mencelupkan jari anda ke dalam nesting sampai ujung jari menyentuh permukaan beras.nah baru deh diukur takaran airnya.

tahap kelima: nyalakan kompor dengan kondisi api yang cukup besar.tutup nesting yang ada berasnya dengan nesting lain.setelah air mendidih buka tutup nesting dan aduklah beras beberapa kali lantas tutup kembali.ingat menanak nasi dengan cara ini jangan terlalu sering di aduk.setelah air dirasa semakin sedikit alias kering, maka kecilkan api dan tunggu sampai nasi matang.

tahap keenam : jika nasi sudah kering ddan matang maka matikan kompor dan aduklah nasi/tanak supaya nasi tidak lembek dan biarkan beberapa saat atau bisa juga dikipasin.

ok itulah tips menanak nasi ketika digunung.semoga bermanfaat.salam lestari.
*tentunya cara orang menanak nasi berbeda – beda, hal itu sah-sah saja.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

sunawang
sunawang
sunawang Pro.
pd. 29 April 2015, 14.46

Haha keren bro. aku blm pernah masak nasi di gunung wkwkwk. seringnya cuma masak mie instan haha

Suka 0

© backpackerindonesia.com