Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Pentingnya Menyiapkan Fisik sebelum Mendaki

trip indomountain
trip indomountain, pada 28 April 2015, 14.17
di Blog

Mendaki adalah olahraga yang menguras tenaga yang cukup besar. oleh karena itu penggiat pendakian gunung mesti menyiapkan fisik yang sehat dan kuat sebelum mendaki.tidak peduli mau mendaki kegunung mana,kita tetap menyiapkan fisik yang sehat dan kuat. karena jika kondisi tubuh kita tidak sehat / kuat maka otomatis pendakianpun tidak akan berjalan lancar. hal tersebut bisa menyebabkan kecelakaan dimedan pendakian yang diakibatkan kelelahan karena tubuh kita tidak fit.

Biasanya kecelakaan didunia pendakian erat kaitannya dengan kurangnya kefokusan kita ketika mendaki serta ada beberapa peristiwa yang disebabkan karena kelelahan sehingga suplai oxygen ke otak menjadi kurang. hal tersebut bisa menyebabkan kita pusing dan kurang focus sehingga mengakibatkan pendaki tersesat atau lupa jalur pendakian.
intinya adalah kondisi tubuh yang tidak fit akan menyebabkan pendakian berjalan kurang lancar.
Maka sangat dianjurkan bagi para penggiat olahraga mendaki untuk mempersiapkan fisik terlebih dahulu sebelum pendakian.
sebelum mendaki maka latihlah dan ciptakan tubuh yang kuat serta sehat dengan cara:
1.rajinlah olahraga lari, baik itu lari cepat atau santai. hal ini akan menciptakan fisik kita kuat terutama kaki dan betis. serta dengan rajin berlari maka kita akan melatih pernafasan.hal ini sangat baik sekali buat kesehatan
2.rajinlah melakukn olah raga push up, pull up atau angkat beban. hal ini berguna untuk melatih kekuatan otot lengan ,punggung dan pundak.
sehingga ketika kita mendaki dan membawa ransel yang cukup berat kita tidak akan kewalahan.

Tapi ingat olahraga diatas jangan dilakukan setiap hari,cukuplah 2 hari sekali. karena tubuh pun perlu rehat dari aktifitas yang berat.dan ketika H-2 mendaki usahakan tidak berolahraga yang berat.karena untuk menghindari cedera serta kelelahan pada tubuh.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com