Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

tips menentukan arah tanpa kompas ketika di hutan

trip indomountain
trip indomountain, pada 28 April 2015, 14.10
di Blog

Arah adalah salah satu hal yang sangat penting ketika berada disuatu tempat ,gunung pantai dan lain – lain.menentukan dan mengetahui arah mata angin jelas mudah kalau menggunakan kompas, tentunya kawan petualang sudah akrab dan hafal betul dengan barang yang satu ini.

tetapi kadang kompas sering lupa tidak dibawa ketika berpetualang ,baik itu kegunung maupun kedaerah lain yang kita tidak hafal daerah itu.
fungsi mengetahui arah salah satunya adalah untuk menenentukan arah kiblat untuk sholat bagi umat muslim. tetapi dilain waktu arah sangat penting ketika kita tersesat di huta atau gunung.

ada beberapa cara yang bisa menentukan arah mata angin tanpa menggunakan kompas,tetapi menggunakan media yang tersedia dialam.

1.menggunakan pohon besar
jika kita berada dihutan,gunung dan kita tersesat atau mau sholat. tetapi tidak membawa kompas ,maka carilah pohon yang ukurannya besar.jika kita tersesat di pagi hari menjelang siang maka carilah tumbuhan lumut disisi hon itu.nah posisi ditemukannya lumut itu menunjukan arah selatan atatau utara.sedangkan sisi bagian pohon yang tidak terdapat tumbuhan lumut itu menandakan arah timur dan barat.
nah jika kita tersesat atau perlu tau arah mata angin dimalam hari.maka rabalah semua sisi bagian pohon,dan rasakan tingkat perbedaan hangatnya .sisi pohon yang terasa hangat menunjukan arah barat,kenapa? karena tandanya sore hari sisi tersebut tersinari sinar mata hari.

2.menggunakan bayangan sebuah benda
cara ini cukup sederhana dan mudah,tetapi membutuhkan sinar matahari.caranya adalah tancapkan sebuah batang atau tongkat disuatu tempat yang tersinari matahari. lihat dan perhatikan.pada umumnya ketika siang menjelang sore,bayangan condong kearah barat.dan pada pagi menjelang siang bayangan condong kearah timur.

3.menggunakan rasi bintang
cara yang satu ini merupakan cara dari warisan leluhur kita .mereka sering menggunakannya keetika hendak pulang dari laut menuju daratan atau pulau.kalau kita tersesat malam hari,dan kita melihat malam itu langit bertabur bintang,maka bersyukurlah tandanya kita akan tahu arah mata angin.yup carilah rasi bintang orion. rasi bintang ini pada umumnya terdiri dari 3 bintang yang sangat terang dan saling berdekatan. jika dipadukan atau diserasikan dengan bintang didekatnya,maka akan membentuk ekor kalajengking.nah posisi terdapatnya rasi bintang orion ini menunjukan arah barat.

itulah beberapa cara sederhana untuk menentukan arah mata angin tanpa menggunakan kompas.tentunya masih banyak cara lain selain yang dijelaskan diatas.semoga bermanfaat,salam lestari.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com