Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Pesona 'Sungai Susu' di Kawah Ratu

Egi Abdirrahman
Egi Abdirrahman, pada 11 Okt. 2015, 17.39
di Blog

Sebelumnya saya mau ngucapin betapa bersyukurnya saya bisa ketemu forum yang luar biasa ini. Doyan travelling n hiking sejak SMA, kenal internet cukup lama, tapi baru hari ini saya nemu forum travel domestik. 'Katro' banget ya saya .. :victory: Saking 'excitednya', saya langsung posting disini. Semoga nggak melanggar 'rules' ya min, kalopun iya, monggo di delete aja postingannya

Belum lama, tepatnya tanggal 4 Oktober 2015 kemaren, saya sama 2 orang kawan ngetrip ke Kawah Ratu di komplek Taman Nasional Halimun Salak, Gunung Salak Endah, Bogor. Masuk dari pintu Pasir Reungit yang memiliki trek terbilang landai.

Sebagai orang Bogor, juga orang yang seneng 'jalan-jalan', saya terbilang telat ke Kawah Ratunya. 9 tahun di Bogor, dan hanya berjarak nggak lebih dari 10km dari TKP, baru kali ini saya nyambangin kawah ratu. Muncul ketertarikannya pas saya nonton 'Kawah Ratu drone jurnalizm' di Youtube. Ya Tuhan... cakep tiada tara..!! :jempol:

Kata pepatah lebih baik terlambat daripada terlambat banget, iya kan?! So, kawah ratu here we come! :dugem:

Karena jarak yang dekat, saya sama teman2 berangkat naik motor jam 6 pagi. Kenapa saya pilih pagi-pagi? Soalnya, informasi yang saya dapat dari yang pernah naik kesana sebelumnya kalau selewat siang (sekitar jam 11 keatas) kabut sudah mulai turun. Dan lagi, belakangan ini Kota Bogor sudah mulai menampakkan 'wajah' aslinya, sudah mulai sering turun hujan hampir setiap sore hari. So, berangkat pagi-pagi merupakan keputusan yang tepat menurut kami, daripada udah nyampe atas kejebak kabut n hujan akhirnya nggak bisa menikmati pemandangan.

Jam 6.30 saya sudah sampe di TKP. Lanjut jalan sedikit menuju pos utama, kurang lebih 200meteran. Seperti biasa, ada 'ritual' lapor dan hal-hal yang bersifat administratif yang harus diselesaikan. Setelah beres dengan birokrasi, kita langsung OTW to Kawah Ratu.

Normalnya cuma butuh sekitar 2 jam untuk sampai ke Kawah Ratu. Tapi dengan kondisi fisik kami yang 'alakadarnya', maklum bukan petualang sejati, waktu kedatangan molor jadi 2,5 jam.

Sebagaimana yang sudah saya lihat tayangannya di Youtube, Kawah Ratu memang bener-bener amazing! Sungai belerang berair putih yang keluar dari kawah yang gersang mengalir pasti lalu hilang diantara rimbunan hijau pepohonan. Sungguh lanskap dramatis yang luar biasa!!

Singkat kisah, setelah 30 menit yang penuh kekaguman, saya dan teman2 turun lagi dan kembali pulang.

Dokumentasi perjalanan yang lebih lengkap bisa diliat di Blog saya.
Terima kasih sudah mampir :bye:


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com