Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Tips, Tips dan Tips

utiket
utiket, pada 8 Mei 2015, 7.38
di Blog

Tips Diving Bagi Pemula

Saat Anda sedang liburan ke pantai, rasanya kurang seru bila hanya sekedar bermain-main air laut saja. Tentu akan terasa lebih mengasyikkan bila kita bisa melihat secara langsung keindahan bawah laut yang ditawarkan. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk belajar diving atau menyelam, simak beberapa tips berikut ini.

Perhatikan dan dengarkan petunjuk dari instruktur
Saat Anda mulai belajar diving, pertama kali yang akan Anda dapatkan adalah arahan dari sang instruktur. Arahan tersebut berisi tentang petunjuk cara menggunakan masker oksigen hingga cara melihat kadar oksigen di dalam tabung. Arahan ini sangat penting dan wajib Anda dengarkan! Jangan sungkan untuk bertanya bila Anda belum mengerti.

Pilih kacamata renang (goggle) yang pas di wajah
Kacamata renang atau biasa disebut dengan goggle merupakan salah satu perlengkapan untuk diving ataupun snorkeling. Kacamata renang yang pas atau sesuai di wajah Anda sangatlah penting. Anda tentunya tidak mau bila kacamata yang Anda gunakan ternyata tidak pas sehingga air bisa dengan mudah masuk ke dalam masker Anda bukan?

Untuk memilih masker yang sesuai dengan wajah Anda, caranya adalah dengan memakai masker tersebut di wajah Anda, namun tanpa menggunakan tali pengencang. Setelah itu hiruplah nafas melalui hidung dan tahan sebentar. Bila masker tersebut melekat pada wajah Anda, maka masker tersebut cocok untuk digunakan. Selain itu masker yang berbahan karet serta semakin lentur maka semakin bagus.

Jangan tahan nafas saat berada di dalam air!
Hal ini sangat penting. Kadang secara tidak sadar, seseorang akan menahan sedikit nafas saat menghembuskan udara lewat mulut. Padahal hal tersebut sangat berbahaya karena efeknya bisa menimbulkan kecelakaan pada paru-paru.

Yang harus dilakukan adalah bernafas secara normal serta santai selama berada di dalam air. Jangan panik. Hiruplah udara sedalam-dalamnya lewat mulut, lalu keluarkan secara santai lewat mulut. Ingat, kapasitas udara yang masuk dan keluar harus sama dan seimbang.

Selengkapnya di : http://goo.gl/ilUnRI


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com