Trending

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Cerita Solo Trip to Derawan, Kakaban, Maratua, dan Sanglaki.

anggaachilles
anggaachilles, pada 6 Okt. 2015, 2.25
di Blog

Pulau Derawan sudah tak asing lagi ditelinga karena sudah menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang populer di Indonesia. Sebelum bercerita tentang Pulau Derawan dan sekitarnya. Gw pengen sedikit berbagi cerita tentang sejarah penamaan pulau” tersebut.
Sejarah Penamaan Pulau Derawan, Kakaban, Maratua dan Sanglaki. Kepulauan Derawan terletak di Propinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Berau. Derawan sendiri menurut warga sekitar yaitu seorang wanita, Kakaban itu Kakak dari derawan, sedangkan maratua itu Mertuanya Derawan dan Sanglaki yaitu Suami (Laki) dari derawan. Begitulah asal penamaan Pulau-pulau Indah ini.
Go to Derawan Island
Cara ke Derawan dan Pulau-Pulau sekitarnya bisa ditempuh dengan berberapa cara :
- Penerbangan ke Tarakan, Kalimantan Utara
Penerbangan ke Tarakan terbilang lebih murah daripada ke Berau apabila ditembuh dari Jakarta, namun untuk yang solo traveling SANGAT TIDAK disarankan kesini karena dari sini menuju Kep Derawan harus menggunakan Kapal Besar dengan harga yang relatif mahal apabila ditanggung sendiri. Waktu tempuh dari tarakan ke Kep Derawan ± 7 Jam (tergantung Kondisi Cuaca).
- Penerbangan ke Berau, Kalimatan Timur
Penerbangan ke Berau terbilang lebih mahal daripada ke Tarakan. Namun karena akses dari sini menuju Kep Derawan lebih dekat sangat disarankan untuk yang mau bersolo Traveling.
Waktu tempuh dari Bandara Kalimarau (Berau) ke Tanjung Batu (Pelabuhan penyebrangan menuju Derawan) sekitar ± 2 Jam. Lalu lanjut penyebrangan dari Tanjung Batu menuju Pulau Derawan.
Story Trip to Derawan Islands
Kamis, 2 April 2015
Perjalanan gw solo traveling ke Kep Derawan dimulai dari pernerbangan dari Kota Palu, Sulawesi Tengah menuju Berau (Transit Balikpapan), langsung aja ngak ada hal unik yang bisa gw ceritain selama menuju Berau Selain dapat tiket yang terbilang murah daripada Penerbangan dari Jkt. Gw dapa tiket Palu  Berau (765 an) Via Traveloka.com .
Bisa dicek di web yang sama Berapa harga Tiket Jakarta  Berau (> 1 Jutaan)
Gw berangkat dari Palu sekitar pukul 11:00 WITA dan Tiba di Berau Sekitar Pukul 16:00 WITA. Tiba di bandara Kalimarau (Berau) gw langsung lanjut naik Travel menuju ke Tanjung Batu dengan waktu tempuh ± 2 Jam, dan gw tiba di Tanjung Batu saat Matahari sudah meredupkan sinarnya, sudah tidak ada lagi penyebrangan reguler ke Derawan. (kalau bawa rombongan bisa langsung menuju derawan menggunakan speed boat dengan harga 300 k untuk 5-6 orang).
Karena kehabisan penyebrangan gw memutuskan buat menginap satu malam di Tanjung Batu (Penginapan di Tanjung Batu)

Jumat, 3 April 2015

Gw meninggalkan penginapan dan meminjam motor bapak pemilik penginapan untuk keliling kampung Tanjung Batu. Di Tanjung batu hanya terdapat kampung” Suku Bajo yang terletak tidak jauh dari Pelabuhan. Lanjut Kembali ke Penginapan Packing lalu bersiap menuju Pelabuhan (Cukup Jalan kaki sekitar 500 m dari penginapan). Di Pelabuhan Tanjung Batu gw mencari rekan untuk tour Pulau Tapi sayang kouta Per boatnya sudah mencukupi . Gw putuskan aja buat ikut penyebrangan reguler dengan harga 100 k. Waktu tempuh Tanjung Batu  Derawan via Speed Boat 20 Menit.
Setibanya gw diderawan disambut sama birunya laut dan indahnya terumbu karang. Karena gw solo trip, gw mencari penginapan murah di tengah pulau (Harga Penginapan 100 k/malam) Nama Penginapannya “PENGINAPAN ILHAM”. Siang itu datanglah segerombolan 8 anak muda dari Bengalon-Kutai Timur yang menginap di penginapan yang sama. Saya pun mencoba bernegosiasi agar bisa join kalau-kalau mereka akan melakukan tour Island ke Kakaban, Maratua, dan Sanglaki. dan ternyata keberuntungan memihak gw, mereka juga berencana tour Islands dan gw mencoba pendekatan ke mereka agar bisa lebih akrab. Hasilnya gw sama-sama nikmatin derawan dari sore hingga malam.

Saptu, 4 April 2015

Sinar mentari sudah muncul dari ufuk timur kami semua terbangun dan bersiap-siap membawa perbekalan untuk tour pulau karena akan memakan waktu seharian dan tidak tau apakah cuaca bersahabat atau tidak jadi berdoalah terlebih daluhu sebelum berangkat :D.
Breakfast, perbekalan, dan kamera pun ready kami siapkan. Pak ahmad (Sang Pemandu) pun datang dengan ramahnya dia menyapa dan menunrun kami ke dermana menuju Boat yang akan kami tumpangi. Destinasi pertama kami yaitu pulau terjauh dari derawan yaitu :
- Pulau Maratua
Pulau ini letaknya paling jauh dari derawan jarak tempuh kesini kira” 2 Jam by Speed Boat dari Derawan. Di pulau ini juga ada resort tapi cuma satu dan harganya hmhmh lumayan mahal cocok sih buat yang mau bulan madu .
Di pulau maratua terdapat bibir pantai yang panjang diseratai pasir putih, namun hanya sedikit terumbu karang yang ada disekitar pulau ini.
- Destinasi Kedua Pulau Kakaban
Ini pulau yang paling pengen gw datengin sejak Populer di tahun 2012... Pulau Kakaban berjarak tempuh sekitar 1,5 Jam dari Pulau Maratua, Pulau yang terkenal kerena Jelly Fish tanpa sengatnya ini berhasil mengundang banyak wisatawan mancanegara bertanya-tanya dan mengadakan riset di pulau ini. Untuk kedalam danau kakaban yang berada di tengah pulau harus membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000/Orang. Di danau inilah banyak ubur-ubur tanpa sengat dan diluar pulau kakaban juga terdapat gua bawah laut yang KATANYA terhubung ke pulau danau kakaban, tapi belum pernah ada seorangpun yang membuktikan itu karena saat ekspedisi seseorang hampir terbawa arus didalam gua tersebut. nah bila penasaran coba jelajahi goa tersebut (kalau gw sih cukup lihat dari atas karena dalam sekali dan tidak tau ada apa disana)
- Destinasi Ketiga Pulau Sanglaki
Pulau ini keistimewaannya terdapat penangkaran penyu dan hamparan pasir putih yang hampir menyelimuti seluruh pulau juga terdapat spot menyelam bersama manta di sekitar pulau.

Tak terasa hari semakin gelap kami pun diantar pak Ahmad pulang dan menikmati secuil sunset di dermaga kayu pulau derawan. Malamnya kami berkeliling pulau derawan mencari keberuntungan siapa tau berjumpa dengan Penyu yang sedang bertelur.

Minggu, 5 April 2015

Pagi ini gw sama temen” dari Kutai timur itu pulang menuju tujuan masing” dan betapa beruntungnya gw, ditawarin naik mobil sewa kawan” itu yaa paling engak hemat 150 ribu, dan gw pun nebeng sampai Tanjung Redeb ibukota Kab Berau. Pas setibannya disana ternyata pesawat penerbangan dari berau menuju balikpapan habis sudah, lalu gw pun mutusin buat menginap di Tanjung redeb dan berpisah dengan teman” dari Kutai Timur. Ngak ada yang menarik tentang tempat ini hanya terdapat banyak hotel dengan harga yang wow banget lah.

Senin, 6 April 2015

Siang pukul 11:00 dapat juga penerbangan menuju balikpapan dan setibanya disana dijemputlah oleh teman kuliah yang kerja di balikpapan, lalu gw diajak menuju kosannya dan mencari tempat sewa motor untuk keliling kota balikpapan dengan tujuan utama XXI atau 21 buat nonton aksinya Van Diesel “FF 7”. Singkat cerita dibalikpapan gw mengembalikan motor sewaan dan diantar oleh ojek menuju bandara untuk melanjutkan perjalanan menuju kota teluk. yaaaa Balikpapan to Palu.

Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

antara12
antara12 Newbie
pd. 17 Maret 2016, 9.07

mantab sekali.... pasti pengalaman tersebut jarang dimiliki oleh setiap orang.... pengen banget wisata ke sana....

anggaachilles
anggaachilles Newbie
pd. 16 Nov. 2015, 13.57

Bandara berau to Pelabuhan Tj batu, 2 jam by travel 150 k
Tj Batu to Derawan, 15 Menit by speed boat kecil 70 - 100 k, regular

untuk sewa boat harga sekitar 2,5 Juta menggunakan prahu kap 10 Org. kalau utk snorkeling sekitar 50 k.
ini nmr CP kalau mau sewa boat to tour island : 0821 59579803/0813 50452654

Makasih atas sarannya yaaa Gan :D

Angga_Praztio
Angga_Praztio Newbie
pd. 7 Okt. 2015, 8.22

Bro,
nice story. cuma price listnya kurang detail nih.
dari bandara berau ke pelabuhan brp?
Nyebrang menggunakan apa dan berapa naik dari mana?
di derawan dst sewa boat dan peralatan snorkling dan dive brp?