Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Amazing Labuan bajo, Flores

kingsistina
kingsistina, pada 4 Jan. 2013, 21.31
di Blog

Labuan bajo, adalah sebuah kota pelabuhan di sisi barat pulau Flores. Dari sinilah anda akan menikmati keindahan alam Flores mulai dari Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan pulau-pulau kecil lainnya. Spot Divinng dan snorkeling yang sudah pasti sangat indah. Itu hanya sisi lautnya saja, belum lagi menjejaki akan budayanya mulai dari Bajawa, Ruteng, Ende, Maumere dan seterusnya.Ada banyak pulau yang bisa Anda datangi di Labuan bajo, diantaranya adalah Pulau Bidadari. Pulau yang memiliki pantai indah meski sekedar untuk berjemur. Air laut yang bening di sekitar pulau ini juga bisa untuk snorkeling dan menyelam.

Pulau Kanawa dan Pulau Kukusan Kecil juga termasuk pulau yang tak kalah menarik untuk melakukan kegiatan wisata air. Selain kedua pulau itu, Pulau Serayu memiliki pasir yang putih dan karang yang indah. Tentunya anda tidak akan menyesal berlama-lama berada di dalam air laut yang jernih dan biru.

Untuk menjelajahi setiap sudut di daratan Flores, Anda dapat menggunakan mobil sewaan di tempat rental mobil yang terdapat di sepanjang jalan begitu anda keluar dari pelabuhan. Harga tergantung pada negosiasi Anda, tetapi biasanya sekitar Rp.500.000 per hari. Hotel dan penginapan dari berbagai kelas juga tersedia lengkap, tergantung kemampuan anda masing-masing. Biasanya pihak hotel juga dapat membantu Anda untuk menemukan mobil sewaan.

Namun jika anda hanya ingin menikmati sisi lain Labuan bajo dengan cara yang murah, Anda bisa menggunakan bemo (angkutan umum tradisional) dan taksi motor yang tersedia. Cobalah mengunjungi pasar tradisional setempat, anda bisa bercengkrama dengan masyarakat lokal. Menikmati hasil kerajinan tangan berupa kain tenun khas Labuan bajo. Harap anda ketahui, angkutan lokal hanya beroperasi sampai pukul 21.00 WITA.

Lain lagi jika Anda ingin mengunjungi pulau-pulau terdekat di Labuan bajo seperti Komodo atau Rinca, menyewa perahu bermotor dan speed boat juga tersedia di pelabuhan Labuan bajo. Kedua pulau tersebut memang seperti menjadi primadona tujuan wisata di Labuan bajo, padahal masih banyak tempat-tempat menarik lainnya yang layak untuk di kunjungi. Salah satunya adalah gua Batu cermin, Canyon Cunca Wulung atau mengunjungi desa wisata Kampung Tado.

Untuk mengunjungi Labuan Bajo, dari Jakarta bisa langsung terbang ke Labuan bajo dengan menggunakan maskapai penerbangan Lion air. Setiap hari ada 2-3 penerbangan dari Bali dengan maskapai TransNusa, IAT (Indonesia Air Transport), dan Merpati. Selain itu, ada dua kali penerbangan dalam seminggu dari Kupang menuju Labuan bajo.

Perahu motor merupakan alat transportasi yang menghubungkan antar pulau. Seperti dari Sape di Nusa Tenggara Barat juga tersedia setiap hari (bila cuaca memungkinkan), dan kapal Pelni dari Bali dan Lombok juga berhenti di pelabuhan Labuan bajo setiap dua minggu. Menikmati Labuan bajo dari atas kapal ketika akan merapat di dermaga adalah kegiatan yang menarik. Selain itu, kita bisa menikmati aktivitas penduduk setempat lainnya di sekitar dermaga.

Ada baiknya, saat anda berkunjung ke sini pastikan membawa lotion anti nyamuk dan obat-obatan anti malaria karena Labuan bajo merupakan daerah endemik malaria. Bila sedang musim kering dan anda takut kulit mulus anda menjadi gosong, ada baiknya anda membawa lotion tabir surya, topi, dan kacamata hitam, karena cuaca Labuan bajo bisa sangat panas di bandingkan pulau Bali sekalipun.

Indonesia tanah airku, saatnya anda menjejaki keindahan Labuan bajo dengan bentang alamnya yang cantik dan exotic. I love Indonesia. December 2012


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

kingsistina
kingsistina
kingsistina Sr.
pd. 9 Feb. 2013, 2.25

ga bisa banyak menulis, tapi semoga share info ini bisa manfaat untuk yang baca.

thanks

Suka 0
koplo
koplo
koplo Sr.
pd. 8 Feb. 2013, 11.46

makasiih infonya

Suka 0

© backpackerindonesia.com