Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Menikmati Indahnya Ramadhan Dalam Hangatnya Ranukumbolo Part 1

Bolang Adventure
Bolang Adventure, pada 18 Juli 2015, 11.10
di Blog

Sebelum bulan ramadhan tiba, saya memang bercita cita jika saat ramadhan nanti ingin menikmati saat saat berbuka dan sahur di kampung halaman (ranukumbolo). seperti puasa (ramadhan) 2 tahun yang lalu. saat itu kami bertiga (Bang Ardi, Teteh Fitri dan Saya) dan di ramadhan kali ini pun saya ingin kembali menikmati indahnya ramadhan dalam hangatnya ranukumbolo.

Team Ngebolang Ramadhan Ranukumbolo 2015

Memang tidak ada rencana kapan tepatnya buat ke ranukumbolo, saat acara buka bersama crew Bolang Adventure di surabaya waktu itu sempat ada obrolan antara saya dan bang ardi. cuma kami masih belum menentukan tanggalnya, karena saya juga ada jadwal plesiran ke ibu kota (jakarta). untuk tanggalnya saya flexibel karena menyesuaikan jadwal libur bang ardi akhirnya keberangkatan saya serahkan ke bang ardi. Setelah pulang dari jakarta selasa 7 juli 2015 bang ardi menghubungi saya lewat whatsapp kalau jadi ke rakum kamis 9 Juli 2015, karena tak perlu banyak yang di persiapkan lagi (sudah siap sebelumnya) jadi ya saya oke oke aja.

Akhirnya kami pun berangkat Berempat (saya, bang ardi, mbak aiun, dan mbak aris) setelah janjian dengan bang ardi di sidoarjo dan langsung ke malang ketemu mbak aris dan langsung di lanjut ke ranupane. setelah mengurus perijinan dan kamipun menuju ranukumbolo. Alhamdulillah kami semua masih berniat menunaikan ibadah puasa, kerena memang itu niatnya. berpuasa ramadhan di ranukumbolo agak saat berbuka dan sahur semakin nikmat dalam baluta hangatnya ranukumbolo. memang pos perjininan ranupane tak seramai biasanya (saat bukan bulan ramadhan) tapi tetap saja ada beberapa pendaki yang naik, entah itu hanya sampai ranukumbolo seperti yang kami lakukan bahkan ada juga yang ke puncak semeru. tapi rata rata mereka mengorbankan puasa mereka. dalam perjalanan kami melihat mereka minum, makan dan ada juga yang sambil merokok. dalam hati sayang bener ya puasanya harus dikorbankan. ya sudahlah itu urusan mereka dengan tuhan. saya nikmati saja perjalanan saya. karena saya sendiri juga belum tau kuat apa tidak, tapi yang penting saya niat terlebih dahulu untuk berpuasa.

Perjalanan santai, melangkah setapak demi setapak. istirahat jika merasa lelah dan menikmati heningnya alam. karena sambil berpuasa jadi harus pula menghemat tenaga, mengatur ritme perjalanan biar tetap kuat tanpa membatalkan puasa. hampir 2 jam akhirnya sampai di pos 1, saya dan bang ardi jalan duluan, sedangkat mbak aiun dan mbak aris masih santai di belakang, setelah istirahat cukup lama di pos 1 dan bercengkerama dengan bapak pernjual gorengan dan buah di pos 1. ternyata bapaknya yang jualan juga baru 2 hari yang lalu mulai jualan, sejak awal puasa beliau tidak berjualan. dan selang beberapa saat datang rombongan lain yang mau ke rakum juga.

Kami Berdua pun melanjutkan perjalanan setelah mbak aris dan mbak aiun sampai di pos 1, dan sampai di pos 2 pun kami rehat sejenak, tak lama kami pun melanjutkan perjalanan, dan setelah sampai di pos 3 kami menunggu 2 cewek itu. hampir 1 jam lebih kami menunggu, ternyata mereka lebih santai dari kami. sampai kami pun tidur tiduran di pos 3 sambil menunggu 2 cewek itu. setelah mereka sampai pos 3 dan mereka istirahat kami berdua lanjut menuju ranukumbolo. bang ardi langsung meluncur dengan cepat dan saya santai di belakangnya bersama rombongan lain yang ketemu di perjalanan. setelah saya sampai pos 4, bang ardi sudah di camp ground rakum dekat selter. saya masih santai di pos 4 sambil menikmati cantiknya ranukumbolo. dan sekitar jam 15:00 WIB saya pun sampai di tenda. tapi 2 cewek itu masih jauh di belakang, sekitar jam 16 mereka baru sampai di tenda. saya dan bang ardi memilih rehat dan tidur di dalam tenda, sedangkan mbak aiun dan mbak aris menyiapkan santapan untuk berbuka puasa.

Dan Alhamdulillah saatnya berbuka pun tiba, rasanya nikmat sekali. walaupun hanya roti bakar, kurma, dan susu. indahnya ranukumbolo serta hangatnya pelukan dingin dari ranukumbolo membuat suasana berbuka puasa kami terasa semakin nikmat. setelah semua beres kamipun memilih istirahat dan bersambung di part 2.

http://www.sibolang.web.id/2015/07/menikmati-indahnya-ramadhan-dalam.html


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Malang
Malang
Malang Super Hero
pd. 4 Agu 2015, 17.16

Traveling!

Suka 0

© backpackerindonesia.com