Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Tips menghindari dan mengatasi Hypotermia ketika mendaki

trip indomountain
trip indomountain, pada 27 April 2015, 15.52
di Blog

Mencegah danMengatasiHipotermia

ok kawan – kawan ,kali ini kami akan berbagi tips mengenai mencegah dan mengatasi atau menangani hipotermia.
sebelum ke inti,mari kita pahami apa itu yang dimaksud dengan hipotermia beserta tingkatannya.
“hipotermia adalah suatu keadaan dimana mekanisme tubuh untuk pengaturan suhu ,kesulitan dalam mengatasi suhu dingin yang menyerang tubuh, atau dalam kata lainnya hipotermia adalah dimana kondisi suhu di dalam tubuh dibawah 35°C”.
hipotermia ada 3 tahap atau tingkatan
1. hipotermia ringan
hipotermia ringan memiliki gejala seperti kulit sedikit berubah warna menjadi pucat atau abu-abu,detak jantung melemah,tekanan darah menurun,terjadi kontraksi otot ,karena berusaha mendapatkan panas, kadang penderita ngelantur kaya kesurupan.

2. hipotermia sedang
hipotermia sedang ini memiliki gejala:detak jantung semakin melemah, pernafasan skitar 3-4 kali dalam semenit.

3. hipotermia parah
hipotermia yang parah memiliki gejala pernafasan yang sangat lamban bahkan tidak kentara,penderita tidak sadarkan diri alias pingsan, badan kaku sekali.

hipotermia bisa disebabkan karena tidak safety nya peralatan pendakian,logistik yang minim dan prosedur pendakian yang tidak benar.

hipotermia bisa dicegah,beberapa cara untuk mencegah terjadinya hipotermia adalah sebagai berikut:
1.usahakan sebelum pendakian perut diisi terlebih dahulu dengan makanan yang mengandung kalori alias makan kawan.
2.ketika terjadi turun hujan selama pendakian,usahakan jangan kontak langsung deengan air hujan,gunakanlah secepatnya ponco atau jas hujan.
3.jangan berlama – lama memakai pakaian yang basah,karena hal ini bisa menurunkan suhu tubuh kita kawan
4.gunakan alat pendakian yang safety dan lengkap

ketika hipotermia sudah menyerang ,maka hal itu mesti segera ditangani.karena kalau tidak ditangani dan malah dibiarkan begitu saja,maka resikonya fatal. yaitu bisa menimbulkan kematian.
beberapa tips mengatasi atau menangani hipotermia adalah:

1.pastikan pakaian penderita yang basah diganti yang kering.tapi hati-hati kawan ketika mengganti pakaiannya,perlahan – lahan dikarenakan sendi-sendi orang hipo itu kaku.lalu pakaikan sarung tangan,jaket yang kering,kaos kaki. setelah itu masukan penderita ke sleeping bag.
2.berikan minuman hangat,ingat bukan yang beralkohol ,tetapi berilah air teh hangat, teh manis hangat, atau coklat hangat.
3.jangan biarkan penderita kelaparan atau dalam kondisi perut kosong,berilah makanan yang angat,mengandung kalori .misal,sup angat,dll. lantas usahakan penderita menggerak-gerakan jari tangannya perlahan- lahan besrta jari kaki.hal ini supaya tubuh terhindar dari kekakuan.
4.jangan sampai penderita tak sadarkan diri,makanya lakukanlah tips diatas.
5.jika kondisinya parah,maka bukalah pakaian atas sipenderita,lantas peluk/dekap sama kawannya yang sehat,tetapi yang memeluk juga mesti melepas pakaiannya,sehingga kulit ketemu kulit.hal ini membuat transfer panas dari orang yang sehat berjalan lancar dan cepat ke yang mengalami hipo.ingat ketika berpelukan,gunakanlah sleeping bag lain untuk menjadi selimut.
6.buatlah api unggun,untuk mendapatkan sumber panas.tetapi ingat jangan terlalu mendekatkan penderita ke api.

itulah sedikit tips dari kami untuk mencegah dan menangani hipotermia.semoga bermanfaat,salam lestari.ingat gunakan prosedur pendakian yang benar dan peralatan yang safety.ok


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com